Search Cars

Berita Utama Otomotif

Kapan dan Bagaimana Menggunakan Lampu Hazard di Tol dengan Tepat

Kapan dan Bagaimana Menggunakan Lampu Hazard di Tol dengan Tepat

Kapan dan Bagaimana – Mengemudi di jalan tol yang lenggang memang menyenangkan. Namun, kecepatan tinggi dan lalu lintas yang padat juga menuntut kewaspadaan ekstra. Salah satunya adalah dengan menggunakan lampu secara tepat. Lampu hazard, dengan kedipan bergantian pada lampu sein kanan dan kiri, sering kali di salahartikan fungsinya oleh pengemudi. Mari pelajari kapan dan bagaimana cara menggunakan lampu hazard di tol dengan tepat agar kamu bisa berkendara aman dan tidak membingungkan pengemudi lain.

Fungsi Utama Lampu Hazard

Lampu hazard sebenarnya adalah tanda bahaya universal yang di gunakan untuk memberi tahu pengendara lain tentang kondisi darurat pada kendaraanmu. Kondisi darurat ini meliputi:

  • Mobil mogok: Jika mobilmu mogok di bahu jalan tol, nyalakan lampu hazard untuk memberi peringatan kepada kendaraan lain agar waspada dan menghindar.
  • Ganti ban: Ketika kamu harus mengganti ban mobil di bahu jalan tol, lampu hazard wajib di nyalakan sebagai tanda peringatan.
  • Kecelakaan: Saat terjadi kecelakaan di depanmu atau kamu terlibat kecelakaan sendiri, lampu hazard harus langsung di nyalakan.

Bukan untuk Semua Kondisi

Meskipun berfungsi sebagai tanda bahaya, lampu hazard tidak boleh di nyalakan sembarangan di jalan tol. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering di lakukan pengemudi:

  • Menggunakan lampu hazard saat hujan deras: Hujan deras memang membatasi jarak pandang. Namun, menyalakan lampu hazard dalam kondisi ini justru dapat membingungkan pengemudi lain. Sebaiknya nyalakan lampu depan dan lampu kabut untuk meningkatkan visibilitas.
  • Menggunakan lampu hazard saat ingin mendadak pindah jalur: Lampu hazard bukan pengganti lampu sein. Jika kamu ingin berpindah jalur, nyalakan lampu sein sesuai arah yang ingin di tuju minimal 3 detik sebelumnya.
  • Menggunakan lampu hazard saat jalanan macet: Macet di jalan tol memang menjengkelkan. Namun, menyalakan lampu hazard tidak akan membuat kemacetan berkurang. Lampu hazard hanya di gunakan untuk kondisi darurat seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

Penggunaan Lampu Hazard yang Tepat di Tol

Ingat, lampu hazard adalah sinyal darurat untuk menarik perhatian pengendara lain. Berikut adalah panduan penggunaan lampu hazard yang tepat di tol:

  • Nyalakan lampu hazard saat kendaraan mogok: Jika mobilmu mogok di bahu jalan tol, segera cari tempat berhenti yang aman jauh dari lalu lintas. Nyalakan lampu hazard, pasang segitiga pengaman sedikitnya 30 meter di belakang mobil, dan hubungi bantuan darurat.
  • Nyalakan lampu hazard saat berkabut tebal: Kabut tebal dapat membatasi jarak pandang secara drastis. Dalam kondisi ini, nyalakan lampu hazard secara bergantian dengan lampu kabut untuk memberi tanda kepada kendaraan lain akan keberadaanmu.
  • Kurangi kecepatan dan nyalakan lampu hazard saat mendekati kecelakaan
  • Nyalakan lampu hazard saat ingin menderek mobil: Saat menarik mobil yang mogok, nyalakan lampu hazard pada kedua mobil untuk memberi tanda kepada pengendara lain.
  • Gunakan lampu hazard saat mengemudi di jalan tol yang baru di buka: di jalan tol baru yang masih sepi dan banyak pekerjaan konstruksi, menyalakan lampu hazard bisa membantu meningkatkan kewaspadaan pengendara lain.

Mengemudi di jalan tol harus di lakukan dengan penuh kewaspadaan dan mematuhi aturan lalu lintas. Memahami fungsi dan cara menggunakan lampu hazard secara tepat merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan keselamatan berkendara di jalan tol. Ingatlah selalu untuk menyalakan lampu hazard saat benar-benar di perlukan dan hindari penggunaannya yang tidak tepat agar tidak membingungkan pengendara lain.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.