Sejarah dan Cara Kerja Mesin Turbo Pada Mobil-mobil Modern

By Arris Riehady - Juni 11, 2021

Banyak mobil modern dilengkapi dengan teknologi ini, lalu bagaimana cara kerja mesin turbo dan bagaimana sejarah penggunaannya?

cara kerja mesin turbo

Cara kerja mesin turbo atau yang juga sering disebut dengan turbocharge sejatinya adalah untuk mendongkrak performa mesin, namun tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar minyak dan emisi gas buang.

Secara teknis, tenaga mesin dapat meningkat, sejalan dengan risiko meningkatnya asupan bahan bakar minyak.

Baca juga: Tips Perawatan Mesin Turbo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Adanya aplikasi teknologi forced induction pada turbo, membuat mesin dengan kapasitas yang lebih kecil sanggup untuk menghasilkan kinerja setara mesin normally aspirated (NA) dengan kubikasi lebih besar.

Contohnya adalah Toyota New Yaris. Mesin yang digunakan berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.500 cc (NA) empat silinder bertenaga 106 ps dan torsi 140 Nm.

Sementara pada Toyota Raize menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.000 cc tiga silinder berkode L1KR-VET dengan pasokan tenaga 98 ps dan torsi 140 Nm.

Baca juga: Beda Harga dan Varian Toyota Raize, Gak Sampai Rp 300 Juta!

Meski terdapat perbedaan besaran kubikasi, torsi dari mesin turbo yang lebih kecil sama dengan mesin dengan NA dengan kubikasi yang lebih besar.

cara kerja mesin turbo

Sejarah mesin turbo

Awalnya, teknologi turbo merupakan sebuah usaha untuk memecahkan masalah kehilangan tenaga atau stall pada mesin pesawat konvensional dan terbukti mampu menjalankan misinya di awal era 1900-an.

Baca juga: Fitur Toyota Safety Sense, Bikin Berkendara Makin Aman

Turbo mendorong pabrikan aviasi untuk melengkapi pesawat-pesawat tempur di masa Perang Dunia II dengan turbocharge agar berhasil terbang lebih cepat dan efisien.

Tidak hanya di dunia penerbangan, mesin turbo juga diaplikasikan oleh industri mesin kapal laut dan kereta api di 1920-an.

Mesin turbo di masa awal penemuan masih berukuran jumbo dan dipasang di mesin-mesin besar, misalnya mesin pesawat terbang. Ketika itu, ukuran turbo dinilai tidak praktis bila diaplikasikan ke mesin mobil.

Baca juga: Seluruh Varian dan Harga Daihatsu Rocky di Indonesia

Seiring perkembangan teknologi, ukuran turbo akhirnya berevolusi menjadi lebih ringkas sehingga dapat diaplikasikan pada mesin mobil, bahkan menjadi salah satu idola untuk meningkatkan performa secara instan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!