Search Cars

Tips & Rekomendasi

Puncak Arus Mudik Lebaran 2023, Apa Saja yang Disiapkan Bila Terjebak Macet?

Macet bikin lelah dan mood turun. Siapkan beberapa hal ini agar kamu lebih siap menghadapi kemacetan saat puncak arus mudik nanti.

puncak arus mudik

Puncak arus mudik pada hari raya Idul Fitri 2023 ini diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan, pada puncak arus mudik nanti, akan ada pergerakan masyarakat sebanyak 123,8 juta. 

Jika dibandingkan dengan jumlah pemudik Lebaran 2022, jumlah ini meningkat dari angka 85,5 juta pemudik atau naik sekitar 14,2 persen. 

Pergerakan terbesar sudah bisa diperkirakan juga akan terjadi di jalur Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera dan Pelabuhan Merak. Di sini jugalah nantinya titik macet jalur mudik akan terjadi. 

Puncak arus mudik

lalu lintas arus mudik

Melihat tingginya potensi pergerakan masyarakat pada puncak arus mudik Lebaran 2023, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan menyiapkan sejumlah langkah antisipasi. 

Baca juga: Cegah Macet Mudik Jalan Tol Sebaiknya Pakai Sistem Terbuka, Apa Maksudnya?

Di antaranya, menyiapkan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, dan manajemen rekayasa lalu lintas, dan beberapa kebijakan lainnya.

Tujuannya tentu saja agar para pemudik bisa melakukan perjalanan mudik dengan nyaman. Khususnya mereka yang melalui titik macet jalur mudik seperti Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera dan Pelabuhan Merak. 

“Agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali,” kata Budi mengutip siaran persnya (7/3).

macet tol trans jawa

Berikut ini beberapa prediksi puncak arus mudik dan puncak arus balik Lebaran 2023 dari beberapa pihak: 

Baca juga: Waspada Saat Mudik, Ini 5 Jalan Tol dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

  • Kemenhub memprediksi puncak arus mudik terjadi H-1 atau 21 April 2023 dengan pergerakan masyarakat ylsebesar 14,3 persen atau 17,7 juta orang. 
  • Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik berlangsung sepanjang tanggal 18-21 April 2023. Sementara untuk puncak arus balik, terjadi pada 25 April 2023. 
  • Mabes Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 terjadi pada 19 hingga 21 April 2023. Sementara untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi dua kali. Yakni, pada 24 April hingga 25 April 2023, dan 29 April hingga 1 Mei 2023. 
  • Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik tanggal 19 April 2023.

Persiapan jika terjebak titik macet jalur mudik

jadwal imsakiyah

Baik kamu mudik menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, disarankan untuk menyiapkan beberapa hal ini:  

Baca juga: Barang yang Harus Dibawa Dalam Mobil Ketika Mudik dengan Anak Balita

  1. Bekal berbuka saat mudik

Mengingat kamu melakukan perjalanan mudik saat bulan Ramadan, maka ada baiknya juga menyiapkan bekal makanan dan minuman untuk membatalkan puasa. Ini sekaligus untuk berjaga berjaga-jaga bila kamu terkena macet di jalan dan sulit menemukan rumah makan atau rest area

  1. Obat-obatan pribadi

Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi juga obat yang mendukung perjalanan kamu, seperti obat pusing, mual atau antimabuk. 

  1. Bawa buku

Baca buku/novel bisa jadi pengusir bosan. Kalau menurutmu bawa buku fisik itu ribet, unduh beberapa judul buku/novel online saja. 

  1. MP3 player

Siapkan list lagu yang banyak di MP3 Player atau smartphone-mu. Mendengarkan musik merupakan cara paling jitu mengusir bosan dan meningkatkan mood

  1. Game

Kamu pasti punya game favorit, kan? Mainkan itu saja saat jenuh menghadapi kemacetan panjang. Ingat untuk memainkannya di tempat aman seperti tempat parkir rest area. Lumayan bisa bantu menghilangkan stres selama perjalanan.

  1. Istirahat di puncak arus mudik

Kalau semua cara di atas tak berhasil mengatasi rasa bosan saat terjebak macet, pinggirkan kendaraanmu dan cobalah beristirahat. Meski lebih banyak diam, tapi menghadapi kemacetan itu melelahkan, loh. Semoga dengan beristirahat sejenak, tubuh dan pikiranmu bisa kembali segar dan siap melanjutkan perjalanan.

Astra Siaga Lebaran 2023 di jalur mudik Lebaran

lokasi Astra Siaga Lebaran

Cek Astra Siaga Lebaran 2023 di jalur yang kamu lewati untuk perjalan mudik, khususnya yang berada di jalur Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, Pelabuhan Merak. 

Baca juga: Isi Saldo E-Toll lewat Smartphone untuk Mudik Sangat Mudah, Bagaimana Caranya?

Astra Siaga Lebaran menyediakan beberapa fasilitas, seperti Pos Siaga Astra, Bale Santai Honda (beroperasi 19-26 April 2023), AHASS Siaga dan AHASS Jaga.

Kamu bisa memanfaatkan booth Astra Siaga Lebaran 2023 ini untuk beristirahat, menikmati camilan dan minuman gratis, mushola, safety check sepeda motor atau mobil gratis, penjualan unit motor atau mobil bekas, diskon suku cadang, aksesori dan apparel, serta fasilitas lainnya. 

Selamat mempersiapkan mudik. Perhatikan rute perjalanan mudikmu, dan beristirahatlah di posko Astra Siaga Lebaran agar stamina terjaga dan kondisi kendaraan tetap prima.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.