Fungsi dan Cara Kerja Airbag yang Perlu Diketahui

By Aulia Riski Chandra - Agustus 1, 2019

Saat akan melakukan pembelian mobil tentunya Anda akan mencari tahu informasi seputar kendaraan yang ingin Anda beli, salah satu informasi yang paling dicari adalah informasi seputar fitur keamanan yang terdapat di kendaraan tersebut, dan biasanya kita akan menemukan fitur keamanan yang dinamakan Airbag.

 

Tentu tidak semua pengendara mengetahui apa itu Airbag dan kami akan bahas lebih lanjut. Airbag/Supplemental Restraint System (SRS) adalah perangkat keselamatan berupa suplemen untuk sabuk pengaman dengan pretensioner. Kedua fitur itu hanya berfungsi sekali pakai untuk menghindari penumpang dari kematian atau cedera serius di bagian kepala dan dada.

 

Sistem kerja Airbag adalah ketika tabrakan keras terjadi sensor mobil akan menerima sinyal, kemudian langsung mengirimkan sinyal agar Airbag mengembang. Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa Airbag sebagai bantalan, tubuh Anda hanya ditahan oleh seatbelt berpotensi mengakibatkan cedera pada leher dan dada.

 

Baca: 6 Fitur Canggih di Mobil yang Jarang Digunakan

 

Airbag kebanyakan keluar dari setir namun bisa juga dari dashboard mobil. Ketika terjadi kecelakaan yang fatal, maka Airbag dengan sendirinya akan keluar. Selain memiliki fungsi sebagai salah satu alat keamanan di mobil, Airbag juga memiliki tujuan untuk dapat memperlambat gerak laju penumpang setenang mungkin dalam waktu sepersekian detik. Ada tiga bagian dari Airbag dan kemungkinan hal yang bakal terjadi:

 

  • Kantung udara itu sendiri terbuat dari kain nilon tipis yang terlipat di dalam kemudi atau dashboard, namun sekarang ini juga terdapat pada bagian kursi ataupun pintu.
  • Sensor adalah perangkat yang memberikan perintah kantung udara agar mengembang. Proses ini akan terjadi ketika ada benturan atau menabrak dinding pada kecepatan 16 sampai 24km/jam.
  • Sistem pengembangan airbang mereaksikan natrium azida (NaN3) dengan kalium (KN03) untuk menghasilkan Nitrogen. Kemudian ledakan Nitrogen mengakibatkan Airbag mengembang seketika dengan kecepatan sekitar 300km/jam, proses ini akan memakan waktu sekitar 1/25 detik.

Walaupun Airbag berfungsi sebagai alat keamanan dan keselamatan di dalam mobil, namun ternyata kantong udara (Airbag) juga memiliki potensi untuk menyebabkan kematian atau cedera yang serius. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu memerhatikan petunjuk penggunaan agar mengurangi risiko cedera.

 

Baca juga: Ada Ritual Sebelum Mengendarai Mobil, Apa Saja?

 

New Peugeot 5008 Steer

Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah hindari memukul pada area komponen atau memodifikasi apapun yang berkaitan dengan Airbag. Modifikasi yang dimaksud adalah mengganti kemudi, panel instrumen, atau dasbor, mengubah bemper atau fender depan, mengganti suspensi kendaraan, dan menambah perangkat elektronik seperti radio dua arah. Beberapa hal diatas akan mengganggu fungsi Airbag untuk dapat bekerja dengan baik.

 

Saat Airbag bekerja Anda juga harus memperhatikan hal ini, ada reaksi kimia yang terjadi dalam inflator mengisi Airbag dengan gas tidak beracun sampai mengembung. Setelah kejadian itu ada kemungkinan terjadi suara bising dan serbuk putih yang menyebar. Bagian dari modul seperti hub roda kemudi, penutup Airbag, inflator, Airbag, atau jok menjadi panas selama beberapa menit.

 

Disarankan, jangan menyentuh komponen tersebut setelah Airbag meletup. Selain itu jika sulit untuk bernapas di kabin yang tertutup, maka segeralah buka pintu atau jendela mobil agar udara segar masuk, atau jika memungkinkan, tinggalkan kendaraan. Satu lagi hal lagi yang penting, langsung cuci bagian kulit yang terkena residu agar terhindar dari iritasi.

Itulah beberapa petunjuk penggunaan cara menggunakan airbag yang benar agar mengurangi resiko terkena cedera. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Baca juga: Rem Blong! Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

 

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya.

 

Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

Berita Terkait

Author