Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Plafon Mobil yang Menguning

Bagaimana mengatasi plafon mobil yang menguning akibat pemakaian? Caranya mudah, selengkapnya simak di bawah ini.

plafon mobil

Plafon mobil merupakan bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan kebersihannya. Namun, seringkali sebagian orang luput untuk membersihkan plafon mobil.

Plafon mobil perlu dibersihkan, karena jika tidak lama-lama akan menguning dan mobil akan terlihat tidak terawat dengan baik.

Ada beberapa penyebab mengapa plafon mobil menguning. Selain karena usia, biasanya terjadi pada mobil di atas lima tahun, plafon mobil dapat menguning akibat penumpukan debu atau parkir di tempat panas.

Baca juga: Cara Mengatasi Kabin Bau Apek Pada Mobil yang Jarang Dipakai

Jika kamu orang yang senang merokok di dalam mobil ketika berkendara, asapnya pun punya kontribusi untuk membuat plafon menguning.

Nah, setelah tahu penyebabnya, begini cara mengatasi plafon mobil yang menguning akibat pemakaian.

plafon mobil

Plafon berdebu

Seperti disinggung di atas, penumpukan debu dapat membuat plafon menguning. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkannya menggunakan sikat gigi halus.

Saat menyikatnya, kamu cukup menggunakan air saja tanpa perlu sabun. Sikat dengan lembut dan gerakan tangan searah. Jika debu sudah terangkat, kamu bisa mengelapnya dengan microfiber.

Baca juga: Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

Sebaiknya jangan gunakan sabun. Campuran air dengan sabun bisa membuat debu di plafon menyatu dengan air sehingga membuatnya semakin kotor.

plafon mobil

Noda ringan

Menghilangkan noda ringan pada plafon treatment-nya sedikit berbeda dengan yang berdebu. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan sikat gigi halus yang lembab dengan sedikit deterjen.

Tuangkan deterjen ke dalam air tanpa perlu diaduk dan biarkan partikelnya bereaksi, kurang lebih tiga menit. Lalu, kamu celupkan sikat gigi dan sikat noda pada plafon secara lembut serta searah. Lakukan hal tersebut secara berulang sampai noda hilang.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kotoran Hewan Peliharaan di Kabin Mobil

Jangan mengaduk air dengan deterjen hingga berbusa. Jika sikat berbusa dan menyentuh plafon maka akan menghasilkan flek yang tidak bisa hilang.

plafon mobil

Noda pekat

Noda pekat pada plafon yang membandel bisa diakibatkan karena minyak maupun jamur. Untuk mengatasi plafon yang memiliki noda pekat atau noda membandel, kamu dapat menggunakan cairan fabric dan lap microfiber agar plafon yang dibersihkan tidak rusak.

Baca juga: Tips Memeriksa Mobil Bekas secara Menyeluruh

Basahi kain dengan air, peras sampai kering hingga tidak ada air yang menetes lagi. Pastikan kain sudah diperas sampai kering, karena kain yang basah dapat menyebabkan plafon menjadi lembab. Usapkan kain pada plafon secara perlahan agar plafon tidak sobek.

Kemudian, semprotkan cairan fabric ke kain dan gosok kembali secara perlahan. Cairan tersebut dapat membersihkan plafon mobil dari jamur dan berbagai noda membandel lainnya.

plafon mobil

Gunakan vacuum cleaner

Plafon mobil yang menguning juga dapat diatasi dengan menggunakan vacuum cleaner. Tapi jangan sembarangan, karena dapat membuatnya jadi rusak.

Jika kamu menggunakan vacuum cleaner ada baiknya atur daya hisapnya menjadi yang paling rendah supaya plafon tidak melar dan sobek.

plafon mobil

Plafon berbahan fabric

Cara membersihkan plafon berbahan fabric mirip dengan mengatasi noda pekat pada plafon, yakni menggunakan cairan fabric dan lap microfiber.

Sebaiknya, kamu tidak langsung menyemprotkan cairan fiber ke plafon, karena hal ini akan membuat kotor permukaan plafon.

Semprotkan cairan fabric ke kain berfungsi agar plafon tidak terlalu basah saat dibersihkan. Lap plafon berbahan fabric dengan halus dan lembut agar tidak rontok. Setelahnya, lap lagi dengan microfiber yang kering.

Plafon tidak boleh lembab dan terlalu basah, karena akan menimbulkan bakteri.

Baca juga: Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil yang Tepat dan Tidak Merusak

plafon mobil

Selain fabric, plafon mobil juga ada yang berbahan sued, kulit sintetis, dan beludru. Setiap bahan memiliki cairan pembersih yang berbeda-beda. Cairan tersebut dapat kamu beli di toko aksesoris mobil atau marketplace.

Dengan cara yang hampir mirip, kamu dapat membersihkan plafon mobil minimal setiap enam bulan sekali agar noda yang ada pada plafon mobil dapat dibersihkan serta sirkulasi udara tetap terjaga kebersihannya.

Mudah bukan cara mengatasi plafon mobil yang menguning akibat pemakaian?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.