Search Cars

Baru

Jumlah Kunjungan Wisata Naik di Semester Pertama 2023, Apa Kota Favoritnya?

Ini kota yang paling banyak berkontribusi atas peningkatakan kunjungan wisata di semester I Tahun 2023. Apakah termasuk favoritmu?

Wisata

Dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa kegiatan wisata Indonesia mengalami kenaikan pada semester I tahun ini atau selama Januari hingga Juni 2023. Pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di semester awal mencapai 433,57 juta perjalanan. 

Jumlah kegiatan ini, seperti disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi Jasa BPS Pudji Ismartini, mengalami kenaikan sekitar 12,57 persen bila dibandingkan dengan total kunjungan wisatawan lokal di periode yang sama pada tahun 2022.

“Sementara dibandingkan dengan periode yang sama di 2019 atau sebelum pandemi, total perjalanan wisnus juga mengalami peningkatan, yaitu sebesar 23,83 persen,” terang Pudji dalam Rilis BPS, Selasa (1/8).

Peningkatan perjalanan wisata sejak 2021

wisata yogyakarta

Masih menurut data BPS, jumlah perjalanan pariwisata mulai mengalami peningkatan sejak tahun 2021 setelah sempat turun di tahun 2020. 

Baca juga: Wisata Sambil Camping di Mobil, Dimana Saja Lokasinya?

Tercatat pada semester I/2019 jumlah perjalanan wisnus sebanyak 350,14 juta perjalanan. Kemudian turun menjadi 235,49 juta saja perjalanan di periode yang sama pada tahun 2020. Hal tersebut diakibatkan pandemi Covid-19 yang menerjang seluruh negara di dunia.

Setelah itu pada semester I/2021, jumlah wisatawan nusantara mengalami kenaikan menjadi 289,74 juta perjalanan. Kenaikan terus berlanjut hingga tahun 2022 dengan jumlah perjalanan sebanyak 385,17 juta.

Tempat paling favorit

Jembatan Suramadu

Jika dilihat dari daerah tujuan utama wisnus di semester I dari Januari-Juni 2023, sekitar 74,33 persen perjalanan banyak dilakukan di Pulau Jawa dan Jawa Timur.

Baca juga: Road Trip dengan Keluarga Saat Liburan, Ini Pilihan Destinasi di Pulau Jawa

“Dari sekitar 433,57 juta perjalanan, sekitar 74,33 persen di antaranya dilakukan di Pulau Jawa,” kata Pudji.

Pudji melaporkan, Jawa Timur memberikan kontribusi terbesar dalam jumlah perjalanan wisnus, yakni 26,92 persen. Dan kota yang paling banyak dikunjungi adalah Surabaya dan Malang. Masing-masing Surabaya dan Malang jumlahnya adalah 10,06 juta dan 6,06 juta perjalanan.

Posisi kedua kemudian ditempati Jawa Barat. Wisata Bandung memberikan kontribusi sebesar 17,40 persen. Mengikuti Bandung, Jawa Tengah sebesar 14,55 persen, lalu DKI Jakarta 6,94 persen, Banten 4,80 persen, dan DIY 3,72 persen.

Baca juga: Mau Wisata Yogyakarta Akhir Tahun? Nih Jalur Alternatif Anti Macet

Di Jawa Tengah, lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Kota Semarang. Memangnya apa saja sih yang bisa dinikmati di Semarang dan kota lainnya tersebut? 

  • Wisata Semarang
tarif tol jakarta semarang

Lokasi wisata Semarang yang paling diminati adalah Kota Lama Semarang, Candi Prambanan (Klaten), Semarang Zoo, Pantai Marina, dan Museum Lawang Sewu. Selain tempat bersejarah, wisata Semarang juga dikenal karena kuliner peranakannya.

  • Wisata Bandung

Lokasi pariwisata Bandung yang paling favorit ada banyak sekali dan bisa dibilang kota memiliki paket yang lengkap. Mulai dari tempat belanja, kuliner, keindahan alam, tempat bersejarah, kebun binatang, dan masih banyak lagi. 

  • Wisata Surabaya

Lokasi wisata Surabaya yang sering dikunjungi wisatawan adalah Jembatan Suramadu, Taman Gantung Surabaya, Tugu Pahlawan Surabaya, Pantai Kenjeren Lama, Monumen Jalasveva Jayamahe, Pasar Turi, Suroboyo Carnival Park, dan masih banyak yang lainnya. 

Baca juga: Kereta Cepat Siap Operasi, Ini Lokasi Wisata Bandung Wajib Dikunjungi

Nah, kalau kamu, suka melancong ke kota mana?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.