Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tata Cara Mengajukan Kredit Mobil dengan Aman dan Mudah

Sebelum mengajukan kredit mobil, lebih baik siapkan beberapa hal yang dibutuhkan di bawah ini.

kredit mobilMembeli mobil secara kredit banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, sebelum melakukannya, ada beberapa mekanisme kredit yang harus dipahami serta benefit yang didapatkan dari kredit mobil tersebut.

 

Hal ini berkaitan dengan perencanaan keuangan, syarat, dan lamanya masa kredit yang harus ditentukan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli mobil secara kredit. Jangan sampai, mekanisme kredit yang ditawarkan leasing malah memberatkan Anda nantinya.

 

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum mengajukan kredit mobil. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda simak di bawah ini.

 

Siapkan dokumen pribadi

Pertama, siapkan dokumen-dokumen pribadi yang dibutuhkan sebagai persyaratan kredit mobil. Dokumen tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kartu identitas (KTP/SIM/Passport) beseta fotokopi
  2. Slip gaji
  3. Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopi
  4. Bukti Pajak Bumi dan Bangunan atau rekening listrik/PDAM
  5. NPWP
  6. Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (jika punya) beserta fotokopi
  7. Keterangan izin praktik (bagi profesional)
  8. Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP (bagi pengusaha atau perusahaan) beserta fotokopi

 

Sediakan uang muka

Uang muka atau down payment (DP) adalah sejumlah biaya yang harus dibayarkan sebelum kredit berjalan. Ini sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan tercantum pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/10/PBI/2015 mengenai rasio Loan to Value (LTV) untuk pembiayaan kendaraan bermotor ditetapkan bahwa uang muka yang harus dibayarkan untuk kredit mobil berkisar antara 20 sampai 25 persen dari harga mobil.

 

Baca juga: Cara Beli Mobil Digital yang Tidak Perlu ke Dealer

 

Namun, persyaratan tersebut belum termasuk dengan biaya administrasi, asuransi, serta bunga kredit. Besaran uang muka yang dibayarkan akan menentukan jumlah cicilan perbulannya. Semakin besar uang muka, maka semakin kecil cicilan perbulan.

 

Sesuaikan dengan budget

Setelah itu, sesuaikan harga mobil dengan budget yang dimiliki. Pastikan mobil yang diinginkan sesuai dengan rencana keuangan Anda, terutama jika membeli mobil secara kredit. Anda harus menghitung secara tepat agar keuangan tidak terganggu.

 

Oleh karena itu, budget sangat penting untuk dihitung secara cermat untuk menghindari biaya cicilan yang terlalu besar, misalnya 50 sampai 60 persen dari pendapatan. Belum lagi jika ada pengeluaran tidak terduga yang harus dikeluarkan secara cepat.

 

Baca juga: Cara Mudah Beli Mobil di Seva.id

 

Besarnya cicilan mobil yang ideal adalah sekitar 30 persen setiap bulan dari pendapatan Anda. Tetapi, jika Anda memiliki cicilan lainnya, seperti cicilan rumah atau kartu kredit, kurangi presentase tersebut agar sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan Anda.

 

Pilih leasing yang terpercaya

Ini merupakan hal penting dalam membeli mobil baru secara kredit. Saat sudah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan setuju dengan harga yang ditawarkan, selanjutnya adalah memilih leasing yang terpercaya.

 

Caranya adalah dengan membandingkan harga yang ditawarkan oleh leasing yang satu dengan lainnya, agar Anda mendapatkan harga yang rasional. Jangan langsung percaya dengan leasing yang menawarkan harga sangat murah dan memberikan banyak bonus. Ada baiknya untuk memastikan dulu kebenarannya.

 

Lalu, pertimbangkan prosedur serta persyaratan yang diajukan, seperti kemudahan pembayaran, bunga yang dibebankan, proses mendapatkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) setelah lunas, dan lain-lain.

 

Baca juga: Tutorial Cara Beli Mobil Bekas di Seva.id

 

Tanyakan dengan jelas jika masih ada yang belum Anda pahami mengenai kewajiban Anda sebagai pembeli, agar proses cicilan aman dan dapat berjalan sesuai dengan perjanjian awal.

 

Pada umumnya, leasing akan memberikan syarat untuk pengajuan kredit mobil. Syarat pertama adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia. Kedua, usia pembeli adalah 21 – 60 tahun. Setelah itu, memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulan.

 

Tentukan masa kredit

Terakhir, tentukan masa kredit mobil Anda. Usahakan jangan melewati batas kemampuan karena akan memberatkan Anda. Semakin lama masa kredit, biaya cicilan perbulan memang akan lebih rendah. Namun jika dijumlahkan, total biaya yang harus dibayarkan semakin besar.

 

Biasanya, leasing akan memberikan masa kredit selama 1 sampai 5 tahun. Sedangkan lamanya masa kredit ditentukan oleh Anda sendiri.

Untuk mengetahui besaran biaya perbulan yang wajib dibayarkan, Anda dapat menggunakan fitur simulasi kredit mobil yang ada di Seva.id. Bukan hanya itu, Anda juga bisa upgrade mobil lama Anda dengan mobil baru atau bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Seva.id.

 

Lalu, Seva.id juga memberikan layanan seperti booking service, test drive, serta promo-promo menarik yang bisa Anda dapatkan disini. Jadi, jika ingin upgrade mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, langsung kunjungi Seva.id dan nikmati semua benefitnya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.