Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Aman Beristirahat di Mobil Saat Road Trip

Road trip memang menguras tenaga. Karena itu, pengendara butuh istirahat saat lelah di perjalanan. Baca tips istirahat yang aman ini yuk.

tips beristirahat saat road tripLelah saat melakukan road trip sering dirasakan oleh pengendara sehingga menimbulkan rasa kantuk ketika berkendara. Bila hal tersebut terjadi pada Anda, jangan memaksakan untuk tetap melanjutkan perjalanan.

 

Lebih baik cari tempat aman untuk beristirahat dan tidur sejenak untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Tetapi, sebelum berhenti untuk istirahat, perhatikan situasi dan kondisi tempat perhentian tersebut.

 

Jangan sampai tempat tersebut malah merugikan Anda ketika sedang enak beristirahat. Untuk itu, simak beberapa hal di bawah ini yang mungkin dapat membuat istirahat Anda aman dan nyaman saat road trip.

 

Perhatikan rambu lalu lintas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan rambu-rambu lalu lintas sebelum menepi untuk beristirahat sejenak. Lihat keadaan sekitar, apakah ada rambu lalu lintas yang melarang untuk berhenti atau tidak.

 

Jangan sampai Anda lengah dan tidak memperhatikan rambu lalu lintas ketika menepi, karena membahayakan diri sendiri serta orang lain. Selain itu, Anda juga bisa ditindak oleh petugas.

 

Cari lokasi aman

Kemudian, pilih tempat yang aman untuk beristirahat, misalnya di rest area SPBU, masjid, restoran atau tempat makan, dan lain-lain. Pastikan di tempat tersebut ada petugas keamanan dan orang-orang yang berada di sekitar Anda.

 

Hindari beristirahat di tempat yang berbahaya, seperti di tikungan, tempat rawan longsor, rawan banjir, dan sebagainya.

 

Matikan mesin dan AC mobil

AC mobil yang menyala dapat menghambat sirkulasi udara. Jika dibiarkan terlalu lama, Anda akan kekurangan oksigen di dalam mobil karena hemoglobin tidak bisa mengikat serta mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

 

Setelah itu, karbon monoksida yang dihasilkan mesin saat menyala akan terjebak di dalam kabin. Hal ini berbahaya karena dapat membuat Anda lemas saat menghirupnya.

 

Bukan cuma itu, racun hasil pembuangan juga bisa masuk ke dalam kabin dari lubang-lubang kecil. Biasanya, lubang itu terdapat di pipa AC atau sambungan dekat gas dan kopling.

 

Untuk itu, lebih baik matikan mesin dan AC mobil Anda saat beristirahat. Lalu, buka sedikit kaca jendela Anda untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap stabil.

 

Simpan barang berharga di tempat aman

Selanjutnya, simpan barang berharga Anda di tempat yang tertutup dan aman saat sedang beristirahat. Usahakan barang-barang seperti smartphone, dompet, kamera, dan lain-lain tidak terlihat dari luar mobil karena dapat mengundang kejahatan.

 

Bila perlu, buatlah ruang penyimpanan khusus di mobil Anda, sehingga barang berharga yang Anda bawa dapat diletakkan di tempat yang lebih aman.

 

Atur posisi jok dan siapkan makanan ringan

Apabila semua kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kemanan sudah selesai dilakukan, saatnya Anda mengatur posisi jok mobil. Buat posisinya senyaman mungkin agar Anda dapat beristirahat dengan maksimal.

 

Jangan lupa untuk menyiapkan makanan ringan di mobil. Jadi, setelah beristirahat, Anda tidak perlu keluar mobil untuk mencari makanan. Apalagi jika supermarket atau tempat jajanan berada agak jauh dari lokasi Anda parkir.

 

Semoga tips di atas dapat membantu ketika Anda ingin beristirahat saat road trip dan meminimalisir resiko-resiko berbahaya.

 

Setelah mendapatkan istirahat yang cukup, silakan lanjutkan perjalanan Anda. Namun, tetap hati-hati dan patuhi semua peraturan lalu lintas agar road trip Anda selalu aman dan nyaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.