Sejarah Toyota Land Cruiser dan Serinya yang Melegenda

By Arris Riehady - September 8, 2020

Kekar, macho, sangar, cocok untuk menggambarkan mobil Toyota yang satu ini. Nah, lengkapnya berikut sejarah Toyota Land Cruiser yang melegenda.

Sejarah Toyota Land Cruiser

Sejarah Toyota Land Cruiser lahir dari prototipenya yang dikembangkan sejak tahun 1951 oleh Toyota Motor Corporation di Jepang.

Lalu, pada tahun 1954, nama Land Cruiser mulai dikenalkan Toyota secara resmi dan langsung memiliki kompetitor di Inggris dengan nama Land Rover. Keduanya terus berkompetisi dengan produk mobil SUV tangguh hingga saat ini.

Seiring sejarah, Toyota Land Cruiser pun memiliki kembaran, yakni Lexus LX sejak tahun 1996.

Sejarah Toyota Land Cruiser

Seri Toyota Land Cruiser

Sejarah Toyota Land Cruiser menggambarkan banyaknya seri dan perkembangan yang ada di mobil ini. Pada tahun 1951-1955 seri Toyota Land Cruiser di awal kemunculannya dikenal sebagai BJ dan FJ.

Baca juga: Sejarah “Mobil Penculik” yang Melegenda di Indonesia

Test driver Toyota, Ichiro Taira, pernah mengendarai Toyota Land Cruirer sampai ke tingkat keenam Gunung Fuji atau setinggi 3.775 meter, dan menjadi mobil pertama yang berhasil sampai tingkat ini.

Test drive tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat Land Cruiser saat itu akan digunakan untuk kendaraan dalam perang,

Melihat ketangguhannya, Amerika Serikat memesan langsung 100 unit mobil ini untuk Perang Korea pada pihak Toyota dan mengganti namanya dengan Toyota Jeep BJ.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!