Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Sampai Menyesal, Baca Dulu Tips Agar Tidak Salah Beli Mobil Baru

Diskon atau potongan harga pembelian mobil memang menggiurkan, apalagi jika memang Anda tertarik membeli mobil idaman. Maklum, harga mobil bisa dibilang terus naik tiap tahunnya, jadi diskon jutaan rupiah tentu menjadi pemanis yang kadang susah diabaikan.

 

Bahkan ada sales atau dealer mobil baru yang berani menawarkan potongan harga dan uang muka hingga Rp 10 juta. Misalnya saja uang muka minimalnya Rp 10 juta, dengan potongan tersebut, Anda cukup membayar Rp 10 juta dan menyepakati skema kredit maka mobil idaman pun bisa langsung dibawa pulang.

 

Mendapatkan diskon yang tergolong besar hingga puluhan juta rupiah, uang muka murah atau cicilan ringan, mungkin membuat Anda tergoda ingin segera mengeksekusi pembelian.

 

Tapi, ada baiknya jangan terburu-buru, akan lebih tepat bila sebelum memutuskan membeli mobil, Anda menimbang untung ruginya lebih dahulu agar tidak menyesal.

 

Berikut tips agar tidak menyesal saat beli mobil baru.

 

Kemampuan keuangan

Beli mobil tentunya harus diimbangi dengan kemampuan keuangan.

 

Jika memang punya uang yang cukup, daripada membeli secara kredit lebih baik tunai. Dengan begitu, Anda terhindar dari tanggung jawab cicilan.

 

Namun jika terpaksa harus kredit, ada baiknya memperhatikan besarnya cicilan tiap bulannya. Besar cicilan ini pun pasti akan ditambah dengan bunga.

 

Jangan sampai besar pasak daripada tiang, atau jangan sampai pendapatan tiap bulan tidak sebanding dengan biaya cicilan mobil. Nanti yang ada di tengah jalan Anda tidak dapat melanjutkan cicilan, mobil pun lenyap karena ditarik leasing.

 

Idealnya, total beban cicilan per bulan maksimal sebesar 30 hingga 35 persen dari penghasilan bulanan.

 

booking service seva idPikirkan jenis mobil

Sebelum mengeluarkan uang untuk membayar uang muka, sebaiknya Anda memikirkan dengan seksama mobil jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Jika untuk di dalam kota, Anda bisa memilih city car yang mungil. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga dan gemar road trip dapat memilih mobil berjenis MPV atau SUV.

 

Pilih juga CC mobil yang tidak besar bila kebutuhan Anda sebenarnya lebih ke fungsi. Mobil dengan CC besar cenderung boros bahan bakar.

 

Tentu Anda tidak mau menyesal gara-gara salah memilih dan membeli mobil yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan. Misal, Anda sudah berkeluarga tapi malah beli mobil double cabin agar dapat membawa barang lebih banyak.

 

Manfaatkan credit calculator

Di era digital saat ini, tak perlu datang ke dealer untuk mendapatkan informasi harga mobil baru.

 

Anda bisa mendapatkan informasi tersebut secara online, mulai dari harga sampai dengan biaya cicilan per bulannya.

 

Seva.id misalnya, yang menyediakan berbagai macam jenis mobil terbaru lengkap dengan segala informasinya. Situs ini juga memiliki fitur Credit Calculator yang dapat membantu Anda dalam menentukan berapa biaya cicilan yang harus Anda bayar setiap bulan.

 

Credit Calculator akan menghitung berapa angsuran yang harus dibayar, lengkap dengan lama angsuran tersebut, mulai dari 1 tahun sampai dengan 5 tahun.

 

Dengan adanya fitur tersebut di Seva.id, Anda memiliki rencana yang lebih matang untuk mengatur keuangan Anda.

 

Beli di waktu tepat

Salah satu waktu yang tepat sekali untuk membeli mobil adalah pada akhir tahun.

 

Biasanya dealer harus menghabiskan sisa produk yang belum terjual karena di tahun berikutnya akan mendapat ketersediaan mobil rakitan terbaru. Untuk mengakalinya, dealer pun menawarkan mobil dengan harga murah, potongan uang muka, potongan harga, hingga cash back.

 

Selain itu, Anda juga dapat datang ke pameran otomotif. Nah, moment ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan mobil baru dengan harga miring. Bahkan, tidak jarang setiap pabrikan juga akan meluncurkan produk baru mereka dan akan memberikan harga khusus bagi beberapa pembeli yang beruntung.

 

Keuntungan lainnya datang ke pameran otomotif adalah Anda dapat langsung melakukan test drive. Anda jadi tahu bagaimana rasanya mobil yang ingin dibeli.

membeli mobil baru

Ingat, penyesalan selalu datang di akhir. Jangan sampai gara-gara tak bisa bayar cicilan, jenis mobil yang tidak sesuai, dan tidak tahu skema kredit Anda jadi menyesal membeli mobil baru.

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.