Search Cars

Berita Utama Otomotif

Dukungan Kemenko Marves! Produksi Baterai Mobil Listrik di Indonesia, Pilih LFP atau NMC?

Dukungan Kemenko

Dukungan Pemerintah (Dukungan Kemenko) Terhadap Produksi Baterai Mobil Listrik

Dukungan Kemenko; Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) telah menyatakan dukungan terhadap produsen mobil listrik yang ingin memproduksi baterai jenis Lithium Ferro Posphate (LFP) atau Nickel Manganese Cobalt (NMC) di Indonesia. Hal ini dianggap menguntungkan karena dapat memanfaatkan cadangan nikel yang besar di Indonesia.

Potensi Pasar dan Cadangan Nikel Indonesia

Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, mengatakan bahwa produksi baterai mobil listrik, baik berjenis LFP atau NMC, di Indonesia adalah yang terpenting. Meskipun Indonesia memiliki 25 persen dari cadangan nikel dunia, saat ini hanya memperoleh 2 persen pangsa pasar kendaraan listrik.

Keunggulan dan Perbincangan Mengenai LFP dan NMC

Perbincangan mengenai LFP dan NMC sedang ramai karena keduanya memiliki keunggulan tersendiri. NMC memiliki keuntungan dari segi kepadatan energi yang lebih tinggi, sehingga memungkinkan untuk dikemas dalam bentuk yang lebih ringkas dan ringan, cocok untuk desain mobil listrik. Namun, harga nikel yang tinggi dan dampak lingkungan dari penambangan menjadi perhatian utama.

Dampak dan Langkah Pemerintah Indonesia (Dukungan Kemenko)

Indonesia, sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia, telah menyetop ekspor bijih nikel sejak 2020. Meskipun demikian, hal ini menuai reaksi keras dari pengimpor Eropa. Kesulitan pasokan nikel ini telah mendorong pembuatan alternatif teknologi baterai mobil listrik.

Menuju Kemandirian dalam Industri Baterai Mobil Listrik

Dengan adanya dukungan dari pemerintah, produsen mobil listrik diharapkan dapat memilih jenis baterai yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasar.

Produksi baterai di dalam negeri akan memberikan dampak positif terhadap industri otomotif Indonesia serta meningkatkan kemandirian dalam industri baterai mobil listrik.

Harapan Masa Depan dan Kesimpulan

Melalui langkah ini, Indonesia berpotensi menjadi salah satu pemain utama dalam industri mobil listrik di pasar global. Dukungan penuh dari pemerintah dan produsen lokal akan membawa industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan inovatif.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.