Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Apa Bisa Aki Mobil Meledak?

Benarkah aki mobil meledak? Jika terjadi tentunya sangat menakutkan dan bisa membahayakan. Lantas, apakah itu mitos atau fakta?

aki mobil meledak

Aki mobil meledak menjadi hal yang perlu diperhatikan, terutama jika pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan secara berkala. Hal ini karena aki menjadi komponen yang penting dalam sistem kelistrikan mobil. 

Jika sampai meledak tentunya bisa sangat berbahaya atau bahkan menghanguskan mobil. Ini tentunya menjadi hal yang sebisa mungkin dihindari oleh pemilik kendaraan karena sebenarnya kejadian ini bisa dicegah. 

Jadi, aki mobil meledak apakah hanya mitos atau fakta?

fakta aki mobil

Fakta aki mobil meledak

Aki meledak ternyata bukanlah mitos belaka karena hal ini memang bisa saja terjadi. Komponen ini bisa terbakar jika terjadi kontak dengan sumber api. 

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Untuk itu perlu memperhatikan kondisi kabel-kabel di sekitar lokasi aki. Pastikan kabel-kabel dalam kondisi utuh, tidak terkelupas ataupun telah getas. Bila perlu, bungkus kabel dengan isolasi anti panas.

penyebab aki meledak

Penyebab aki mobil meledak

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan aki mobil meledak. Di antara faktor tersebut, utamanya adalah karena adanya masalah ini: 

Kutub-kutub aki dan kabel yang kotor

Salah satu penyebab aki mobil meledak adalah kutub-kutub aki dan kabel yang kotor. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko aki terbakar dan pada akhirnya meledak karena kotoran yang menumpuk itu bisa menghambat aliran arus listrik dan menimbulkan loncatan bunga api. 

Baca juga: Apakah Boleh Isi Air Aki Mobil Menggunakan Air Mineral?

Untuk itu, biasakan mengecek serta membersihkan aki secara rutin agar tidak terjadi kondisi yang tidak diinginkan dan merugikan tersebut. 

aki mobil

Sentuhan antar pelat

Penyebab lainnya adalah terjadi sentuhan antar pelat, ini biasanya sering terjadi ketika masa pakai aki sudah terlalu lama. Seiring berjalan waktu, larutan asam di dalam aki akan semakin berkurang dan membuat pelat tidak lagi terendam sehingga akhirnya melengkung. 

Saat mobil di-starter butuh energi listrik dalam jumlah besar terhadap aki untuk bisa menggerakkan motor starter. Ketika itu terjadi, pelat-pelat yang melengkung itu akan menjadi lentur sehingga saling bersentuhan dan pada akhirnya menimbulkan percikan api. 

vent plug

Penyumbatan pada lubang vent plug battery

Adanya sumbatan pada lubang vent plug battery juga bisa menjadi penyebab lain aki mobil meledak. Lubang ini sebenarnya berfungsi sebagai safety valve ketika tekanan di dalam aki meningkat. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Tekanan dalam aki meningkat akibat terbentuknya uap air atau gas hidrogen-oksigen pada saat proses hidrolisis air saat proses pengecasan terjadi. Salah satu cara mencegah terjadinya penyumbatan adalah menjaga kebersihan vent plug.

jumper aki

Jumper aki yang tidak tepat

Melakukan jumper atau mengisi ulang aki yang tidak tepat juga bisa menimbulkan risiko aki mobil meledak. Untuk itu, pastika melakukan jumper dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan kerugian. 

Salah satu metode yang sebenarnya keliru tapi cukup sering dilakukan adalah dengan memasang kabel jumper ke aki yang bagus terlebih dahulu, setelah itu barulah menyambungkan ke aki yang lemah. 

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Bisa Dipesan? Intip Dulu Detailnya

Metode ini sebaiknya tidak dilakukan karena hal itu dapat mencetuskan percikan api. Sebagai gantinya, usahakan pasang kabel jumper pada aki yang lemah terlebih dulu sebelum menyambungkannya ke aki yang bagus. 

Untuk itu, agar menghindari terjadinya aki mobil meledak maka sebaiknya pemilik kendaraan harus selalu memerhatikan kondisi aki ataupun masa pemakaian. 

Lakukan juga kebiasaan untuk membersihkan bagian kutub aki, mengecek apakah adanya kebocoran, korosi konektor, bagian tutup aki, ataupun adanya kerenggangan pada komponen aki. Jika ini dilakukan, dijamin aki mobil selalu dalam kondisi prima!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.