Search Cars

Berita Terbaru

Jalur Pansela Yogyakarta Ditargetkan Selesai 2024, Mudik Lebih Banyak Pilihan

Pada tahun 2024 nanti mudik ke Yogyakarta membawa kendaraan jadi lebih mudah dan cepat dengan Jalur Pansela. Ini rutenya!

mudik

Masyarakat yang kampung halamannya di Pulau Jawa akan punya jalur mudik baru saat Lebaran tahun depan. Saat ini pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau lebih dikenal dengan Jalur Pansela di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sedang berlangsung. 

Jika tidak aral melintang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merampungkan proyek ini pada tahun 2024 mendatang.

Jalur Pansela dibuat Kementerian PUPR sebagai jalur alternatif yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Timur. Dengan adanya jalur ini, beban lalu lintas (yang biasanya membludak saat mudik) dapat terbagi dan tidak menumpuk di jalan tol atau Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa. 

Baca juga: GIIAS 2023 Semakin Meriah, Apa Saja Merek-merek yang Menjadi Peserta?

Dengan Jalur Pansela maka pemudik jadi punya jalur alternatif saat ingin menuju ke Yogyakarta atau kembali ke Jakarta atau Bandung melalui jalur Selatan.

Kejar target 

jalan tol baru

Asisten Pelaksana Pelaksanaan Jalan Nasional DIY BBPJN Jawa Tengah-DIY Wahyu Widiantoro mengatakan, perampungan pembangunan jalur Pansela di Provinsi DIY ditargetkan selesai tahun 2024. 

Meski ia tidak mengatakan akan rampung di bulan apa, tapi sepertinya sebelum momen Lebaran 2024 tiba sehingga masyarakat bisa menikmatinya saat mudik 2024 nanti.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik Terlaris, Toyota bZ4X Laku Hingga Ratusan Unit

Wahyu menambahkan, ada satu paket pembangunan yang masih berjalan alias ongoing di tahun ini. Yaitu, pembangunan Jalan Tepus-Jerukwudel II yang panjangnya 10,92 kilometer.

“Harapannya pada akhir tahun ini dapat diselesaikan,” kata Wahyu dalam keterangan tertulisnya pada laman PUPR, Rabu (19/7).

jalur mudik lebaran

Sejauh ini perkembangan pembangunan fisik Jalan Tepus-Jerukwudel II sudah mencapai 70,75 persen. Wahyu juga menyebutkan bahwa nilai kontrak pembangunan jalur di Yogyakarta ini total mencapai Rp269,45 miliar.

Baca juga: Jalur Mudik Lebaran Selain Tol Trans Jawa Sebagai Alternatif Antisipasi Kemacetan

Paket lainnya yang masih dikerjakan untuk TA 2023-2024 ada dua, di mana keduanya  masih dalam proses persiapan. Itu adalah paket pembangunan Jalan Baru Kretek-Girijati sepanjang 5,64 kilometer dan paket pembangunan Jembatan Pandansimo. Keduanya berada di Yogyakarta.

“Paket Pembangunan Jalan Baru Kretek-Girijati sedang dalam persiapan kontrak dengan nilai sebesar Rp261,61 miliar. Sementara, untuk Jembatan Pandansimo statusnya masih proses persiapan lelang,” tambah Wahyu.

Rute mudik 2024 Jalur Pansela

mudik lewat pansela

Jalur Pansela merupakan jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa dan membentang dari Provinsi Banten hingga Provinsi Jawa Timur. Jalanan ini bentuknya bukan jalan bebas hambatan atau jalan tol sehingga dapat juga dilintasi pemotor.

Baca juga: Plus Minus Modifikasi Spion Mobil, Apa Saja?

Bagi kamu yang biasa mudik ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, utamanya yang menggunakan kendaraan pribadi, berikut ini rute jalur Pansela:

  • Provinsi Banten: Terbentang dari ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 kilometer.
  • Provinsi Jawa Barat: Ruasnya mulai dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah. Total 417,1 kilometer.
  • Provinsi Jawa Tengah: Berada di ruas Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 kilometer. 
  • Provinsi DIY: Terbentang dari Karang Nongko-Legundi-Duwet sepanjang 117,13 kilometer.
  • Provinsi Jawa Timur: Berada di ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 kilometer.

Harapannya, dengan terkoneksinya Jalur Pansela dengan jalur Trans Jawa maka beban pengguna tol yang tadinya terpusat di Pantura –menuju Jawa Barat dan Jawa Timur atau sebaliknya– bisa terurai.

Baca juga: Mengapa Jalur Selatan Jawa Tidak Terlalu Diminati Pemudik? Ini Alasannya

“Harapannya kalau sudah tersambung dari pemakai jalan dari wilayah Timur apabila tidak ingin masuk kota Jogja bisa lewat JJLS. Dengan jarak tempuh yang lebih pendek dan tingkat kemacetannya tidak sepadat Kota Jogja,” terang Wahyu.

Semoga cepat selesai, deh, pembangunan Jalur Pansela ini. Jadi nggak sabar, nih, nunggu mudik 2024 ke Yogyakarta, biar bisa nyobain jalan baru dan pastinya lebih nyaman dan menyenangkan. Kalau kamu biasanya mudik ke mana?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.