Search Cars

Tips & Rekomendasi

Sensor dan Kamera Parkir Juga Perlu Dirawat, Ini Caranya

Perawatan sensor dan kamera parkir bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Untuk itu, silakan simak di bawah ini.

perawatan sensor dan kamera parkirSensor dan kamera parkir sekarang ini seakan sudah menjadi fitur standar yang disematkan di dalam mobil oleh beberapa pabrikan. Sebut saja Toyota, Isuzu, BMW, dan banyak pabrikan lainnya sudah menggunakan kedua fitur ini.

 

Biasanya, sensor dan kamera parkir berduet di belakang untuk membantu pengendara melakukan parkir mundur. Nah, karena letaknya ada di bagian bawah belakang mobil, kedua alat ini rentan terkena kotoran. Untuk itu, perlu perawatan rutin agar performanya tetap maksimal.

 

Untuk perawatannya, sensor dan kamera parkir tidak membutuhkan perlakuan khusus. Malahan, bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda cukup mengikuti beberapa tips di bawah ini agar kedua fitur tersebut terjaga dengan baik.

 

Kebersihan

Kebersihan sensor dan kamera parkir merupakan hal wajib yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil. Hal ini bertujuan agar kedua fitur tersebut dapat bekerja dengan baik, terutama sensor parkir yang bertugas untuk membaca objek terdekat dari mobil, seperti tembok, pohon, dan mobil lainnya.

 

Pastikan tidak ada kotoran atau lumpur yang menempel pada sensor dan kamera parkir, karena akan mengganggu kinerjanya. Untuk membersihkannya, ada cara tersendiri yang harus dilakukan oleh pemilik mobil.

 

Cara membersihkan sensor dan kamera parkir

Cara membersihkan sensor parkir sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan cara menyemprotkan air dan mengelapnya. Namun, usahakan tidak menggunakan semprotan air bertekanan tinggi.

 

Semprotan air yang bertekanan tinggi berpotensi merusak sistem sensor parkir. Malahan, bisa menimbulkan arus pendek ketika terkena tekanan air. Tetapi, apabila terpaksa, sebaiknya jangan menyemprotkan air terlalu lama.

 

Sedangkan untuk kamera parkir, Anda cukup mengelapnya dengan kain yang lembut dan bersih agar tidak menimbulkan baret pada lensanya. Anda dapat menggunakan kain yang terbuat dari mikro fiber untuk membersihkannya.

 

Jangan dicat

Mungkin ini sering terlupakan oleh pemilik mobil saat sedang mengecat ulang atau mengoreksi cat yang rusak. Saat melakukannya, pemilik tidak sadar bahwa sensor parkir juga ikut dicat, padahal itu dapat mengganggu kinerjanya.

 

Sensor parkir memiliki gelombang ultrasonik dalam melakukan peranannya. Jika sensor dicat, dikhawatirkan akan merusak mekanisme gelombang itu dan sensor tidak dapat bekerja maksimal saat membantu pengemudi parkir.

 

Sensor dan kamera parkir memang sangat membantu pengemudi saat melakukan parkir, apalagi parkir mundur yang kadang sulit dilakukan oleh pengemudi baru. Tetapi, selain kedua fitur tersebut, ada beberapa fitur lainnya yang dapat membantu Anda ketika parkir.

Kaca spion misalnya, fitur klasik namun sangat membantu saat sedang parkir. Selain berguna untuk melihat kendaraan yang berada di samping dan belakang ketika berkendara, kaca spion juga sangat dibutuhkan ketika sedang memarkirkan mobil.

 

Terlebih di parkiran yang sempit, Anda harus memastikan di sekeliling Anda aman agar mobil tidak menyenggol mobil lain atau benda lainnya.

 

Namun, ketika melihat kaca spion, jangan lupa untuk selalu konsentrasi dalam berkendara. Jangan sampai Anda hanya terfokus pada kaca spion saja dan meninggalkan sisi mobil yang lainnya.

 

Alat bantu parkir lainnya adalah fitur yang terdapat di All-new BMW 740Li, yaitu Remote Control Parking. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk memarkirkan kendaraan mereka tanpa harus menyentuh kemudi.

 

Pengendara hanya perlu memajukan dan memundurkan mobil mereka menggunakan remote control tanpa harus berada di dalam mobil. Sangat cocok digunakan jika Anda ingin parkir di lahan yang sempit, dimana Anda akan kesulitan ketika membuka pintu mobil.

Selain fitur yang terdapat pada mobil, Anda juga dapat menggunakan bantuan garis pembatas parkir untuk membantu mengatur posisi mobil. Garis pembatas juga berperan dalam menjaga jarak aman mobil Anda dengan mobil lainnya agar tidak bersenggolan.

 

Lalu, Anda tidak perlu menerka-nerka luas area parkir jika sudah terdapat garis pembatas, karena area parkir tersebut pasti muat untuk mobil Anda.

 

Itulah beberapa tips untuk membersihkan sensor dan kamera parkir, serta beberapa alat yang dapat membantu Anda ketika memarkirkan mobil.

 

Dengan adanya alat-alat di atas, memarkirkan mobil pastinya akan lebih mudah. Tetapi, tetap harus fokus ya, jangan sampai kendaraan Anda menyenggol objek lainnya karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.