Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kenapa Sebagian Orang Lebih Memilih Mobil Bekas? Ini Jawabannya

lampu stop mobil

Memiliki mobil idaman merupakan impian bagi sebagian orang, khususnya para pencinta otomotif. Namun, mobil idaman tersebut tidak harus dalam kondisi baru. Bisa saja mobil yang diinginkan adalah mobil bekas atau second.

Pasar mobil bekas juga sudah lama menjadi alternatif bagi konsumen, dan menjadi angin segar bagi mereka yang ingin memiliki mobil dengan budget sesuai kantong.

Namun, selain harga yang lebih terjangkau, sebetulnya ada banyak lagi alasan mengapa sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada mobil baru. Apa saja? Ini dia 5 alasan orang lebih memilih mobil bekas.

1. Harga lebih murah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alasan yang paling sering terdengar ketika membeli mobil bekas adalah harganya yang lebih murah daripada mobil baru. Memang, harga mobil bekas pastinya berada di bawah harga mobil baru dan harga tersebut menjadi faktor utama bagi sebagian orang ketika membeli mobil.

Lalu, banyaknya program perbankan yang menawarkan kredit mobil bekas semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan mobil idaman mereka. Apalagi ditambah dengan tingkat bunga yang rendah, kredit kendaraan pun jadi semakin ringan.

2. Depresiasi harga tidak signifikan

Bila dibandingkan dengan mobil baru, penurunan harga mobil bekas biasanya lebih kecil. Depresiasi harga mobil baru biasanya berkisar di antara 15 sampai 25 persen. Sedangkan penurunan harga mobil bekas bisa lebih rendah dari itu.

Namun, depresiasi harga mobil juga dipengaruhi oleh banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Semakin banyak mobil baru yang bermunculan, maka semakin turun juga nilai mobil yang sebelumnya sudah lebih dulu dikeluarkan pabrikan.

Selain itu, penurunan harga juga tetap bergantung pada kondisi mobil. Untuk itu, jika tidak ingin harga mobil Anda turun drastis, ada baiknya Anda selalu melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi agar kondisi mobil tetap prima.

3. Surat-surat sudah tersedia

Ini juga merupakan salah satu keuntungan membeli mobil bekas. Anda bisa langsung memakainya untuk berkendara sehari-hari setelah Anda menyelesaikan pembelian kendaraan. Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu surat-surat kendaraan  selesai diproses.

Jika Anda memang membutuhkan mobil yang bisa dipakai secara cepat, membeli mobil bekas dapat menjadi solusi yang tepat.

4. Fitur yang didapat sama dengan mobil baru

Jangan meragukan fitur yang ditawarkan oleh mobil bekas. Jika tahun pembuatan, jenis, dan spesifikasi mobil sama (atau tidak jauh berbeda), maka fitur yang ada di mobil bekas pun akan sama atau tidak berbeda jauh dengan fitur yang tersedia di mobil baru.

Namun, Anda harus mengecek fitur-fitur tersebut terlebih dahulu sebelum membeli, untuk memastikan bahwa fitur yang ada dapat bekerja dengan sempurna. Jangan lupa untuk bertanya kepada penjual jika ada sesuatu yang kurang dimengerti.

Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas dengan Kualitas Mobil Baru

5. Kualitas tidak jauh berbeda

Terakhir adalah kualitas mobil bekas yang tidak jauh berbeda dengan mobil baru. Tetapi kembali lagi, kualitas mobil tergantung dari perawatannya. Untuk itu, jika Anda ingin membeli mobil bekas, pilihlah dealer yang terpercaya.

Seva.id bekerjasama dengan Mobil88 memiliki standar tinggi ketika menjual mobil bekas pada konsumen, yaitu bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, serta nomor rangka dan mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

Mobil88 juga menjamin mobil-mobil yang mereka jual bukan mobil bekas mutasi dari luar daerah, cat mobil asli, spareparts orisinil, dan kepemilikan tidak lebih dari tangan ketiga. Intinya, seluruh kendaraan pasti akan melalui proses inspeksi menyeluruh dari Mobil88 setelah akuisis dilakukan.

Semua hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa unit kendaraan yang akan dijual kembali memiliki kondisi yang prima, baik secara mesin, suspensi, eksterior, maupun interior.

Itu dia 5 alasan orang lebih memilih mobil bekas. Tunggu apa lagi? Dapatkan mobil bekas impian Anda di Seva.id! Selain jaminan berkualitas dari Mobil88, Anda pun bisa mendapatkan banyak manfaat!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.