Search Cars

Berita Terbaru

Dukung KTT ASEAN Sebanyak 65 Toyota bZ4X Mengaspal di Labuan Bajo

Mobil listrik Toyota bZ4X dijadikan transportasi resmi delegasi negara KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. Simak keistimewaannya.

labuan bajo

PT Toyota-Astra Motor (TAM) lagi-lagi dipercaya dan secara resmi terpilih sebagai penyedia alat transportasi selama kegiatan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo tanggal 9-11 Mei 2023.

Untuk mendukung suksesnya gelaran di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, PT TAM menyerahkan mobil listrik Toyota bZ4X sebanyak 65 unit. Unitnya diserahkan langsung oleh President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda kepada Kementerian Sekretariat Negara. 

“Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kepercayaannya kepada kami lewat penunjukan kembali Toyota untuk mendukung Indonesia menjadi Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi, kali ini di tingkat ASEAN di Labuan Bajo, setelah sebelumnya di G20,” kata Hiroyuki di Plataran Senayan, Jakarta (17/04).

Dukung zero emission di Labuan Bajo

ktt asean labuan bajo dan toyota bz4x

Mobil listrik Toyota bZ4X ini nantinya akan digunakan sebagai kendaraan resmi untuk anggota-anggota delegasi dari berbagai negara pada seri 1 KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Baca juga: Review Toyota bZ4x, Tampilan Crossover dengan Mesin Full Listrik

“Merupakan sebuah kebanggan bagi kami dapat berpartisipasi aktif untuk mensukseskan event bergengsi bagi negara-negara ASEAN. Pemilihan Toyota bZ4X merupakan strategi dan refleksi pengalaman KTT G20 untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi,” tambah Hiroyuki lagi.  

Mobil listrik Toyota bZ4X merupakan kendaraan berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV). Kendaraan listrik Toyota ini menerapkan strategi multiple pathways untuk meningkatkan kecepatan dan skala dalam mencapai Netralitas Karbon. 

Ada beberapa pilihan teknologi elektrifikasi pada Toyota bZ4x ini, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).

review Toyota bZ4X

“Ke depan, kami berkomitmen untuk lebih jauh lagi menyediakan pilihan elektrifikasi baik Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV dan Battery EV. Sehingga masyarakat bisa menjalankan rutinitas mobilitasnya menggunakan teknologi elektrifikasi yang ramah lingkungan,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto.

Sejauh ini PT TAM memang berkomitmen mendukung penuh Pemerintah Indonesia dalam mencapai target zero emission di tahun 2060. Yakni dengan terus meningkatkan sosialisasi penggunaan kendaraan elektrifikasi. 

Misalnya melakukan proyek percontohan ekosistem kendaraan elektrifikasi di daerah pariwisata Indonesia seperti Bali dan Danau Toba, serta di Labuan Bajo. 

Keistimewaan Toyota bZ4X

toyota bZ4X

Toyota bZ4X ini adalah mobil listrik Toyota yang pertama di Indonesia berbentuk SUV 5 penumpang. Harganya dibanderol mulai dari Rp1.190.000.000. 

Baca juga: Yuk Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Membeli Mobil Listrik!

Mobil menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform ini selain memiliki bobot yang lebih ringan dan struktur yang lebih rigid, bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Untuk Indonesia, Toyota menghadirkan varian Front Wheel Drive (FWD) yang dibekali baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh, mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil butuh waktu 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Baca juga: Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230V/32A akan memakan waktu 9-10 jam. Jika baterai tersebut terisi penuh dapat mencapai jarak hingga 500 kilometer.

Tingkatkan pariwisata Indonesia di Labuan Bajo

labuan bajo

Di sisi lain, pemilihan Labuan Bajo sebagai lokasi KTT ASEAN adalah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia di sana. Seperti kita ketahui, Labuan Bajo yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, NTT, itu memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Deretan pesona alamnya dimulai dengan pulau eksotis, keragaman hayati bawah lautnya, hingga langitnya yang cantik. Ditambah lokasi ini merupakan gerbang menuju Taman Nasional Komodo, salah satu situs terbesar binatang purba yang masih bertahan hingga kini. 

Baca juga: Mobil Listrik Jadi Salah Satu Kendaraan Bebas Ganjil Genap saat Lebaran 2023

Selain itu, masih banyak destinasi pariwisata Indonesia yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo. Di antaranya Bukit Cinta, Puncak Amelia, Puncak Silvia, Gua Rangko dan masih banyak lagi.

Kehadiran Toyota bZ4X Ini sekaligus memberi pesan istimewa dan mempromosikan teknologi elektrifikasi kepada masyarakat luas, termasuk turis lokal dan mancanegara. 

Mari dukung dan doakan acara KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo nanti berjalan dengan sukses salah satunya berkat dukungan kendaraan elektrifikasi Toyota bZ4X.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.