Search Cars

Tips & Rekomendasi

8 Perawatan Mobil Sendiri Sambil Ngabuburit Menunggu Waktu Buka Puasa

Kegiatan perawatan mobil bisa menjadi cara untuk mengisi waktu sambil menunggu buka puasa. Apa saja yang yang bisa dilakukan?

perawatan mobil

Perawatan mobil sebaiknya dilakukan secara rutin agar performa kendaraan tetap maksimal. Namun, kegiatan tersebut juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa. 

Dibandingkan hanya berdiam diri saja, tentu melakukan perawatan mobil bisa menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat. Tidak perlu harus ke bengkel, pemilik mobil bisa melakukannya sendiri di rumah. 

Apa saja komponen-komponen yang harus diperhatikan? Cek infografis berikut ini ya

perawatan mobil

Agar biaya perawatan mobil tidak membengkak

Jika ingin melakukan perawatan mobil di bengkel, sebaiknya ketahui beberapa hal agar biayanya tidak sampai membengkak. Apa saja ya?

Memiliki asuransi kendaraan

Tips agar biaya perawatan mobil tidak membengkak salah satunya dengan memiliki asuransi kendaraan. Bagi para pemegang polis asuransi, biaya yang harus dikeluarkan biasanya akan ditanggung jika memang memenuhi syarat. 

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Agar biaya yang dikeluarkan bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi, pemilik mobil hanya perlu melakukan klaim. Usahakan pilih asuransi mobil all risk yang akan melindungi mobil secara menyeluruh entah itu karena kecelakaan, kerusakan, atau hal eksternal lainnya.

Gunakan bahan bakar yang sesuai

bisnis SPBU

Gunakan bahan bakar atau BBM yang sesuai dengan standar pabrikan agar mobil tidak rusak. Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat ini pada akhirnya bisa berpengaruh pada performa mesin mobil dan tentunya jika dibiarkan bisa membuat biaya servis akan semakin mahal. 

Perawatan mobil di bengkel resmi

Untuk mencegah biaya servis mobil membengkak, sebaiknya pilih bengkel resmi untuk melakukan perawatan mobil rutin. Selain dilakukan oleh tenaga mekanik yang berpengalaman dan terlatih, servis di bengkel resmi memberikan jaminan pekerjaan dan spare part asli.  

Baca juga: Halangi Ambulans Saat Darurat, Siap-Siap Menerima Sanksi

Hal ini tentunya bisa memberikan keuntungan lain karena bisa mengurangi risiko biaya servis yang membengkak. Penggunaan spare part yang asli juga tentunya akan lebih awet sehingga tidak perlu sering-sering menggantinya. 

Bagaimana, sudah tahu kan untuk ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa nanti akan melakukan kegiatan apa? Pastikan kegiatan yang dilakukan tersebut adalah kegiatan yang bermanfaat ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.