velg mobil retak

Velg Mobil Retak di Bagian Palang, Mengapa Sulit untuk Diperbaiki?

velg mobil retak

Velg mobil retak biasanya disebabkan oleh Jalan berlubang bisa membuat berbagai kerusakan pada komponen mobil. Jalan berlubang akibat kontur yang berat sangat mungkin memperbesar risiko terhadap velg mobil retak, apalagi jika menyasar di bagian palang.

Apabila terjadi daya benturan yang diterima amat keras, bukan tidak mungkin bisa membuat velg mobil retak. Palang velg merupakan penyangga utama kekuatan velg yang meskipun bisa diperbaiki tentunya tidak akan pulih dengan sempurna. 

Faktor penyebab velg mobil retak di bagian palang

Velg mobil retak biasanya terjadi karena adanya benturan keras. Namun, ada faktor lain yang bisa jadi penyebabnya seperti berikut ini: 

1. Menerima beban berlebihan

Beban berlebihan yang diterima mobil juga menjadi menjalar ke velg. Oleh karena itu amat tidak disarankan menumpang beban yang melebihi kapasitas maksimum yang diizinkan oleh produsen, karena dapat menyebabkan retak pada bagian palang velg.

2. Umur velg mobil yang usang 

Velg mobil juga memiliki jangka waktu pemakaian karena seiring berjalannya usia, velg mobil akan mengalami penurunan kualitas dan ketahanan. 

Baca juga: Pertalite Dibatasi Rp200 Ribu Sehari, Sudah Daftar MyPertamina Belum?

Jika velg mobil sudah tua dan sering terkena beban berlebihan atau guncangan yang keras, kemungkinan besar bagian palang velg akan mengalami retak.

3. Kualitas bahan yang buruk

Pelek mobil yang terbuat dari komponen bahan yang buruk, seperti baja yang berkualitas rendah, besar kemungkinan bagian palang akan mudah mengalami retak.

Jika kamu mengalami masalah pada bagian palang pada pelek mobil yang retak, sebaiknya segera membawanya ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Baca juga: Jika Ingin Lapor Jalan Rusak, Masyarakat Bisa Langsung Hubungi Kemana?

Jangan mengabaikan masalah ini karena retak pada velg mobil dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mobil dan dapat membahayakan keselamatan saat berkendara.

Tips melakukan perbaikan

Jika mengalami masalah dengan velg mobil yang retak pada bagian palang, berikut adalah beberapa tips untuk memperbaikinya:

1. Periksa tingkat kerusakan

Periksa tingkat kerusakannya, apakah hanya retak kecil atau besar. Ini perlu diingat bahwa jika kerusakan yang retak kecil biasanya masih bisa diperbaiki dengan cara pengelasan.

Baca juga: Toyota New Yaris 2023 Tampil Lebih Sporty, Cocok Bagi yang Berjiwa Muda

Namun, jika kerusakan sudah parah dan terlalu besar, siapkan kondisi terburuk untuk mengganti velg mobil tersebut.

2. Bawa ke bengkel terpercaya

Hindari memperbaiki velg mobil yang retak sendiri karena bisa membahayakan keselamatan saat berkendara. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel atau toko aksesoris mobil yang terpercaya untuk segera diperiksa jasa profesional.

3. Pilih jasa perbaikan berkualitas

Pilih jasa perbaikan yang berkualitas dan memiliki pengalaman dalam memperbaiki pelek mobil yang retak. Pastikan teknisi yang menangani mobil sudah terlatih dan memiliki pengalaman dalam memperbaiki kerusakan velg mobil.

4. Pilih material pengelasan yang tepat

Jika mengalami retak pada bagian palang, teknisi akan melakukan proses pengelasan untuk memperbaikinya. Pastikan juga material pengelasan yang digunakan sesuai dengan jenis material velg mobil.

5. Cek ulang

Setelah velg mobil diperbaiki, lakukan pengujian ulang untuk memastikan kerusakan pada velg sudah benar-benar diperbaiki. Lakukan pengujian dengan cara memutar velg mobil dalam kecepatan rendah. 

Baca juga: Efek Kerusakan Mesin Diesel Diisi Bensin, Berapa Biaya Servisnya?

Perlu diingat bahwa memperbaiki pelek mobil yang retak pada bagian palang tidaklah mudah. 

Oleh karena itu, sebaiknya menghindari memperbaiki velg mobil sendiri dan mempercayakan perbaikan pada teknisi yang terpercaya dan berkualitas ya. 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *