Search Cars

Tips & Rekomendasi Properti

Ada 7 Cara Memanfaatkan Halaman Sisa di Rumah

Punya halaman sisa di rumah ternyata bisa jadi menguntungkan. Ya, ada banyak. Ini cara memanfaatkan halaman sisa di rumah.

Di setiap rumah pasti ada halaman sisa, baik di depan atau di belakang, mau itu luas atau pun sempit. Meski halaman itu sempit, tapi amat sayang bila tidak dimanfaatkan. Jika dimanfaatkan malah bisa menguntungkan.

 

Halaman sisa yang dimaksud di sini di luar garasi. Walau biasa dimanfaatkan untuk menjemur pakaian, tapi masih banyak cara memanfaatkan halaman sisa di rumah. Berikut di antaranya.

Taman mini

Ini yang biasa dilakukan oleh pemilik rumah dalam memanfaatkan halaman sisa di rumah. Dengan adanya taman mini di rumah dipercaya dapat memberikan kesejukan bagi pemilik rumah.

 

Bagi yang hobi dengan tanaman, bisa juga memanfaatkan sisa halaman di rumah ini untuk menanam aneka flora yang cantik.

 

Selain taman mini, tak ada salahnya membuat kolam ikan di halaman. Buat kolam dengan unsur batu atau kayu sehingga membuat sisa halaman tersebut jadi lebih indah.

Tempat main anak

Untuk pemilik rumah dan sudah punya anak, halaman sisa di rumah dapat dimanfaatkan jadi tempat bermain buah hati.

 

Ya, pada halaman sisa tersebut dapat dibekali beberapa faslitas bermain anak, seperti ayunan atau perosotan plastik. Tidak perlu yang permanen, sekarang banyak tersedia permainan yang dapat dibongkar-pasang.

 

Jangan lupa untuk selalu perhatikan keamanan si kecil agar nyaman bermain.

Lahan hijau

Halaman sisa di rumah pun dapat dimanfaatkan menjadi lahan hijau.

 

Dengan cara bercocok tanam hidroponik, pemilik rumah dapat menanam aneka sayuran seperti daun bawang, selada, tomat, cabe rawit, kangkung, bayam, kemangi, dan sayuran lainnya.

 

Hasilnya dari bercocok tanam tersebut dapat dimanfaatkan pemilik rumah untuk keperluan dapur. Jika menanamnya dalam jumlah yang banyak, bahkan bisa di jual. Menguntungkan bukan.

Area basah

Bila memiliki rumah, sebaiknya jangan menganggap remeh ruang mencuci.

 

Pemilik rumah dapat memanfaatkan sisa halaman, khususnya di bagian belakang sebagai tempat untuk mencuci hingga menjemur pakaian.

 

Meski begitu, Anda juga dapat menuangkan kreativitas dengan mengubahnya menjadi lebih fungsional dan multifungsi. Misalnya ditanami rumput sintetis, jadi bila tidak dipakai, bisa digunakan sebagai tempat main anak.

Ruang kerja

Bagi Anda yang memiliki rutinitas untuk kerja dari rumah, agar fokus dan tidak terganggu anak, bisa juga memanfaatkan halaman sisa untuk dijadikan ruang kerja.

 

Untuk ini, Anda perlu sedikit renovasi. Tidak perlu luas, yang penting ruang tersebut dapat menampung meja kerja, lemari kecil, dan kursi.

 

Anda pun harus nyaman saat berada di dalamnya agar ide-ide dapat mengalir dan semakin produktif. Jika sedang tidak bekerja, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk tempat santai, bahkan bermain.

Tempat peliharaan

Buat pemilik rumah yang hobi memelihara hewan seperti anjing dan kucing, halaman sisa di rumah dapat dimanfaatkan menjadi rumah bagi hewan kesayangan.

 

Hewan-hewan ini juga tetap memiliki tempat untuk berlari atau pun bermain, sehingga tidak mudah stress.

 

Rumah bagi hewan kesayangan dengan memanfaatkan halaman sisa ini juga bisa dipadukan dengan taman mini. Anda juga dapat memelihara burung agar rumah jadi lebih asri.

Gudang

Terakhir, cara memanfaatkan halaman sisa di rumah adalah dijadikan gudang. Tapi ada sayangnya bila barang tidak terpakai malah teronggok di gudang malah bisa rusak.

 

Gudang juga bisa jadi sarang kecoa atau tikus yang membawa penyakit bagi pemilik rumah.

 

Ada baiknya jika memiliki barang tidak terpakai, Anda jual saja. Atau bila dermawan, Anda bisa sumbangkan atau berikan pada yang membutuhkan, selama itu masih bagus, berfungsi, dan layak pakai.

Nah, itu tadi cara memanfaatkan halaman sisa di rumah. Kalau Anda, punya ide apa untuk memanfaatkan sisa halaman tersebut?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.