5 Tips Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

Long weekend akan datang, rencana liburan pastinya sudah dibuat oleh sebagian orang. Ada yang ingin berpergian menggunakan pesawat, kereta, atau banyak juga yang akan menggunakan mobil.

 

Memang, long trip menggunakan mobil punya kesan tersendiri, apalagi berangkat bersama keluarga. Tentunya akan banyak hal yang bisa dilakukan di mobil untuk menghilangkan kebosanan di perjalanan atau ketika sedang macet-macetan.

 

Namun, jika akan membawa anak kecil saat long trip, harus ada cara tersendiri untuk menghibur si kecil agar rasa jenuhnya di dalam mobil bisa ditangani. Bagaimana caranya? Berikut cara simple yang mungkin dapat menjadi referensi Anda ketika si kecil tiba-tiba rewel ketika sedang long trip menggunakan mobil.

 

1. Membacakan buku cerita kesukaannya

Sebagian orang mungkin tidak ingat membawakan buku cerita untuk anak-anak mereka. Padahal, ini merupakan salah satu cara jitu agar anak tidak merasa bosan ketika melakukan perjalanan jauh dengan mobil.

 

Bukan hanya menghilangkan kebosanan, membacakan buku kepada anak juga dapat menambah wawasan serta daya hayal mereka tentang buku tersebut. Anak akan membayangkan apa yang dibacakan oleh orang tuanya.

 

“Anak akan suka membaca buku yang menarik minatnya, dan akan tertarik jika orang tua membacakannya dengan menarik juga,” ujar Siksta Alia, pendiri sekaligus pemilik Twinkle Little Book dan akun instagram @twinklelittlebook.

 

Tetapi, terkadang ada juga yang akan merasa pusing ketika membaca pada saat mobil berjalan karena keadaan berbeda yang diterima oleh otak. Pada satu sisi, otak akan menerima sinyal bahwa tubuh sedang bergerak seiring dengan mobil yang berjalan, dan di sisi lain sinyal yang diterima mata malah sebaliknya. Oleh karena itu, kadang kepala akan terasa pusing karena otak menerima dua sinyal yang bertabrakan.

 

Jadi, jika Anda merupakan salah satunya, lebih baik bacakan buku kepada anak ketika mobil sedang berhenti. Jadi, ketika mobil berjalan, Anda dan anak dapat bercerita tentang isi buku tersebut.

 

2. Mendengarkan musik

Beberapa waktu lalu, sempat terdengar bahwa mendengarkan musik di mobil adalah hal yang dilarang. Ternyata  itu hanya salah kaprah dan tidak tertulis pada Undang-Undang 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Kegiatan ini sah saja dilakukan selama tidak mengganggu Anda dan pengendara lainnya. Jadi, jika anak Anda tiba-tiba rewel, mungkin mendengarkan musik dapat menjadi salah satu solusi yang tepat. Putarkan saja lagu kesukaannya, siapa tahu rewelnya akan hilang.

 

Anda juga dapat bernyanyi bersama sehingga bukan hanya anak yang dapat terhibur, tetapi juga seluruh orang di dalam mobil.

 

3. Optimalkan sosial media

Siapa yang tidak punya sosial media sekarang ini, dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan kakek-nenek juga memilikinya. Ini juga menjadi suatu cara yang dipakai oleh banyak orang ketika merasa bosan saat melakukan perjalanan jauh, termasuk anak-anak.

 

Untuk itu, gunakanlah sosial media ketika anak merasa jenuh. Namun, bagaimana cara mengoptimalkan sosial media saat perjalanan jauh untuk anak? Mudah sekali, mereka dapat berfoto, menonton video, atau bahkan melakukan live report tentang keadaan jalan. Banyak loh anak-anak jaman now yang melakukannya.

 

Tapi jangan lupa, gunakanlah dengan bijak dan awasi anak Anda ketika sedang berselancar di sosial media demi kebaikannya.

 

4. Bermain games seru

Ini juga sering dilakukan oleh anak-anak ketika merasa bosan di perjalanan. Bukan hanya bermain games di gadget, Anda juga dapat membuat permainan kecil di dalam mobil seperti tebak kata, tebak lagu, dan permainan simple lainnya.

 

Selain menghilangkan kebosanan, permainan tersebut juga akan membuat Anda selalu aktif dalam berfikir sehingga rasa bosan akan tergantikan oleh permainan yang menyenangkan.

 

5. Tidur

Cara terakhir adalah tidur. Ketika merasa bosan, biasanya anak akan rewel karena mengantuk. Untuk membuatnya tidur, cara-cara di atas juga dapat dijadikan solusi, yaitu membacakan buku cerita, mendengarkan musik, atau yang lainnya. Malah kadang-kadang orang tua memiliki trik khusus untuk membuat anaknya nyaman sampai tertidur pulas.

 

Tips di atas mungkin sering Anda lakukan namun kadang lupa karena sedang fokus memperhatikan jalan. Semoga dapat membantu agar keadaan di mobil menjadi menyenangkan. Selamat berlibur! Jangan lupa untuk tetap utamakan keselamatan di jalan ya..