merokok dalam mobil

Merokok Dalam Mobil, Apa Saja Efek Merugikan yang Akan Ditimbulkan?

merokok dalam mobil

Bila kamu seorang perokok aktif, pertimbangkan matang-matang untuk tidak merokok dalam mobil. Selain membuat interior kabin mobil bau, orang yang menumpang bisa turut menerima dampak buruk dari rokok. 

Bagaimana bila merokok dalam mobil sambil membuka kaca mobil? Tetap saja, bahaya asap rokok mencemari kabin dan zat adiktifnya mencemari seisi interior mobil. Jangan lakukan!

Dampak merokok dalam mobil

merokok dalam mobil

Agar lebih jelas, pahami apa saja dampak merokok dalam mobil dan pengaruhnya pada bagian dalam kendaraan.

Timbulkan bau tak sedap

AC Mobil Bau

Terlalu sering merokok dalam mobil, meski membuka kaca, memungkinkan asap rokok mengendap di interior mobil dan menimbulkan aroma tak sedap pada dasbor, jok, langit-langit mobil, dan lainnya. 

Baca juga: Aksi Pelemparan Batu di Tol Sebabkan Kaca Mobil Rusak, Bagaimana Antisipasinya?

Endapan asap rokok ini akan sangat sulit sekali dihilangkan, terutama bila interior mobil berbahan fabric. 

Ini mungkin tidak akan kamu rasakan karena sehari-harinya kamu terbiasa dengan aromanya. Tapi ini akan mudah sekali dirasakan penumpang lain yang menumpang mobil kamu.

Merokok dalam mobil merusak interior

Toyota New Alphard

Pasti ada saja kemungkinan rokok (yang masih menyala), bara api, atau abu panasnya jatuh ke jok, dasbor, setir atau interior lainnya yang dekat dengan posisi kamu. Hal itu bisa menyebabkan interior bolong, gosong, hangus atau meninggalkan bekas lain yang merusak penampilan dalam mobil.

Baca juga: Melewati Jalan Rusak Seperti di Lampung? Ini Cara Aman untuk Melaluinya

Selain itu, asap rokok yang panas akan menempel secara bertahap di berbagai sudut kabin, dasbor, dan headliner atau langit-langit mobil. Lama kelamaan ini akan menimbulkan gosong atau bercak kuning pada bagian-bagian tersebut. 

Komponen AC tercemar

ac tidak sedap

Walaupun saat merokok kamu mematikan AC, tetap saja asap dan sisa-sisa rokok bisa mengotori kabin. Tidak hanya itu, tapi juga mencemari sirkulasi dan komponen AC mobilmu. Dan salah satu komponen AC yang paling tercemar adalah filter dan evaporator AC. 

Tahu sendiri, kan,  kalau rokok mengandung zat bahaya yang mudah menyatu dengan angin yang dikeluarkan AC. Dan ini bakal membuat sirkulasi AC jadi ikut bau dan bikin aroma kabin jadi tidak nyaman.

Baca juga: Bertemu Koboi Jalanan Mengancam Dengan Senpi, Apa yang Harus Dilakukan?

Dan satu lagi, meski filter kabin sudah diganti, bau asap rokok tetap akan sulit hilang. 

Mobil sulit dijual

keuntungan beli mobil kredit

Jika kamu berniat menjual mobilmu, jangan harap akan terjual dalam waktu dekat. Bau tak sedap di dalam kabin mobil, terutama langit-langit mobil, tidak bisa disembunyikan, apalagi bau rokok. Bau ini dapat dengan mudah dirasakan calon pembeli, meski kamu sudah menyemprotkan pewangi ke dalam kabin mobil.

Ditambah lagi, indikasi langit-langit dan dasbor mobil yang menguning, serta adanya bekas terbakar atau gosong pada jok atau lainnya.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata di Guci, Benarkah Rem Parkir Mudah Dilepas Anak-anak?

Ingat, butuh biaya yang tak sedikit untuk membersihkan seluruh fasilitas interior mobil dan menghilangkan bau tak sedap di dalamnya, loh. Jadi, usahakan aroma mobilmu tetap bersih dan segar. 

Dampak merokok dalam mobil bagi pengemudi kendaraan

merokok dalam mobil

Kebiasaan merokok dalam mobil, tidak hanya berdampak buruk bagi pengendara kendaraan, tapi juga penumpang mobil lain. Bayangkan bila kamu menghirup endapan asap rokok tersebut setiap hari, seperti bayi atau lansia. 

Zat beracun yang menempel di seluruh bagian interior mobil, bila tak segera dibersihkan, bisa jadi sarang penyakit. Sebut saja mengganggu pernapasan dan sistem paru-parumu, iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan, serta memperburuk kondisi alergi atau asma.

Baca juga: Viral Warga Bekasi Beli Mobil Tetapi Bikin Garasi di Jalan

Belum lagi dengan paparan polusi kendaraan dari luar ketika kamu buka kaca mobil saat merokok dalam mobil. Polusi udara yang bercampur dengan asap rokok tentu bisa jadi kombinasi sempurna bagi sumber penyakit.

Hal membahayakan lainnya saat merokok dalam mobil adalah: 

merokok dalam mobil
  • Asap rokok bisa mengganggu pandangan pengemudi kendaraan. 
  • Terganggunya konsentrasi mengemudi karena pengemudi harus memegang rokok sekaligus setir, ditambah lagi membuang abu rokok melalui kaca mobil
  • Asap yang keluar dari mulut pengendara keluar melalui kaca dan tertiup mengenai pengguna jalan lain –begitu juga dengan abu atau puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Baca juga: Kondisi Panas yang Ekstrem Bisa Picu Mobil Terbakar, Apa yang Harus Dilakukan?

Jadi, bila kamu adalah pengemudi kendaraan yang suka merokok dalam mobil, hentikan segera kebiasaan itu. Bila memang sudah tak tahan ingin merokok, menepi dan parkir mobil di tempat yang aman dan kamu merokok di area yang sudah disediakan. 

Ingat untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan dirimu dan penumpang lain dengan berhenti merokok dalam mobil.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *