Search Cars

Berita Utama Otomotif

Presiden Jokowi Menggunakan Mobil Antipeluru di KTT G20, Ini Spesifikasinya

Batas kecepatan kendaraan di jalan tol perlu dipahami semua pengendara untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Berapa idealnya?

mobil antipeluru

Mobil antipeluru akan dipakai oleh Presiden Jokowi dalam KTT G20 India yang digelar di Bharat Mandapam. Acara tersebut akan diselenggarakan mulai dari tanggal 8 sampai 10  September 2023.

Setibanya di India, Presiden Jokowi langsung menggunakan mobil ini sebagai kendaraan operasional selama pelaksanaan KTT. Diketahui mobil yang akan dipakai Presiden Jokowi adalah mobil antipeluru merek Audi A8 L Security.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga pernah menggunakan mobil tersebut pada KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Brussels, Belgia pada Desember 2022.

Spesifikasi mobil antipeluru Audi A8 L Security

mobil antipeluru

Mobil antipeluru Audi A8 L Security sendiri diluncurkan di Rusia 2022 lalu untuk model terbarunya. Mobil ini kerap digunakan sebagai kendaraan operasional kepala negara.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Dengan begitu, Audi A8 L Security tentunya dilengkapi spesifikasi tinggi dengan tingkat keamanan yang tinggi pula.

Audi A8 L Security dikenal mampu menahan terjangan proyektil senapan AK-47 dan dilengkapi sertifikasi perlindungan balistik VR9. Mobil ini juga diklaim tahan serangan granat dan ranjau darat. 

Memiliki sistem pemadam kebakaran

audi A8L

Audi A8 L Security memiliki sistem pemadam kebakaran dengan nozel di kompartemen mesin, tangki bahan bakar, bagian bawah bodi mobil, serta velg. Sistem udara segar darurat juga tersedia agar penumpang dapat bernapas saat ada kejadian tak terduga.

Baca juga: Alasan Mengapa Daihatsu Sirion Layak Jadi Pilihan Mobil Keluarga

Audi A8 L juga memiliki sistem piroteknik yang bisa berfungsi untuk memisahkan engsel pintu. Fungsinya bisa digunakan penumpang jika terjebak di dalam kabin.

Mobil ini memakai velg 20 inci dengan ban run flat tyre, sehingga mobil tetap bisa melaju hingga jarak 80 kilometer. Namun hanya bisa pada kecepatan 80 kilometer per jam saat ban kempes atau bocor.

Performa Audi A8 L Security

audi A8L

Tangki bahan bakar diperlakukan dengan bahan khusus yang dapat tersegel otomatis jika terjadi penembakan. Ada pula pelindung khusus untuk part baterai dan elektronik intercom.

Audi A8 L Security memiliki bobot 3,9 sampai 4,2 ton. Akselerasi 0-100 kilometer per jam mampu ditempuh dalam waktu 6,3 detik. Sementara kecepatan tertingginya hingga 210 km/jam dengan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter.

3 Mobil antipeluru

Selain Audi A8L Security, ada beberapa jenis mobil antipeluru lainnya yang bisa ditemukan saat ini. Beberapa contohnya adalah: 

1. Mobil antipeluru Dartz Combat T98 SUV 

Dartz Combat T98 adalah mobil garapan Rusia dengan desain kokoh serta dilengkapi berbagai fitur canggih. Ini menjadi salah satu mobil SUV ternyaman dengan tingkat keamanan tertinggi yang pernah diciptakan.

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Untuk performa, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga dengan kecepatan 177 kilometer per jam. Kacanya memiliki ketebalan hingga 3 inci, dengan begitu mobil ini sangat aman karena bisa peluru sulit menembusnya. 

2. Maybach 62 

mobil antipeluru maybach 62

Maybach 62 merupakan sedan super mewah yang tampilannya tidak seperti mobil-mobil antipeluru lainnya. Penampilannya seperti kendaraan perang dan menggunakan mesin V12 AMG yang menghasilkan top speed hingga 250 kilometer per jam.

Baca juga: Perbedaan Antara Mesin Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

Maybach 62 ini mampu dikendarai dengan kecepatan 0-100 kilometer per jam dalam waktu 5-7 detik.

3. Bentley Flying Spur 

Mobil ini sangat cocok bagi yang ingin tampil mewah dengan tingkat keamanan tinggi. 
Ini karena terdapat lapisan baja balistik B6 yang membuatnya sebagai mobil antipeluru. 

Walaupun sebagai mobil antipeluru, mobil ini memiliki desain yang mewah dan bagian sisinya terlihat elegan. Di bagian kabin, mobil tersebut juga dilengkapi teknologi suplai oksigen agar pengguna dapat menghirup udara segar di dalamnya. 

Bagaimana, canggih-canggih bukan mobil tersebut?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.