Search Cars

Baru

Bersiap, Tahun 2024 Lowongan Kerja CPNS Tersedia 1,3 Juta Orang

Kamu masih punya kesempatan untuk jadi PNS tahun depan karena lowongan kerja CPNS dibuka untuk 1,3 juta pelamar di tahun 2024.

lowongan kerja

Pada tahun 2024 mendatang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan, pemerintah akan membuka lowongan kerja untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Tidak tanggung-tanggung, jumlah lowongan kerja untuk pegawai negeri sipil yang dibutuhkan di Indonesia tembus hingga angka 1,3 juta orang.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja mengatakan, formasi  ini ditujukan untuk lembaga pemerintah, termasuk kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di berbagai wilayah di Indonesia

Baca juga: Mau Daftar CPNS 2023? Ternyata Segini Gaji PNS Lulusan S1

Menurut Aba, kebutuhan akan 1,3 juta CPNS itu didasarkan atas tiga perhitungan.

“Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023,” kata Aba dalam keterangan resminya, (6/11).

Perhitungan lowongan kerja PNS

pegawai negeri ASN

Hal kedua disebutkan Aba adalah jumlah ASN (Aparatur Sipil Negara) yang pensiun pada 2024. Seperti diketahui, setiap tahunnya pasti selalu ada saja pegawai negeri yang pensiun, kan?

Baca juga: Gaji PNS Naik Tahun Depan, Apakah Berimbas Terjadinya Inflasi?

Nah, formasi pegawai yang pensiun ini tentunya harus segera diisi. Dan yang terakhir, jumlah kebutuhan riil di lapangan.

Ketersediaan 1,3 juta formasi CPNS ini diharapkan Aba dapat menjawab keluhan para fresh graduate yang kurang beruntung di pendaftaran lowongan kerja CPNS 2023 ini.

Untuk diketahui, pendaftaran lowongan kerja Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2023 pada departemen atau instansi kementerian hanya dibuka dalam jumlah formasi yang sangat sedikit. Sehingga banyak fresh graduate yang kecewa lantaran tidak bisa memilih formasi sesuai dengan prodi pendidikannya.

Baca juga: Mobil Dinas Tidak Boleh Dipakai untuk Mudik, Bagaimana Aturannya?

Selain itu, formasi PPPK hanya diperuntukkan bagi yang sudah berpengalaman.

“Kami mendapatkan banyak keluhan dari fresh graduate, mengapa formasinya sedikit sekali. Para fresh graduate ini hanya bisa melamar di formasi CPNS, karena PPPK butuh pengalaman kerja,” ungkap Aba.

Tidak terpenuhi setiap tahun

gaji PNS bonus

Masih kata Aba, di departemen PANRB sendiri memberi ruang formasi kebutuhan yang besar dari tahun ke tahun. Tapi memang pemenuhan formasinya itu tidak optimal.

Baca juga: Tunjangan dan Gaji Pegawai Kemenkeu, Bisa Beli Mobil Apa Saja Sih?

Misalnya, ada kebutuhan CPNS dan PPPK nasional sebanyak 1.030.751 di tahun 2023. Tapi di sisi lain banyak instansi yang tidak mengusulkan formasi dan beberapa pemda yang tidak memaksimalkan usulan lowongan kerja untuk formasi mereka.

Jumlah yang ditetapkan tahun ini sebanyak 572.496 formasi ASN (data per 1 Agustus 2023).

Secara serentak, lowongan kerja CPNS di wilayah Indonesia dibuka pada 15 September lalu, sebagaimana diumumkan dalam unggahan akun Instagram @bkngoidofficial, (24/8). Sementara itu, pelaksanaan seleksi CPNS 2023 dimulai sesuai dengan pengumuman dari kementerian, departemen atau lembaga terkait.

Baca juga: Cicilan Mobil Terjangkau, Bagaimana Cara Hitungnya?

Setelah lowongan kerja ditutup, seluruh tahapan seleksi CPNS 2023 dan PPPK dilakukan secara online melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Mengutip laman resmi KemenPAN-RB, jumlah formasi yang dibuka untuk CPNS 2023 adalah sebanyak 572.496 orang, yakni CPNS 28.903 orang dan PPPK 543.593 orang. Jumlah ini (572.496 orang) terbagi untuk 72 instansi di pemerintah pusat sebanyak 78.862 orang dan di pemerintah daerah sebanyak 493.634 orang.

Rincian formasi lowongan kerja yang dibuka sebagai berikut: 

Baca juga: Awas, Ini Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

  • Pemerintah Pusat (78.862 orang): CPNS 28.903 orang, PPPK 49.959 orang
  • Pemerintah Daerah (493.634 orang): PPPK Guru 296.084 orang, PPPK Tenaga Kesehatan 154.724 orang, PPPK Teknis 42.826 orang

Buat kamu yang masih ingin mencoba peruntungan jadi pegawai negeri, ayo persiapkan dirimu untuk pendaftaran di tahun 2024 nanti. Kamu pasti bisa!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.