Search Cars

Berita Utama Otomotif

Terdapat 9 Titik Rawan Kecelakaan di Jalan Tol, Ada Dimana Saja?

Terdapat titik-titik rawan kecelakaan di jalan tol yang harus diperhatikan oleh para pemudik. Ada dimana saja lokasi-lokasinya?

titik rawan kecelakaan

Titik rawan kecelakaan perlu diwaspadai oleh para pemudik terutama saat hendak melintas di beberapa ruas jalan Tol Trans Jawa. Dengan mengetahui beberapa titik tersebut, perjalanan mudik kamu akan menjadi aman dan nyaman.

Para pemudik yang ingin melewati Tol Trans Jawa perlu berhati-hati karena terdapat 9 lokasi yang rawan terjadi kecelakaan. Lokasi tersebut sering disebut juga sebagai black spot atau area yang merupakan daerah rawan kecelakaan. 

Baca juga: Musim Mudik Sering Ada One Way dan Contra Flow, Apa Artinya?

Menurut Korlantas Polri, titik black spot memiliki poin kecelakaan mencapai 30. Menurut Direktur Penegakkan Hukum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menjelaskan bahwa daerah yang memiliki kriteria black spot sekitar 500 meter dari titik black spot

Titik rawan kecelakaan di jalan tol

kecelakaan

Menurut Korlantas Polri, terdapat 9 titik black spot di kawasan Trans Jawa. Ada dimana saja lokasinya?

1. Tol Jakarta-Merak Km 68

2. Tol Jakarta-Merak Km 64

3. Tol Jakarta-Cikampek Km 48

4. Tol Jakarta-Cikampek Km 66A

5. Tol Cikopo-Palimanan Km 78

6. Tol Cikopo-Palimanan Km 131

7. Tol Solo-Ngawi Km 552

8. Tol Solo-Ngawi Km 569

9. Tol Ngawi-Kertosono Km 639

Baca juga: Catat Jalan Alternatif Sleman Yogyakarta Saat Macet Mudik 2023

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tingkat kecelakaan tertinggi dengan mencapai 526 kasus pada tahun 2022 ada di ruas Tol Tangerang-Merak. Sementara angka kematian terbanyak adalah Jakarta-Cikampek, yakni 67 korban jiwa.

BPJT menyebut faktor-faktor penyebab kecelakaan di Indonesia sekitar 61 persen disebabkan oleh faktor manusia. Penyebab yang paling banyak yaitu terkait dengan kemampuan dan karakter pengemudi. 

Baca juga: Waspada Saat Mudik, Ini 5 Jalan Tol dengan Tingkat Kecelakaan Tinggi

Faktor kecelakaan selanjutnya adalah prasarana dan lingkungan (30 persen) dan terakhir adalah faktor kendaraan.  Untuk faktor kendaraan, kaitannya dengan pemenuhan persyaratan teknik laik jalan.

Tips mencegah kecelakaan di jalan tol ketika mudik

foto korban kecelakaan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi di jalan tol agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Apa saja itu?

  • Cek kesiapan kendaraan sebelum digunakan perjalanan jauh, pastikan kondisi tekanan ban sesuai standar. Pastikan juga mesin kendaraan terawat, servis teratur, dan mengemudi tidak ugal-ugalan.
  • Perhatikan kondisi fisik, perilaku hidup sehat saat berkendara dapat mencegah atau mengurangi kejadian kecelakaan lalu lintas di jalan tol.
  • Pengemudi juga perlu memperbanyak konsumsi sayur, air dan buah, dan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat. 

Prediksi puncak arus balik 

ganjil genap mudik

Perlu diketahui, puncak arus balik Lebaran 2023 diperkirakan akan terjadi pada H+2 yaitu Selasa 25 April 2023. Pergerakan yang masih cukup tinggi diprediksi masih akan terjadi hingga H+3 pada Rabu 26 April 2023.

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Tol, Cari Tahu Perbedaan Jenis-jenis Rest Area

Selain penyiapan rekayasa lalu lintas dan peningkatan fasilitas jalan, Kemenhub mengimbau untuk menggunakan mobil pribadi. Hal ini dilakukan agar perjalanan mudiknya lebih nyaman. 

Jadi, buat kamu yang ingin melalui ruas jalan tol sebaiknya hati-hati ketika melewati titik-titik rawan kecelakaan di jalan tol. Pastikan sampai tempat tujuan dengan selamat ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.