Bikin Kabin Mobil Jadi Lebih Senyap agar Nyaman di Bulan Ramadan

By Reka Harnis - Maret 31, 2021

Kabin mobil lebih senyap membuat kamu lebih nyaman berkendara, khususnya di bulan Ramadan. Yuk, intip caranya berikut ini.

kabin mobil jadi lebih senyap

Bulan Ramadan tidak lama lagi akan datang. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara, membuat kabin mobil jadi lebih senyap bisa jadi salah satu solusinya.

Suasana kabin mobil yang senyap juga dianggap penting oleh sebagian pemilik mobil saat bulan Ramadan, karena dibutuhkan untuk mendengarkan audio lebih jelas saat mengendarai mobil.

Baca juga: Lampu Indikator Suhu Mesin Menyala Tiba-tiba, Apa Masalahnya?

Namun, nyatanya tidak semua mobil hadir dengan kabin yang senyap, sehingga suara atau noise yang berasal dari luar masih terdengar ke dalam kabin. Tentunya, hal ini tentu mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan alat peredam untuk membuat kabin mobil jadi lebih senyap dan kedap, sehingga mampu meminimalisir noise dari luar, seperti suara mesin, jalanan, serta hujan.

Cara ini dianggap mampu meredam kebisingan hingga 40 persen.

Pemasangan peredam umumnya ada di beberapa titik, tetapi lebih baik disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan agar tidak salah pasang.

Misalnya, bila kamu ingin meredam suara kendaraan yang menggunakan knalpot bising, cukup memasang peredam di dinding pintu bagian dalam kabin.

Kemudian, jika ingin meredam suara bising dari bagian mesin, sebaiknya pasang peredam di dinding pembatas ruang mesin dan kabin (firewall). Kalau suara berasal dari gesekan ban dan knalpot, berarti berasal dari lantai. 

Baca juga: Apa Alasan Pertama Kali Diciptakannya Lampu Lalu Lintas?

Berdasarkan material, pilihan peredam biasanya tersedia dalam dua macam, yaitu berbahan aspal dan sejenis dodol (rubber jelly).

Bedanya, peredam berbahan aspal cenderung lebih kaku dan memerlukan pemanas serta lem untuk menempelkannya. 

Sedangkan peredam berjenis dodol lebih fleksibel dibandingkan jenis aspal, sehingga tidak perlu perekat.

Kemudian, sudah dilapisi dengan aluminium foil yang berfungsi meredam panas.

Peredam kabin mobil berbahan aspal biasanya lebih murah, sekitar Rp90 ribu per lembar, dan dodol Rp150 per lembar.

Rata-rata, kebutuhan peredam kabin di satu mobil membutuhkan sekitar 30 lembar peredam.

Berita Terkait

Author