Perbedaan Subaru BRZ dan Toyota GR 86 yang Sama-Sama Pakai Mesin Boxer

Subaru BRZ dan Toyota GR 86 menjadi mobil-mobil yang menggunakan jenis mesin boxer. Terlihat mirip, apa saja perbedaan keduanya?

subaru brz

Mobil Toyota GR 86 dan Subaru BRZ yang dijual saat ini di Indonesia adalah generasi kedua. Kalau dilihat dari siluetnya bentuknya tuh masih mirip yah dengan yang generasi pertama.

Di generasi kedua ini dia menggunakan arsitektur platform dari Subaru Global platform atau yang disebut SGP. Mobil ini diklaim, 50% bisa meningkatkan rigiditas dari sasis mobil ini.

Pertama-tama kita lihat dulu bagian depannya, apa saja yang berbeda dan apa saja yang sama dengan Subaru BRZ. Bagian depannya di Toyota GR 86 yang masuk Indonesia, ini semuanya dilengkapi dengan aksesori tambahan di bawah bempernya.

Baca juga: Kencang dan Sporty, Toyota All New GR86 Resmi Hadir di Indonesia

Tahun ini bumpernya ini tidak standar, dia ada di bagian bawah sehingga tampak terlihat lebih sangar, lebih sporty dan lebih gahar. Ada aksen warna merah hitam, lis-nya juga lebih panjang. 

Di bagian bawahnya grill nya yang besar, meskipun tidak full bolong. Di bagian bawah aja bolongnya, di atas ini tertutup logo Toyota besar.

toyota gr 86

Perbedaan Toyota GR 86 dan Subaru BRZ Bagian Eksterior

Di sini lampunya model seperti ini ,dia sudah LED dan ada DRL-nya di samping. Ada aksen warna hitam tipis dan ada yang bolong.

Baca juga: Deretan Mobil Sport yang Masih Terjangkau, Pilih Mana?

Cuma di bagian bawahnya di atasnya masih tertutup ini bukan ke bagian rem tapi ini untuk error aerodinamis nya buat 

Ke bagian lingkar roda sini dan akan nanti keluar di bagian sampingnya jadi ini bukan untuk pendingin rem, tapi itu untuk kepentingan aerodinamis. 

Ya sisanya ini, benar-benar fresh atau baru ada logo GR, ada emblem GR di kap mesin. Oh ya kap mesin ini baru, bahannya aluminum. Di fender serta atapnya juga aluminum. 

Untuk di Subaru BRZ, bedanya pada bagian depan, kalian bisa lihat di bagian bempernya terlihat lebih kalem. Tanpa body kit seperti yang ada di Toyota GR 86, jadi terlihatnya mobil ini lebih elegan.

Baca juga: Tambah Kamera Tilang di Jakarta, Tenyata E-TLE Masih Punya Kelemahan

Dengan tampilan warna birunya, memperlihatkan mobil ini lebih lebih elegan dibandingkan Toyota GR 86.

subaru BRZ

Perbedaan bodykit

Urusan bodykit, jika di Toyota 86 besar dengan honeycomb, kalau di Subaru BRZ ini garis-garis horizontal. Bumper-nya ada lubang, sama seperti ada di Toyota 86. Di bumper bawahnya berlubang, dan ada aksen berwarna hitam.

Di bagian lis-nya tidak terlalu ke bawah, karena tidak add on, ada juga lubang untuk bukan keren lagi sama untuk sirkulasi ke rodanya. Ini mirip dengan yang ada di Toyota 86, tapi Subaru BRZ ini di bagian bawahnya lebih melebar.

Baca juga: Ketahui Batas Maksimal Usia Mengemudi, Berapa Idealnya?

Kalau di Toyota 86 tuh kayak pipih aja gitu. Semuanya sama-sama juga sudah ada washer lampnya. Lampunya bentuknya sih mirip tapi yang lainnya itu berbeda. 

Dari samping ke bawah sini kalau Subaru biar si itu mulai dari atas kalau ke samping dan ke bawah ada logo BRZ. Di sini lampunya, sama-sama LED, sisanya di depannya.

Mungkin di generasi kedua ini, sengaja dipasang sebagai standar terinspirasi juga dari model bodykit Rocket Bunny dengan tambahan ada logo GR 86.

model lampu

Model lampu 

Di belakang lampunya Toyota GR 86  ada garnish berwarna hitam menyambungkan antara lampu kiri dan kanannya. Ada lampu rem remnya di bagian bagasinya, ada kameranya di bagian belakang. 

Baca juga: Tips Memilih Oli Mobil LCGC Biar Mesinnya Awet

Bodi belakang ini juga terlihat sangar, terus untuk lampu mundurnya dan ada mata kucingnya. Di bagian bumpernya juga sama dengan si Yaris GR yang sengaja dibuat ringan.

