Berita Utama Otomotif

Intip Bocoran Spesifikasi Toyota Rangga, Kapan Akan Diluncurkan Resmi?

Informasi spesifikasi Toyota Rangga sudah mulai banyak beredar setelah diperkenalkan pada GIIAS 2023. Kapan dijual di Indonesia?

spesifikasi toyota rangga

Spesifikasi Toyota Rangga menuai rasa penasaran para pecinta otomotif usai dipamerkan pada ajang GIIAS 2023 di ICE BSD. Mobil ini bakal meneruskan kesuksesan Kijang Pick Up yang ikonik bagi mobilitas industri. 

“Spesial di GIIAS 2023, Toyota menghadirkan mobil konsep Rangga untuk dapat meneruskan warisan kesuksesan dari iconic Kijang Pick Up yang dikenal akan ketangguhan dan keandalannya,” ujar Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Mobil ini rencananya akan menjadi salah satu mobil komersial untuk  mendukung berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia. 

Spesifikasi Toyota Rangga

toyota rangga

Untuk spesifikasi Toyota Rangga sendiri, kabarnya akan tersedia dua pilihan mesin yang akan disematkan. Pilihannya adalah mesin bensin dan mesin diesel yang saat ini sudah disematkan pada Toyota Hilux.

Baca juga: Kunjungi Astra Financial di GIIAS 2023, Beli Mobil Idaman Banyak Promonya

Meskipun spesifikasi Toyota Rangga ini mirip dengan Toyota Hilux, rencananya akan dijual dengan harga lebih rendah. Sebagai informasi, Toyota Hilux memiliki versi single cab dengan mesin 2.000cc 1TR-FE, empat silinder DOHC dengan dual VVT-i. 

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut adalah 139 PS atau setara 137 TK di 5.600 RPM dan torsi 183,3 Nm di 4.000 RPM. Secara spesifikasi, tenaga tersebut cukup mumpuni untuk kendaraan niaga.

Spesifikasi Toyota Rangga versi diesel

Selain mesin bensin, Toyota Rangga juga dikabarkan memiliki varian bensin. Jika merujuk pada Toyota Hilux, mobil tersebut menggunakan mesin 2 GD-FTV yang merupakan mesin 2.400cc DOHC dengan VNT Intercooler. 

Baca juga: Mobil Konsep Daihatsu Vizion-F Diperkenalkan di Ajang GIIAS 2023

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan sebesar 149,6 PS atau setara 147,5 TK di 3.400 RPM dan torsi 343,2 Nm di 1.400 RPM-2.800 RPM. Akan tetapi, ini semua baru prediksi saja dan tetap harus menunggu peluncuran resmi untuk mengetahuinya.

Arti nama Toyota Rangga

toyota rangga

Nama Rangga sendiri diambil dari warisan budaya Indonesia, yang terinspirasi dari bahasa Jawa yaitu “Ronggo”. Nama “Ronggo” sendiri memiliki arti yang melambangkan Ksatria atau Pahlawan. 

Melalui arti nama tersebut, kehadiran Rangga harapannya menjadi kuat seperti pahlawan dalam membantu pelaku usaha di Indonesia. Mobil konsep ini dipercaya berbagai solusi tepat guna untuk bisa berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional. 

Baca juga: The All New Lexus LM Hybrid Diluncurkan pada Ajang GIIAS 2023

Rangga mengingatkan dengan kendaraan niaga serbaguna Toyota IMV 0 yang dipamerkan dalam wujud mobil komersil. Dengan jenis yang cukup beragam seperti campervan, mobil resto, dan lain sebagainya.

Hal itu juga diperkuat oleh Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. Anton menyebut Rangga diharapkan akan memenuhi value chain di ekosistem masyarakat.

Harapannya pula tahun ini Toyota dalam menghadirkan lebih banyak lagi Mobility Solution for All, salah satunya Rangga di GIIAS kali ini.

Kapan akan diluncurkan?

rangga concept

Sampai saat ini selain untuk peluncuran resmi dari Toyota Rangga, masih belum bisa dipastikan. Namun rumor yang beredar menyebut bahwa mobil niaga yang satu ini akan dijual pada awal tahun 2024. 

Baca juga: Kunjungi Astra Financial di GIIAS 2023, Beli Mobil Idaman Banyak Promonya

Kemudian untuk harga jualnya sendiri, memang disebutkan akan lebih rendah jika dibandingkan Toyota Hilux. Dengan begitu, bisa diprediksi bahwa harga jual Toyota Rangga ini berkisar antara Rp200-300 jutaan.

Bagaimana, dengan harga tersebut apakah berminat untuk memiliki Toyota Rangga? Jangan lupa juga untuk kunjungi SEVA yang ada di booth Astra Financial ya, temukan beragam promo menarik buat yang berani beli mobil baru disana.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi