Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Merawat Wiper Mobil, Jangan Tunggu Sampai Getas

Fungsi utamanya menyeka kaca mobil dari air hujan, ini tips merawat wiper supaya lebih awet.

tips merawat wiper

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi Indonesia akan masuk musim hujan pada Oktober 2020. Selama musim hujan, wiper jadi komponen yang bisa memiliki fungsi krusial.

Maka dari itu, setiap pemilik mobil jangan mengabaikan perawatan wiper. Apalagi bila sering terjemur sinar matahari dan digunakan, karet wiper bisa jadi getas atau aus.

Bila sudah begitu, saat digunakan, wiper berpotensi merusak kaca depan mobil. Wiper yang karetnya getas atau aus dapat menggores kaca, mengganggu pandangan pengemudi, dan berpotensi mengakibatkan resiko berbahaya.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Cek Komponen Mobil Agar Aman di Jalan

Oleh karena itu, supaya lebih awet, berikut tips merawat wiper selengkapnya.

tips merawat wiper

Tips merawat wiper

tips merawat wiper

Selain mengikuti tips merawat wiper, agar kerjanya lebih optimal wiper dibantu oleh cairan khusus untuk wiper (washer fluid).

 

Washer fluid sudah banyak dijual di beberapa toko aksesoris mobil dengan harga yang beragam, sekitar Rp 25.000 sampai dengan Rp 70.000. Namun, ketika memilih cairan khusus wiper, kamu harus memperhatikan kualitasnya.

 

Penting untuk memastikan wiper yang kamu gunakan dapat berfungsi dengan baik. Jika wiper yang kamu gunakan tidak dapat membersihkan kaca dengan baik, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

 

Baca juga: Ternyata Sejarah Wiper Mobil Pernah Dianggap Berbahaya

 

Untuk itu, lakukan penggantian karet wiper secara berkala. Tidak hanya mengikuti tips merawat wiper, rata-rata, karet wiper dapat berusia 6 bulan.

tips merawat wiper

Poros engkol wiper juga harus dirawat untuk meminimalisir terjadinya korosi sehingga membuat wiper mobil kamu macet. Lalu, jangan lupa juga untuk membersihkan debu dan kerak yang menempel pada bagian wiper lainnya.

Salah satu ciri usia pakai wiper sudah tidak lama dan mesti diganti adalah mengeluarkan bunyi berdecit ketika dihidupkan. Hal ini akibat gesekan yang tidak sempurna antara karet wiper yang sudah getas atau aus dengan kaca.

Baca juga: Mudahnya Mengganti Wiper Mobil Sendiri di Rumah

Tidak hanya itu, wiper harus diganti apabila ketika menyeka kaca masih menyisakan air yang menempel.

Merawat wiper mobil sebenarnya tidak sulit. Mulai sekarang, yuk memperhatikan kondisi mobil dengan teliti agar usia pakai wiper lebih awet dan prima.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.