Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cover Mobil Berbahan Plastik Bening, Amankah untuk Cat Mobil?

Cover mobil berbahan plastik bening kini tengah menjadi tren, namun bagaimana dengan kualitasnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cover mobil berbahan plastik bening

Salah satu cara untuk melindungi mobil dari debu dan hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil adalah dengan memakai cover.

Namun, bagaimana jika cover mobil yang digunakan untuk mobil berbahan plastik bening? Cover mobil jenis ini memang tengah menjadi tren, sebab penampilannya yang cukup unik. 

Umumnya, cover mobil akan menutupi bodi mobil secara penuh tanpa terlihat. Namun, berbeda dengan cover mobil berbahan plastik bening, yang memiliki keunggulan di mana kamu tetap bisa melihat fisik mobilmu karena sifatnya yang transparan.

Cover mobil berbahan plastik bening juga memiliki keunggulan lain, yakni bebas debu dan tidak meninggalkan baret-baret halus karena bahannya yang tidak tembus debu.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Meski memiliki beberapa keunggulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan cover mobil berbahan plastik bening. Salah satunya adalah tidak cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Jadi, sebaiknya digunakan pada garasi yang memiliki atap. Pasalnya, bila digunakan di luar ruangan, bisa meninggalkan flek water spot setelah beberapa hari pemakaian.

Water spot muncul karena suhu lembab

Hal ini terjadi karena suhu lembab di atas permukaan plastik bisa tembus ke bawah permukaan ketika terkena sinar matahari, sehingga akan muncul water spot di bodi mobil.

Dengan kata lain, cover mobil berbahan plastik bisa dibilang cukup aman untuk cat mobil apabila penggunaannya tepat, yakni di garasi yang teduh atau memiliki atap.

Sebagai opsi, kamu bisa menggunakan bubble cover untuk mobil kesayanganmu. Cover jenis ini menggunakan angin yang dihasilkan dari kompresor listrik.

Selain bentuknya yang menyerupai balon dan bersifat transparan, bubble cover juga lebih aman daripada cover mobil berbahan plastik bening.

Hal ini sebanding dengan harganya yang sedikit lebih mahal, sebab kualitasnya yang baik dan mampu melindungi mobil dari debu serta hal lain yang dapat merusak cat bodi mobil.

Makin bingung harus pilih cover mobil yang seperti apa? Yuk catat tipsnya berikut ini.

Tips memilih cover mobil

Jika menggunakan cover mobil dengan kualitas yang kurang baik, baret-baret halus bisa muncul pada permukaan cat mobil. Tak hanya itu, kualitas cat mobil juga akan menurun.

Salah satu tipsnya, sebaiknya pilihlah bahan cover mobil yang bagus dan anti air untuk mengurangi kelembaban dari bodi saat ditutup.

Selain itu, pilihlah material yang halus dan tidak cepat panas. Terutama jika kamu memilih cover mobil yang berbahan kain. 

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Kemudian, sebaiknya sesuaikan juga dengan kebutuhan. Bila memang parkiran mobil berada di luar atau tanpa atap, pilihlah jenis cover mobil outdoor, karena lebih ampuh dalam melindungi mobil dari sinar matahari dan memiliki bahan waterproof.

Dari segi harga, rata-rata jenis cover mobil outdoor lebih mahal karena lapisannya berbeda dengan cover mobil indoor.  Mulai dari lapisan terluar, lapisan kedua, lapisan ketiga, dan lapisan paling dasar, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dalam melindungi bodi mobil.

Lapisan terluar berfungsi untuk melindungi bodi mobil dari sinar matahari langsung dan juga hujan, lapisan kedua sebagai sirkulasi udara, ketiga dibuat dengan rongga untuk mencegah penguapan udara, dan yang paling dasar merupakan lapisan yang paling halus.

Lalu, jangan lupa perhatikan jahitannya, jangan sampai bagian yang dijahit itu tidak dilapisi. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran saat terguyur air.

Baca juga: Channel Youtube Modifikasi Mobil untuk Jadi Inspirasi Kamu

Memilih ukuran yang pas juga merupakan hal yang tak boleh disepelekan ketika memilih cover mobil. Oleh karenanya, pilihlah cover mobil yang fitted, hal ini ditujukan untuk meminimalkan adanya geserkan bila ada angin. 

Selain itu, memilih cover mobil yang fitted juga akan membuat tampilan mobil lebih proporsi saat dibungkus cover mobil.

Tak hanya dari segi penampilan, memberi perhatian pada mesin dan komponen-komponen lain pada mobil juga tak kalah penting agar performa mobil tetap terjaga.

Untuk itu, yuk kunjungi Seva.id. Sebab, Seva.id punya berbagai layanan yang siap bantu kamu menjaga performa mobil kesayanganmu.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.