Search Cars

Otomotif

Cara Kerja Sabuk Pengaman Saat Mobil Mengalami Kecelakaan

Bagaimana cara kerja sabuk pengaman saat mobil mengalami kecelakaan? Selengkapnya simak ulasan berikut ini.

cara kerja sabuk pengaman

Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu fitur keselamatan pada mobil yang wajib digunakan, baik oleh pengemudi maupun penumpang.

Secara umum, sabuk pengaman akan menjaga tubuh ketika terjadi hal-hal yang berbahaya saat berkendara seperti rem mendadak atau kecelakaan.

Saat ini, ada dua jenis sabuk pengaman yang sering digunakan pada mobil, yakni sabuk pengaman dua titik dan sabuk pengaman tiga titik.

Sabuk pengaman dua titik masih digunakan, biasanya untuk penumpang jok baris kedua dan ketiga. Cara kerja sabuk pengaman ini menggunakan sistem penahan yang bertumpu pada dua titik seperti halnya sabuk pangkuan ataupun sabuk diagonal.

Baca juga: SevaMagz Vol. 4: Nostalgia Mobil Tua

Sementara sabuk pengaman tiga titik lebih umum lagi digunakan pada mobil masa kini dan sudah menjadi fitur keselamatan standar.

Sabuk pengaman tiga titik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1959 oleh Nils Bohlin saat bekerja di Volvo. Ia menyadari bahwa sabuk pengaman dua titik belum mampu untuk mencegah cedera serius pengemudi ketika membentur lingkar kemudi.

cara kerja sabuk pengaman

Cara kerja sabuk pengaman

Meski terlihat sederhana, sabuk pengaman terus mengalami perkembangan. Jadi sabuk pengaman bukan hanya sekedar alat yang mengikat tubuh di jok saat mobil mengalami kecelakaan.

Sabuk pengaman sistem pretensioner bekerja berdasarkan sensor yang dapat membaca gerak mobil, terutama jika ada pelambatan laju secara tiba-tiba sebagai tanda kecelakaan.

Sensor pretensioner secara otomatis akan mengencangkan sabuk pengaman jika akan terjadi benturan. Badan pengemudi akan ditarik menempel ke sandaran kursinya.

Selain itu, sistem ini juga berfungsi untuk melindungi wajah pengemudi dan penumpang dari cedera akibat dari air bag yang mengembang secara tiba-tiba.

Baca juga: Mengenal NCAP, Standar Keselamatan Mobil Masa Kini

Pretensioner ini dibantu sistem force limiter. Beda dengan pretensioner, fitur force limiter berfungsi mengendurkan secara perlahan sabuk keselamatan. Dengan begitu, dada pengemudi dan penumpang tidak akan terlalu sesak.

Force limiter akan membantu meminimalkan dampak cedera pada dada saat mobil mengalami tabrakan dari depan atau frontal.

Kombinasi dua cara kerja sabuk pengaman itu juga yang memungkinkan perlindungan dari air bag kepada pengemudi dan penumpang depan lebih efektif sehingga mengurangi cedera.

cara kerja sabuk pengaman

Kepatuhan lalu lintas

Tak hanya melindungi keselamatan berkendara saja, sabuk pengaman juga menunjukkan sikap taat terhadap peraturan lalu lintas.

Terlebih, masih ada kasus tilang yang dilakukan oleh pihak berwajib kepada pengemudi dan penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah mengenai aturan berkendara, penggunaan sabuk pengaman telah diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LJAL).

Peraturan tersebut menerangkan tentang fungsi sabuk pengaman yang dapat membantu pengguna kendaraan untuk memperkecil risiko terjadinya luka akibat kecelakaan.

Baca juga: Penumpang Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman, Ini Alasannya!

Beberapa pengemudi mungkin ada yang belum sadar akan pentingnya sabuk pengaman. Jadi, bila tak ingin berurusan dengan pihak berwajib, sebaiknya gunakan sabuk pengaman saat berkendara.

Secanggih apapun mobilmu, peluang untuk mengalami kecelakaan juga sama besarnya. Jadi, mari kita utamakan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.