Search Cars

Berita Utama Otomotif

Toyota Vios Pamit, Benarkah Stop Produksi?

Toyota Vios pamit dan stop produksi. Benarkah demikian? Pasalnya, video perpisahan sedan lincah dan bandel itu telah viral.

Toyota Vios pamit

Toyota Vios pamit, menjadi perbincangan netizen. Sebuah video yang menunjukkan para karyawan pabrik mengucapkan selamat tinggal pada sedan entry level tersebut menjadi muaranya.

Mengingat kisah sukses dan manisnya sejarah Toyota Vios, sepertinya janggal jika PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal menghentikan produksinya. Jadi, benarkah kabar yang beredar tersebut? 

Belum terkonfirmasi

Kabar berhentinya produksi yang membuat indikasi Toyota Vios pamit dari Indonesia, sebenarnya belum terkonfirmasi. 

Baca juga: Agar Tidak Tertukar di GIIAS 2022, Ini Beda Veloz dan Avanza

Menurut kabar yang dikutip dari laman Liputan6, Bob Azam sebagai Direktur Corporate External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tidak memberikan jawaban langsung.

“Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor), kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga,” sebut Bob.

Lebih lanjut, pihaknya hanya menjanjikan pengumuman kabar pada waktu yang tepat. “Selain itu, kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya,” terang Bob.

Baca juga: Benarkah Toyota Innova Hybrid Bakal Launching di GIIAS 2022?

Melihat dari pernyataan tersebut, sepertinya kabar santer yang menyebut Toyota Vios pamit memang akan jadi kenyataan.

mobil sedan

Toyota Vios pamit

Ada satu hal yang membuat para netizen percaya bahwa sedan legendaris Toyota ini akan dihentikan produksinya. 

Saat ini diyakini, Toyota sedang menyiapkan sedan pengganti Vios yang diproduksi di Thailand. Model terbaru ini kabarnya bakal diluncurkan di Negeri Gajah Putih pada tanggal 9 Agustus mendatang.

Baca juga: Prediksi Mobil Listrik Terbaru yang Bakal Mejeng di GIIAS 2022

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah pembaruan ditawarkan pada model terbarunya itu, sebut saja kehadiran teknologi hybrid dan pilihan mesin 1.500 cc serta 1.200 cc.

sejarah toyota vios

Sejarah Toyota Vios

Toyota Vios hadir menyapa konsumen Tanah Air pertama kali pada tahun 2003. Kehadirannya untuk menerobos kelas sedan subcompact yang saat itu belum marak persaingan.

Kehadiran Vios juga dikatakan menjadi suksesor sedan besutan sebelumnya, Toyota Soluna, yang telah dihentikan produksinya.

Baca juga: Mobil Wanita Karir, Apa Saja yang Cocok?

Vios generasi pertama mengusung mesin 1.500 cc berkode 1NZ-FE, 4 silinder berteknologi DOHC VVTi, dengan tenaga 109 daya kuda pada 6.000 RP dan torsi 141 Nm pada putaran 4.200 RPM. 

Setelah edisi facelift tahun 2005, Toyota Vios generasi kedua hadir pada 2007 dengan mesin yang sama namun dilengkapi Intelligent Drive by Wire ETCS- i yang membuatnya irit BBM dan ramah lingkungan.

sejarah toyota vios

Fiturnya lebih lengkap dengan sepasang airbag, dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), serta collapsible steering column pada semua varian. 

Baca juga: Kenapa Mobil Penggerak Roda Depan Susah Nanjak?

Generasi ketiga lahir pada 2013 ditandai dengan pembuatan langsung di pabrik TAM di Karawang, Jawa Barat. Terdapat pembaruan desain gril dan fascia depan. 

Kemudian, mesinnya sedan ini mengalami penyegaran pada tahun 2018 dengan kapasitas sama 1.500 cc berkode 2NR-FE dengan Dual VVT-i. 

Fitur keselamatan pun makin canggih dengan tambahan airbag sebanyak 7 titik, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensor, dan Emergency Brake Signal.

mobil sedan

Penjualan Vios

Sepanjang kehadirannya, Toyota Vios disambut hangat oleh konsumen Tanah Air. Tidak hanya itu, bandel dan iritnya mesin Toyota Vios membuat unitnya sempat menjadi pilihan salah satu armada taksi terbesar di Tanah Air. 

Baca juga: Punya Mobil Tua Karburator Banjir, Apa Sih Penyebabnya?

Tercatat sejak tahun 2006 sampai Juli 2022 ini, telah terjual sebanyak 37.580 unit. Penjualan terbanyak tercatat pada tahun 2008 sebanyak 6.098 unit. 

Sayangnya penjualan mobil ini mengalami penurunan, pada periode Januari sampai Juli tahun 2022, Toyota Vios hanya mencatatkan penjualan sebanyak 121 unit saja.  

Jadi, Toyota Vios pamit apakah akan segera diumumkan resmi, atau malah akan diberikan facelift seperti saudaranya Toyota Yaris?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.