Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bikin Kabin Mobil Jadi Lebih Senyap agar Nyaman di Bulan Ramadan

Kabin mobil lebih senyap membuat kamu lebih nyaman berkendara, khususnya di bulan Ramadan. Yuk, intip caranya berikut ini.

kabin mobil jadi lebih senyap

Bulan Ramadan tidak lama lagi akan datang. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, membuat kabin mobil jadi lebih senyap bisa jadi salah satu solusinya.

Suasana kabin mobil yang senyap juga dianggap penting oleh sebagian pemilik mobil saat bulan Ramadan, karena dibutuhkan untuk mendengarkan audio lebih jelas saat mengendarai mobil.

Baca juga: Lampu Indikator Suhu Mesin Menyala Tiba-tiba, Apa Masalahnya?

Namun, nyatanya tidak semua mobil hadir dengan kabin yang senyap, sehingga suara atau noise yang berasal dari luar masih terdengar ke dalam kabin. Tentunya, hal ini tentu mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan alat peredam untuk membuat kabin mobil jadi lebih senyap dan kedap, sehingga mampu meminimalisir noise dari luar, seperti suara mesin, jalanan, serta hujan.

Cara ini dianggap mampu meredam kebisingan hingga 40 persen.

Pemasangan peredam umumnya ada di beberapa titik, tetapi lebih baik disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan agar tidak salah pasang.

Misalnya, bila kamu ingin meredam suara kendaraan yang menggunakan knalpot bising, cukup memasang peredam di dinding pintu bagian dalam kabin.

Kemudian, jika ingin meredam suara bising dari bagian mesin, sebaiknya pasang peredam di dinding pembatas ruang mesin dan kabin (firewall). Kalau suara berasal dari gesekan ban dan knalpot, berarti berasal dari lantai. 

Baca juga: Apa Alasan Pertama Kali Diciptakannya Lampu Lalu Lintas?

Berdasarkan material, pilihan peredam biasanya tersedia dalam dua macam, yaitu berbahan aspal dan sejenis dodol (rubber jelly).

Bedanya, peredam berbahan aspal cenderung lebih kaku dan memerlukan pemanas serta lem untuk menempelkannya. 

Sedangkan peredam berjenis dodol lebih fleksibel dibandingkan jenis aspal, sehingga tidak perlu perekat.

Kemudian, sudah dilapisi dengan aluminium foil yang berfungsi meredam panas.

Peredam kabin mobil berbahan aspal biasanya lebih murah, sekitar Rp90 ribu per lembar, dan dodol Rp150 per lembar.

Rata-rata, kebutuhan peredam kabin di satu mobil membutuhkan sekitar 30 lembar peredam.

Lama waktu pemasangan peredam kabin mobil

Waktu yang diperlukan untuk melakukan pemasangan peredam mobil kira-kira 9 jam.

Saat proses pemasangan, langkah pertama yang dilakukan adalah melepas seluruh jok dari lantai, konsol dan semua pengait yang menempel di karpet.

Namun, untuk dasbor tidak perlu dilepas untuk pemasangan di firewall. Agar kabel tidak terputus, lakukan pemasangan secara perlahan dan hati-hati.

Untuk pemasangan di bagian pintu, copot door trim terlebih dahulu dan hafalkan posisi beberapa kabel yang ada di dalamnya.

Baca juga: Cara Pasang APAR di Mobil Sendiri, Gampang Banget!

Langkah selanjutnya adalah membersihkan permukaan yang akan ditempeli peredam.

Saat melakukan proses pembersihan, pastikan kotoran yang mengandung unsur minyak atau gemuk juga tersingkirkan agar peredam terpasangan dengan baik.

Setelah bersih, pasang peredam dengan rapat ke permukaan yang akan dilapisi. Lakukan dengan cermat supaya hasilnya maksimal dan kabin mobil jadi lebih seyap.

Setelah semua peredam kabin mobil terpasang dengan rapi, kamu bisa kembalikan bagian-bagian lain yang sebelumnya dilepas, seperti karpet, konsol boks dan jok.

Jangan lupa pasang kembali mur atau baut yang ada di konsol boks dan jok. Lalu, perhatikan posisi kabel-kabel agar tidak berserakan dan kembali ke posisi awal.

Membuat kabin mobil jadi lebih senyap dengan memasang peredam memang sedikit memakan waktu dan dibutuhkan kesabaran.

Namun, bila tidak ingin repot, kamu bisa membeli mobil bekas dengan peredam kabin di Pilihan Expert Seva.id. Jadi, tidak perlu repot untuk membuat kabin mobil jadi lebih senyap dengan memasang peredam.

Mobil bekas dengan peredam kabin yang tersedia di Pilihan Expert sudah terjamin kualitasnya, jadi tidak perlu ragu lagi untuk memilikinya.

Mau mobil bekas dengan peredam kabin dan kualitas yang terjamin? Kunjungi Pilihan Expert Seva.id sekarang ya.

Pilihan Expert

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.