Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Memilih Oli Mobil LCGC Biar Mesinnya Awet

Memilih oli mobil LCGC harus dilakukan dengan tepat agar performa mesinnya tetap optimal. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?

oli mobil LCGC

Oli mobil LCGC menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dan sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Jika menggunakan oli yang tidak tepat, maka bisa berdampak pada komponen-komponen kendaraan itu sendiri termasuk pada mesinnya. 

Untuk mobil-mobil jenis LCGC ini memang pada dasarnya butuh oli khusus karena penggunaan mesin yang kecil dan ringkas bisa menyebabkan celah antar komponen di dalam mesinnya cenderung sempit atau rapat. 

Agar tidak salah, inilah beberapa tips memilih oli mobil LCGC yang perlu kamu ketahui: 

angka viskositas

Cek angka viskositas

Tips pertama dalam memilih oli mobil LCGC adalah dengan selalu mengecek angka viskositas atau yang sering dikenal dengan sebutan kekentalan oli. Untuk mobil LCGC sebaiknya pilih yang memiliki angka viskositas yang rendah. 

Baca juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Hal ini perlu dilakukan karena angka viskositas yang rendah biasanya akan lebih encer sehingga oli akan menjadi lebih mudah mengalir, sekalipun pada celah-celah yang sempit. Oli juga bisa bekerja secara optimal dan seluruh bagian mobil bisa terlumasi dengan baik. 

komposisi oli

Cek komposisi

Tidak hanya mengecek angka viskositas, pemilik mobil juga harus mengecek sendiri komposisi oli yang akan digunakan. Biasanya, oli yang baik untuk kendaraan LCGC adalah yang memiliki  komposisi aditif dan base oil yang lebih banyak dan ini memiliki peran yang cukup penting. 

Baca juga: Bedanya Plat Nomor Sementara Warna Hitam dan Plat Putih

Salah satunya adalah berfungsi untuk menjaga tingkat kekentalan oli agar tetap dalam keadaan stabil. Dengan kata lain, penggunaan oli dengan komposisi yang tepat bisa membuat mesin mobil akan lebih terawat dan awet. 

dukungan teknologi

Dukungan teknologi

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih oli mobil adalah pilih yang memiliki teknologi Nano Guard. 

Baca juga: Kendaraan dan Kompor Listrik, Benarkah Lebih Hemat?

Teknologi ini merupakan teknologi pelumas untuk mesin bensin terbaru yang memang dirancang secara cermat untuk memenuhi kebutuhan akan performa tinggi. Ini juga terbukti efektif melindungi dan membersihkan mesin bahkan pada celah tersempit. 

Nah, sebelum memilih oli mobil ada baiknya pemilik harus tahu kondisinya terlebih dulu. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan: 

matikan mesin

Matikan mesin

Cara pertama untuk cek kondisi oli mobil adalah dengan memastikan mesin mobil sudah dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan agar oli tidak meluap sehingga akan lebih mudah untuk melihat tinggi (level) oli. 

Mengetahui letak stik oli

Dipstick atau stik oli (tongkat pemeriksa oli) berada di area samping mesin. Cirinya adalah gagang bagian ujung lebih dominan berwarna kuning, meskipun ada juga yang berwarna hitam. 

cabut stik oli

Cabut stik oli

Stik oli terbuat dari sebuah bilah logam yang lentur dengan panjang kira-kira 50 centimeter. Tidak ada sistem pengunci, sehingga cukup menariknya dengan sedikit tenaga untuk mencabutnya secara keseluruhan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Apa Bisa Aki Mobil Meledak?

Ketika stik oli sudah terangkat semuanya, lakukan pembersihan pada ujung stik oli menggunakan tisu atau kain lap. Pastikan stik oli dalam keadaan bersih tidak ada oli yang masih menempel atau menetes.

Masukkan stik oli

Setelah stik oli tercabut dan sudah dibersihkan dengan kain lap atau selembar tisu, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah masukkan kembali stik oli ke lubangnya. 

oli mobil LCGC

Periksa level oli

Untuk mengetahui level oli, perhatikanlah titik dimana oli menempel pada stik oli. Level oli dianggap masih aman jika berada di antara level maksimal dan minimal. 

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Bisa Dipesan? Intip Dulu Detailnya

Kualitas oli masih normal jika masih berwarna kekuning-kuningan. Jika warnanya sudah berubah menjadi gelap berarti oli sudah kotor dan jika berubah menjadi putih seperti susu, ini bisa menjadi tanda bahwa oli sudah bercampur dengan air pendingin.

oli mobil LCGC

Masukkan kembali stik oli

Setelah semuanya sudah aman, masukkan kembali stik oli pada lubangnya. Bersihkan setiap kotoran yang masih tersisa seperti adanya tetesan oli atau yang sejenisnya.

Baca juga: Nyaman Dikendarai, Ini Rekomendasi Mobil Transmisi CVT Terbaik

Jadi, dalam memilih oli untuk mobil LCGC sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan ya! Hal ini berguna agar performa mobil secara keseluruhan bisa awet dan tentunya nyaman ketika sedang dipakai saat perjalanan. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.