Dalam knalpot nya dia sudah dilengkapi dengan aksesori Toyota, ada 4 buah knalpot nya ini dia pada bagian belakang Subaru BRZ, gimana Menurut anda lampunya sama atau ada bedanya Saya kira sih sama ya bentuknya pun sama kalau pun ada beda 

Di Subaru BRZ dan Toyota 86 yang terlihat beda adalah detailnya ini ducktail. Nempel bodi gitu ya. Kalau GR 86 tuh ada yang lebih tinggi manis aja tipis nggak terlalu tinggi. 

Baca juga: Konversi Mobil Listrik, Bagaimana Aturannya di Indonesia?

Iya lebih kalem lah dibandingkan Toyota 86. Di knalpot Subaru BRZ  bukan 4 buah, tapi ada 2 buah. 

subaru BRZ

Detail Perbedaan Mesin Toyota GR 86 dan Subaru BRZ

Generasi kedua mobil ini juga memiliki generasi terbaru dari sisi mesin. Ukuran mesin jadi besar, sebelumnya 2.000 cc, sekarang menjadi 2.400cc.

Pastinya tenaga serta torsinya pun juga bertambah. Tenaganya 235 PS itu artinya, naik sekitar 30 sampai 35 PS daripada yang sebelumnya. Torsinya 250 Nm itu naik antara 40 Newton meter (Nm) sampai 50 meter, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Baca juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Sebelumnya banyak customer itu meminta yang komplit, dengan tenaganya karena dianggap terlalu pelan, jadi Subaru dan Toyota membuat di generasi kedua ini membesarkan serta meningkatkan tenaga serta torsinya.

Tapi kenapa ya kok nggak ada turbonya ya? Padahal mesin Subaru juga terkenal dengan mesin turbo yang andal. Mungkin salah satunya supaya mobil ini, masih bisa tetap menjadi mobil sport 2 pintu yang ringan.

Harganya juga terjangkau, jadi kalau ditambahkan turbo, pastinya harganya bisa melambung lebih tinggi.

Baca juga: Harga Mobil MPV Terbaru di Awal Tahun 2022

Nah blok mesinnya itu yang menggunakan Subaru, jadi makanya pada bagian mesin ada tulisan Toyota dan Subaru, Bloknya menggunakan Subaru Boxer engine, tapi untuk sistem injection-nya yang buat Toyota.

Jadi memang ini mesin yang dikerjakan oleh dua pabrikan tersebut. ini dia mesin dari Subaru BRZ sekilas sama .

Menurut catatan brosur, tenaganya 237 PS dan torsi nya 250 Nm. Untuk torsinya, sama ya sama-sama 250 Nm, tapi di Toyota 86 itu di brosurnya 235 PS dan di Subaru BRZ ini 270 237 PS.

Baca juga: Mengenal Golongan Kendaraan di Tol dan Tarifnya

Jadi ada perbedaan 2 PS, yaitu perbedaan penulisan saja sih, sebenarnya mungkin ada beda-beda sedikit. Tapi masing-masing pabrikan, mengatakan bahwa mesin dan suspensi di Toyota 86 dan Subaru BRZ ini buatan mereka sendiri, jadi ada perbedaan.

subaru BRZ

Interior Toyota GR 86 dan Subaru BRZ

Coba masuk ke interior kabin, untuk bagian baris belakangnya ini sih kurang cocok untuk orang dewasa. Untuk anak-anak yang dibawah 165 cm gitu sih masih oke. 

Di bagian belakang ini juga dia masih memiliki bahan jok yang sama, dengan yang depan pakai alcantara perpaduan antara kulit dengan jahitan benang berwarna merah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Apa Bisa Aki Mobil Meledak?

Sekarang di dalam Toyota 86 ini kalau melihat dan masuk, pertama kali itu rasanya masih sama dengan yang di generasi 1. Posisinya tidurnya posisi duduknya sangat ergonomis sekali, pengaturan yang juga bisa tilt dan teleskopik.

Ini pengaturan jok yang bisa diatur naik turun, dan ini bisa rendah sekali serta membuat nyetir jadi lebih enak dan lebih ke bawah gitu. Ini rasanya mobil sport banget gitu ya, tapi ya itu siluet dashboard nya juga mirip-mirip setirnya.

Ukurannya mirip mirip, meskipun modelnya baru. Dashboard juga model baru tapi bulatan-bulatan kisi AC yang di samping kiri kanan Ini juga masih sama dengan sebelumnya.

Baca juga: Nyaman Dikendarai, Ini Rekomendasi Mobil Transmisi CVT Terbaik

Setirnya juga enak digenggamnya, dibandingkan yang generasi sebelumnya dan dia juga sudah dilengkapi dengan Paddle shift. Karena ini yang transmisi otomatis, ada kontrolnya tapi sayangnya dia belum adaptif. 

Jadi bagaimana kalian pilih yang mana?