Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

Yuk, cegah Corona dengan membersihkan interior mobil secara mandiri di rumah.

Virus Corona atau Covid-19 sudah resmi masuk ke Indonesia. Untuk mencegah penularannya, sejumlah himbauan telah dikeluarkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah social distancing atau menjaga jarak.

 

Social distancing ini dapat dilakukan dengan menjauhi kerumunan, kurangi berjabat tangan, tidak pergi ke tempat ramai, hingga menjaga jarak setidaknya satu meter antar manusia. Cara tersebut dinilai ampuh untuk menangkal penyebaran serta penularan penyakit yang belum ditemukan vaksinnya ini.

 

Namun, bukan berarti sebagai individu kamu juga tidak bisa mencegah penularan atau penularan Corona atau Covid-19 ini.

 

Baca juga: Apakah Asuransi Dapat Menerima Klaim Virus Corona?

 

Selain melakukan social distancing, kamu juga bisa mulai menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan dengan sabun, mandi, kurangi menyentuh muka dengan tangan, dan rajin membersihkan area tempat tinggal.

 

Tidak hanya itu, untuk yang masih melakukan mobilisasi dengan mobil pribadi, kamu juga wajib menjaga kebersihan interiornya.

 

Yuk, cegah Corona dengan bersihkan interior mobil, karena menurut informasi seperti yang dikutip oto.com dari National Centre for Biotechnology, interior mobil adalah salah satu tempat paling kotor di bumi.

cegah corona

Bersihkan area setir

Setir atau lingkar kemudi otomatis jadi media penghantar perpindahan kuman dan bakteri karena sering bersentuhan dengan tangan, tak terkecuali virus dari interior mobil ke tubuh.

 

Baca juga: Jenis-jenis Kain yang Aman untuk Membersihkan Mobil Anda

 

Nah, untuk itu, area ini wajib kamu bersihkan, khususnya sebelum mengemudi untuk mencegah Corona. Caranya mudah, kamu bisa mengelapnya dengan menggunakan cairan disinfektan.

cegah corona

Cuci tangan sebelum mengemudi

Seperti yang sudah disinggung di atas, cara paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah Corona bisa dimulai dengan rajin cuci tangan.

 

Oleh karena itu, sebelum mengemudi, ada baiknya kamu mencuci tangan dengan sabun terlebih dulu. Tidak ada salahnya juga bila kamu menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik yang disimpan di dalam mobil.

 

Baca juga: Minyak Bayi dan Jarum Pentul Bisa untuk Membersihkan Mobil Loh

 

Hand sanitizer bisa kamu gunakan sebagai pengganti sabun ketika mengemudi usai bersentuhan dengan orang lain, misalnya usai bayar parkir atau berbelanja di pusat perbelanjaan.

cegah corona

Bersihkan karpet mobil

Jangan menunggu sampai kotor untuk membersihkan karpet mobil. Demi pencegahan, ada baiknya kamu lakukan hal tersebut secara berkala.

 

Untuk karpet mobil yang berbahan karet kamu bisa mencucinya dengan menggunakan sabun, sementara lapisan dasarnya bisa dibersihkan dengan menggunakan penyedot debu.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil yang Tepat dan Tidak Merusak

 

Tidak hanya itu, bersihkan juga bagian interior mobil secara menyeluruh, mulai dafi plafon, dashboard, jok, dan sebagainya. Kamu juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan.

 

Jika tidak bisa membuat cairan disinfektan sendiri, kamu bisa menyemprotkan disinfektan spray yang banyak dijual di pasaran.

Filter AC

AC mobil juga tak kalah penting untuk dirawat karena bisa mengeluarkan udara yang tidak sehat dan kasat mata. Bila AC kotor, maka udara yang kamu hirup selama mengemudi adalah udara yang tidak sehat.

 

Untuk itu, membersihkan AC wajib dilakukan secara berkala, khususnya di bagian filter yang sering menjadi sarang penyumbatan kotoran.

 

Baca juga: DIY, Cara Mudah Mengganti Filter Udara di Mobil

 

Namun, bila kamu mulai menemukan gejala kerusakan pada sistem interior mobil, khususnya di bagian AC, segera bawa mobilmu ke bengkel resmi agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

cegah corona

Dengan menyebarnya virus Corona di Indonesia, kamu harus tetap tenang dan tidak panik.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tidak tertular dan menularkannya. Di antaranya, jika kamu sudah merasa tidak enak badan dengan gejala flu, batuk, pilek, demam, radang tenggorokan, dan sesak nafas, segera periksa ke dokter serta ada baiknya mengisolasi diri di rumah selama 14 hari.

 

Yuk, tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan dengan selalu jaga kebersihan serta kesehatan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.