Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Rumah agar Hemat Budget

Anda memiliki rencana untuk mengecat dinding rumah? Berikut tips yang harus diperhatikan agar lebih hemat budget.

Mengecat dinding rumah merupakan hal yang seringkali dilakukan sebagian orang. Akan tetapi,  mereka kadang bingung untuk memprediksi atau menghitung kebutuhan cat dinding. Saat hendak mengecat rumah, memang bukan hal mudah untuk menghitung berapa banyak kebutuhan cat.

Aliran SatSet

Pasalnya, jika cat yang Anda beli kurang, ada kalanya kebutuhan cat yang sama tidak lagi tersedia ataupun sulit untuk didapatkan kembali. Sebaliknya, jika berlebih, tentunya akan berujung pada pemborosan. 

Dengan mengetahui kebutuhan jumlah cat dinding, Anda dapat menghindari kelebihan ataupun kekurangan cat yang berkaitan dengan pengeluaran budget. Untuk selengkapnya, yuk simak cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di bawah ini.

Baca juga: Tips Renovasi Rumah dengan Biaya yang Terbatas

Hitung luas ruangan

Sebelum menentukan banyaknya cat yang ingin dibeli, terlebih dahulu hitung kebutuhan cat dinding berdasarkan luas ruangan. Penghitungan luas ruangan sangatlah penting untuk Anda lakukan karena tidak saja hanya berpengaruh pada jumlah cat yang akan dibeli, tetapi juga lama pengerjaan yang dibutuhkan.

Rumus perhitungan cat

Setelah Anda mengetahui luas ruangan yang akan di cat, selanjutnya hitunglah kebutuhan cat dinding dengan menggunakan rumus. Penggunaan rumus bertujuan untuk mengetahui jumlah cat yang Anda butuhkan dalam proses pengecatan.

Rumus yang bisa Anda gunakan adalah dengan membagi luas dinding dengan 1 liter cat. Standar pemakaian cat kira-kira sebanyak 12 meter persegi/liter untuk setiap lapisan.

Sebagai contoh, Anda memiliki ruangan dengan besar 3 x 5 meter dan dengan tinggi 3 meter. Maka, cara menghitung kebutuhan cat yang diperlukan adalah (2 x ( 3m + 5 m)) x 3 m = 48 meter persegi. Lalu, 48 meter persegi : 12 meter persegi/liter = 4 liter.

Baca juga: Tips Mendesain Dapur Rumah yang Nyaman

Melalui rumus menghitung kebutuhan cat dinding rumah di atas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan cat untuk ruangan dengan luas 3 x 5 m adalah 4 liter untuk satu kali pelapisan cat. Maka, untuk dua kali pelapisan, diperlukan sekitar 8 liter cat, untuk tiga kali pelapisan adalah 12 liter cat, dan begitu seterusnya.

Tentukan jumlah pembelian cat

Langkah terakhir untuk menghitung kebutuhan cat ialah menentukan jumlah pembeliannya. Setelah mengetahui berapa banyak jumlah cat yang diperlukan, Anda tetap harus mengoptimalkan jumlah cat yang hendak dibeli. 

Perlu diingat, bahwa dalam proses pengecatan, pelarutan cat biasanya memerlukan tambahan air sebanyak 5 – 25 persen dari jumlah cat, tergantung kebutuhan. Saat ini tersedia beberapa varian kaleng cat dengan ukuran 2,5 liter, 5 liter, serta 20 liter.

Selain menyesuaikan jumlah cat yang diperlukan dengan ketersediaan ukuran cat yang ada di pasaran, perhatikan juga cara mengecat dinding yang benar agar tidak banyak cat yang terbuang.

Baca juga: Jangan Disepelekan Cara Mengecat Rumah, Perhatikan Hal Ini Dulu

Nah, itu dia langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperhitungkan jumlah cat yang Anda perlukan dalam proses pengecatan dinding rumah. Melalui cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di atas, diharapkan Anda bisa memaksimalkan budget dan menghindari pemborosan. Selamat mencoba!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.