Search Cars

Travel & Lifestyle

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Bagaimana Perjalanannya?

Argentina jadi juara Piala Dunia 2022 setelah kalah di partai pembuka. Inilah perjalanannya yang diwarnai rekor Lionel Messi.

juara piala dunia 2022

Juara Piala Dunia 2022 diraih Argentina setelah mengalahkan Perancis dalam drama adu penalti, Minggu (18/12) di Stadion Lusail, Qatar. Lionel Messi dan Kylian Mbappe menjadi bintang bagi masing-masing tim, dan keduanya juga berbagi trofi.

Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia sementara Kylian Mbappe mengangkat trofi sebagai Pencetak Gol Terbanyak alias Golden Boot dengan raihan 8 gol selama gelaran Piala Dunia 2022 berlangsung.

Kemenangan Argentina ini menjadi catatan tersendiri. Dalam sejarah Argentina sebelumnya di Piala Dunia 1990, Diego Maradona kalah di partai pembuka melawan Kamerun. Tim Tango sebenarnya bisa melaju sampai babak final, namun ditaklukkan Jerman 0-1.

Baca juga: Hadiah Juara Piala Dunia 2022, Bisa Beli Mobil Apa Saja di Indonesia?

Hasil ini mirip dengan Piala Dunia 2022, dimana Lionel Messi dan tim juga dikalahkan Arab Saudi di partai pembuka. Tapi akhir cerita berujung manis karena berhasil membuyarkan mitos gagal di final dan berhasil mengangkat trofi juara Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Sejarah Argentina

juara piala dunia 2022

Kekalahan Argentina dari Arab Saudi tidak membuat tim kehilangan asa. Anak asuhan Lionel Scaloni tersebut kemudian menggulung lawan-lawannya di fase penyisihan Grup C. Meksiko dan Polandia digulung dengan skor 2-0. 

Di fase 16 Besar, Argentina bertemu dengan tim Kanguru, Australia. Tanpa perlawanan berarti Angel di Maria melibas perwakilan Asia tersebut dengan skor akhir 2-1.

Baca juga: Koleksi Mobil Pemain Bola Piala Dunia 2022, Siapa Paling Mewah?

Pada babak Perempat Final, Argentina bertemu tim tangguh Belanda. Rekor pertemuan mereka terjadi 9 kali, dengan empat kali kemenangan diraih Belanda. Sedangkan Argentina hanya sekali meraih kemenangan dan 4 laga lainnya berakhir imbang.

Laga pun berlangsung sengit dengan skor akhir 2-2. Dalam babak adu pinalti, Dewi Fortuna lebih memihak kepada Tim Tango dan lolos dengan skor akhir 4-3.

Melaju ke babak Semifinal, penampilan tim Argentina semakin solid. Lawannya adalah finalis Piala Dunia 2018, Kroasia yang tanpa ampun dilumat dengan skor telak 3-0. 

Rekor Lionel Messi

juara piala dunia 2022

Pada partai final, perhatian semua orang tertuju pada Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Dua bintang lapangan bernomor 10 yang sama-sama tajam di depan gawang lawan. Terbukti, keduanya malam itu mencetak gol dan mengukir sejarah tersendiri.

Baca juga: Menghitung Kekayaan Cristiano Ronaldo, Gaji dan Investasi itu Penting

Rekor Lionel Messi pertama adalah pemain tersubur bagi Argentina di ajang Piala Dunia. Messi menorehkan 13 gol dalam 5 kali Piala Dunia yang diikutinya. 

Kedua, rekor Lionel Messi berikutnya tercatat sebagai pemain yang selalu mencetak gol dalam setiap babak Piala Dunia 2022. Dimulai dari penyisihan grup, hingga babak final tidak pernah absen mencatatkan gol. Total ia mencetak 7 gol di ajang ini.

juara piala dunia

Berikutnya, pemain berjuluk La Pulga ini juga menjadi pemain yang paling banyak bermain dalam partai Piala Dunia. Secara total dari 5 kali Piala Dunia yang diikuti, Lionel Messi bermain sebanyak 26 laga.

Baca juga: Gaji Pemain Bola Bisa Beli Mobil Mewah Berikut Ini Tanpa Mikir

Rekor Lionel Messi tersebut juga membawanya menjadi pemain dengan menit bermain paling banyak yaitu 2.315 menit di ajang Piala Dunia. Messi juga menjadi pemain Argentina satu-satunya yang tampil dalam 5 ajang Piala Dunia berbeda.

Bagaimana dengan Kylian Mbappe? Pemain 23 tahun tersebut menjadi pemain Perancis pertama yang memenangkan trofi Sepatu Emas. Sebelum penghargaan ini ada, di tahun 1958 penyerang Perancis Just Fontaine juga mencetak 13 gol Piala Dunia

Catatan lain juga menyebut Mbappe menyamai rekor penyerang Inggris Geoff Hurst pada Piala Dunia 1966 yang mencetak tiga gol di partai final Piala Dunia. 

Juara Piala Dunia 2022

kylian mbappe

Kekalahan di final Piala Dunia 2022 bagi Perancis, membuat mereka gagal mempertahankan gelar di ajang yang sama. 

Baca juga: Waspada, Yuk Persiapan Menghadapi Resesi Ekonomi dari Sekarang!

Sebagai juara Piala Dunia 2018, Perancis gagal mengikuti jejak keberhasilan Brasil yang menjuarai ajang ini beruntun pada gelaran tahun 1958 dan 1962.

Bagi Argentina, kemenangan ini membuat tim berjuluk La Albiceleste menjuarai Piala Dunia sebanyak 3 kali, tahun 1978, 1986 dan 2022. Sedangkan Perancis telah dua kali menjadi juara yaitu tahun 1998 dan 2018. 

juara piala dunia

Kemenangan Argentina kali ini seakan menjadi obat bagi negaranya yang diterpa dengan krisis ekonomi di penghujung tahun. 

Baca juga: Banyak Negara Terancam Resesi, Bagaimana Nasib Indonesia?

Meski menyenangkan, namun ada juga rakyat Argentina yang menilai keberhasilan timnya menjadi juara Piala Dunia 2022 justru membuat kondisi ekonomi negara makin sulit. Pasalnya, pemerintah diperkirakan bakal membuat kebijakan fiskal yang semakin ketat.

Awas Kena Gocek. Jangan sampai ketinggalan info-info terbaru mengenai keuangan dan gaya hidup serta ulasan mengenai produk otomotif terbaru hanya dari SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.