simulasi kredit mobil, hitung angsuran mobil, bunga kredit mobil, cicilan mobil, simulasi kredit mobil online, tips kredit mobil, pengajuan kredit mobil.

Mau Kredit, Kenali dulu Perbedaan Bunga Flat dan Bunga Efektif

bunga flat

Bunga flat dan bunga efektif merupakan jenis metode penghitungan suku bunga dalam pengajuan kredit atau pinjaman. Perbedaan antara kedua bunga ini adalah jumlah nilai angsuran per bulan yang harus dibayarkan. 

Selain jumlah nilai angsuran per bulannya, kegunaan antara dua jenis bunga ini juga tentunya akan berbeda-beda. Sebagai contoh, bunga flat biasanya digunakan untuk kredit dengan tenor yang pendek. 

Misalnya saja seperti kredit peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, kredit kendaraan bermotor, atau kredit tanpa agunan (KTA). berbeda dengan bunga efektif, biasanya digunakan untuk pinjaman atau kredit jangka waktu lama seperti kredit pemilikan rumah (KPR).

Apa itu bunga efektif?

Bunga efektif adalah perhitungan suku bunga yang mengacu pada sisa utang milik debitur. Dengan begitu, jumlah uang yang harus disetorkan oleh debitur setiap bulannya tentu akan berbeda. 

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan yang Gajinya Bisa Buat Beli Mobil Impian

Namun perlu diketahui bahwa yang berbeda hanyalah jumlah setoran bunganya saja. Sedangkan besaran angsurannya tentu akan tetap sama saja tetapi nilai bunga yang harus dibayarkan debitur setiap bulannya akan semakin kecil atau menurun. 

Prinsip dari bunga efektif yaitu cicilan pokok per bulannya tetap sama. Akan tetapi bunga per bulan dihitung dari sisa cicilan yang belum dibayarkan dan akan turun seiring dengan sisa tenor kredit.

Berbeda dengan bunga flat, bunga efektif umumnya digunakan untuk jenis pinjaman jangka panjang dengan nominal pinjaman yang cukup besar. Misalnya saja, Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Apa itu bunga flat

Sebutan lain dari bunga flat adalah bunga tetap. Ini merupakan perhitungan suku bunga dengan besaran yang didasarkan pada pokok utang awal. Secara sederhana, untuk menghitung bunga flat adalah jumlah awal pokok pinjaman dibagi berdasarkan jumlah tenor kreditnya. 

Baca juga: Dunia Terancam Resesi, Ini Cara Berinvestasi Bagi Pemula

Biasanya para debitur lebih memilih bunga flat karena karena perhitungannya yang mudah dan sangat sederhana. Bahkan nasabah dapat mengetahui berapa besaran cicilan yang harus mereka bayarkan dari awal hingga akhir.

Hitungan yang sederhana ini tentunya bisa lebih memudahkan debitur. Debitur bisa menyiapkan sejumlah uang dengan nominal yang sama setiap bulannya untuk membayar cicilan pinjaman.

Namun, perlu diketahui bahwa semakin lama tenor pinjaman maka semakin besar pula jumlah uang yang dibayarkan. Metode bunga flat ini sangatlah cocok jika ingin melakukan kredit kendaraan bermotor. 

Beli mobil di SEVA

Jika ingin membeli mobil secara kredit, pilih tempat yang terpercaya dan bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Harganya Naik-Turun, Kapan Waktu Investasi Emas yang Tepat?

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang #JelasDariAwal

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *