mesin mobil bensin

Perbedaan Antara Mesin Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

mesin mobil bensin

Mesin mobil bensin atau jenis lain, penting disesuaikan dengan kebutuhan untuk menunjang aktivitas hari-hari penting memiliki mobil idaman yang tepat. 

Saat ini, mesin mobil dengan bensin dan diesel masih menjadi 2 tipe mobil yang paling banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat.

Mesin mobil bensin, diesel, dan hybrid merupakan tiga jenis mesin yang umum digunakan dalam kendaraan saat ini. Berikut adalah perbedaan mendasar antara ketiganya untuk dikenal lebih jauh.

Mesin mobil bensin

bensin

Mesin mobil bensin menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama. Mobil jenis ini adalah mobil dengan jenis yang paling banyak beredar di pasaran.

Baca juga: Kulik Lengkap Fitur Keamanan All New Terios, SUV Idaman Keluarga

Mesin bensin bekerja dengan prinsip pembakaran internal, di mana campuran udara dan bensin dihisap ke ruang bakar, dikompresi oleh piston, dan kemudian diapikan oleh busi pengapian. Proses ini menghasilkan tenaga yang menggerakkan mobil.

Mesin bensin biasanya lebih mudah dalam hal perawatan dan memiliki akselerasi yang baik di kecepatan tinggi.

Sayangnya, mesin bensin cenderung lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan mesin diesel, terutama pada penggunaan di dalam kota. Mobil jenis ini juga salah satu penyumbang emisi dan tidak ramah lingkungan,

Mesin mobil diesel

diesel

Sesuai dengan namanya, mobil diesel menggunakan solar sebagai bahan bakar utama, sedangkan mesin bensin menggunakan bensin.

Baca juga: Jumlah Pelanggaran Rambu Lalu Lintas Operasi Patuh Jaya Tembus 15 Ribu

Mesin diesel bekerja dengan prinsip kompresi pembakaran, di mana udara dihisap ke dalam ruang bakar yang dikompresi oleh piston. Setelah itu, bahan bakar diesel disemprotkan ke dalam ruang bakar. 

Tekanan dan panas tinggi ini, akan menyebabkan bahan bakar diesel terbakar dengan sendirinya. Hasil pembakaran ini menghasilkan tenaga yang menggerakkan mobil.

Mesin diesel memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan mesin bensin. Mobil bermesin ini juga menghasilkan torsi lebih tinggi, yang berguna untuk akselerasi dan penggunaan daya pada kendaraan komersial.

Kekurangannya, mesin diesel cenderung lebih berat dan lebih mahal dalam hal perawatan. Mobil diesel juga umumnya memiliki akselerasi yang kurang baik pada kecepatan tinggi.

Mesin mobil hybrid

mesin innova zenix

Mobil listrik boleh jadi menjadi tren masa depan. Namun untuk menuju ke sana masih ada kendala yang jauh salah satunya komponen yang mahal.

Baca juga: Toyota Alphard Generasi Baru Diperkenalkan, Kapan Diluncurkan di Indonesia?

Untuk menuju ke sana maka hadir mobil hybrid sebagai penghubung proses transisi tersebut. Mobil hybrid merupakan mobil yang menggunakan kombinasi BBM dengan motor listrik.

Selain mobil hybrid, ada juga PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang beredar di pasaran. Mobil hybrid dilengkapi dengan mesin bensin konvensional dan motor listrik.

Mesin hybrid bekerja dengan beroperasi dalam beberapa mode, seperti mode listrik murni, mode bensin murni, atau mode kombinasi. 

Baca juga: PLN Siapkan Strategi Ubah Tiang Listrik Jadi SPKLU, Kapan Dilaksanakan?

Saat berjalan pada mode listrik, mobil menggunakan tenaga yang disimpan dalam baterai untuk menggerakkan motor listrik. Ketika lebih banyak daya diperlukan, misalnya saat akselerasi cepat, mesin bensin akan menyala dan membantu memberikan daya tambahan.

innova zenix varian Q

Mesin hybrid memiliki kelebihan dalam urusan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, terutama pada kondisi berhenti-start yang sering terjadi di lalu lintas perkotaan. 

Mobil ini tentunya mengurangi emisi gas rumah kaca dan dapat memberikan kinerja yang baik dengan kombinasi tenaga dari mesin bensin dan motor listrik.

Baca juga: Mewah Berkelas, Ini deretan Mobil Lexus yang Mengaspal di Indonesia

Sisi lemahnya ialah, mobil hybrid cenderung lebih mahal daripada mobil dengan mesin konvensional. Selain itu, perawatan mobil hybrid mungkin memerlukan penanganan khusus dan baterai hybrid memiliki umur pakai yang terbatas.

Perlu dicatat bahwa teknologi mobil terus berkembang, dan terdapat varian lain seperti mobil listrik murni (EV) yang menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga utama.

Jadi, kamu lebih tertarik menggunakan jenis mesin mobil apa?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *