Search Cars

Baru

Mobil Konsep Daihatsu Vizion-F Diperkenalkan di Ajang GIIAS 2023

Futuristik, itu kesan pertama saat melihat mobil konsep Daihatsu Vizion-F yang dipamerkan di GIIAS 2023. Begini penampakannya.

mobil konsep daihatsu

Mobil konsep Daihatsu zero emmision Vizion-F untuk pertama kalinya dikenalkan Astra Daihatsu Motor (ADM) di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, ICE BSC, Tangerang, Kamis (10/8).

Kehadiran mobil konsep Daihatsu ini merupakan salah satu ilustrasi kendaraan listrik masa depan andalan Daihatsu, yaitu Gran Max, yang bergerak di segmen komersil dan logistik.

Mobil listrik konsep Daihatsu VIZION-F merupakan mobil konsep BEV (Battery Electric Vehicle) yang dapat menjadi solusi mobilitas baru dalam beragam aktivitas penggunaan. Mobil istrik konsep VIZION-F ini sekaligus menunjukkan kapabilitas R&D Daihatsu Indonesia dalam melakukan pengembangan konsep mobil listrik sesuai dengan strategi utama Dari Indonesia Untuk Indonesia,” kata Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Yasushi Kyoda saat membuka booth Daihatsu di GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang.

Pengembangan mobil konsep Daihatsu

mobil listrik daihatsu

Mobil konsep Daihatsu Vizion-F mengambil basis platform GranMax yang dikonversikan dari ICE (Internal Combustion Engine) ke EV (Electric Vehicle). ICE adalah mesin kendaraan dengan bahan bakar minyak, seperti yang umumnya digunakan sebelum beralih ke mesin listrik.

Baca juga: GIIAS 2023 Dibuka Secara Resmi, Diharapkan Bisa Catat Transaksi Lebih Besar

Secara keseluruhan, konsep desain Vizion-F adalah Vision, Zero Emission, Futuristic, Functional, Fun dan Friendly. Ini bukti bahwa Daihatsu serius dalam menggapai zero emmision, yakni dengan mengembangkan solusi mobilitas masa depan yang ramah lingkungan.

Sama seperti Grand Max, mobil konsep Daihatsu ini juga cocok digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti unit rescue, truk makanan, mobil kemping (camper van), kendaraan dinas atau  operasional, juga kendaraan logistik atau komersil lainnya. Benar-benar kendaraan yang bisa diandalkan dalam berbagai kebutuhan.

Dari kendaraan penyelamat (rescue) dengan baterai darurat hingga truk makanan bergerak tanpa genset (food truck), mobil ini mempertegas perannya sebagai pemimpin dalam revolusi mobilitas.

Desain mobil konsep modern dan futuristik

mobil konsep daihatsu

Keunikan dari tampilan mobil ini adalah desainnya, yang mana merupakan rancangan kolaborasi dari PT ADM dan Daihatsu Motor Company Jepang.

Baca juga: Yuk Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Membeli Mobil Listrik!

Secara keseluruhan bodi Vizion-F tampil klimis, minim lekukan. Bahkan gagang pintunya saja tertanam di pintu, di mana untuk membukanya perlu mengandalkan sensor sentuh. 

Desain bumper digital bisa menampilkan tulisan, terkesan Stylish dan Futuristic. Tak ada lubang grill di depan yang umumnya digunakan sebagai jalur masuk udara ke area mesin. Wajahnya juga sangat minimalis dengan lampu besar LED yang mengapit lis kecil bertuliskan Vizion-F.

Bagian interior ini juga tak kalah memukau, dengan dasbor digital dan layar sentuh 15,6 inci yang modern. Kesan futuristik juga nampak di pintu belakang yang dilengkapi layar digital, ditambah desain velg 16 inch yang modern.

Baca juga: Velg Mobil Retak di Bagian Palang, Mengapa Sulit untuk Diperbaiki?

Masuk ke bagian mesin, Vizion-F dibekali dengan motor listrik 35 kW dan baterai 28 kWh. Mobil ini mampu menjelajah 200 kilometer dan kecepatan puncaknya adalah 100 kilometer per jam.

Untuk pengisian baterai dari 0-100 persen, mobil konsep Daihatsu ini butuh waktu sekitar 9 jam menggunakan pengisian daya normal, sementara pengisian daya cepat cukup 1 jam saja.

Elektrifikasi Daihatsu

Daihatsu Ayla EV

Daihatsu Vizion-F ini dikenalkan setelah sebelumnya memamerkan Ayla EV di GIIAS tahun lalu. Berbeda dengan Ayla EV yang merupakan mobil penumpang, Vizion-F menunjukkan ADM mulai berpikir serius mengelektrifikasi mobil komersil dan logistik.

Baca juga: Fitur Unggulan dalam Mobil Listrik Murah di Indonesia

Mobil listrik komersil pabrikan yang sudah dijual saat ini adalah DFSK Gelora E dan Esemka Bima EV. Pada akhir tahun ini Mitsubishi juga akan memproduksi Minicab-MiEV yang bakal menjadi mobil listrik komersil merek Jepang pertama yang dijual dan diproduksi di dalam negeri.

Hmm, sepertinya mereka semua harus bersiap-siap nih dengan kehadiran kompetitor barunya dari Daihatsu.

Yuk, yang penasaran dengan penampilan mobil konsep Daihatsu Vizion-F, jangan lupa datang ke GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang. Pameran ini masih berlangsung sampai 20 Agustus nanti, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.