rencana liburan

Rencana Liburan dengan Berkemah, Inilah Daftar Mobil yang Cocok untuk Digunakan

rencana liburan

Rencana liburan tengah tahun kali ini kamu mau ke mana? Kemping, yuk! Kalau kemping menggunakan tenda atau glamping (glamour camping) itu sudah biasa. Bagaimana kalau rencana liburan kali ini kempingnya di mobil? Selain seru, antimainstream juga!

Oleh karena kempingnya di mobil, artinya kamu harus cari kendaraan yang bisa dukung aktivitas kempingmu. Beberapa kriteria yang mesti ada pada kendaraan di rencana liburan kali ini adalah kabinnya harus luas, memiliki pintu geser (sliding door), dan ground clearance tinggi. 

Berikut ini beberapa rekomendasi mobil yang bisa kamu bawa berkemah pada rencana liburan kamu.

Rencana liburan lewat medan offroad

toyota hilux gr sport

Untuk liburan yang melintasi medan offroad, pilihlah kendaraan dengan ground clearance ideal seperti Toyota Fortuner dan Toyota Hilux. 

Baca juga: Teknologi Radar Mobil Diklaim Hilangkan Blindspot, Bagaimana Cara Kerjanya?

Toyota Fortuner dibekali mesin 4 silinder segaris, dengan kubikasi minimal 2.400 cc, berpenggerak roda 4×2 dan ground clearance ideal 216 milimeter. Sangat cocok dibawa melibas medan-medan terjal atau semi offroad

Sementara Toyota Hilux menggendong mesin diesel dengan kubikasi 2.400 cc, berpenggerak roda 4×4 dan ground clearance 212 milimeter. Jelas mumpuni juga untuk kamu bawa menjelajah medan kemping di perbukitan dan kontur jalan menanjak. 

kredit toyota fortuner

Baik Toyota Fortuner dan Toyota Hilux dapat juga kamu ubah menjadi campervan alias mobil yang difungsikan sebagai tempat kemah. Lobi yang lega dan konfigurasi jok yang mudah diatur pada Toyota Fortuner akan memudahkan ide berkemah di dalam mobil.

Baca juga: Penyebab Spion Elektrik Rusak dan Berapa Biaya untuk Perbaikannya?

Untuk Toyota Hilux single cabin, area bak terbukanya dapat kamu fungsikan sebagai tempat mendirikan tenda. Praktis bukan? 

Lalu, rekomendasi mobil apa yang cocok digunakan saat harus berkemah di area non offroad, misalnya seperti di tepi pantai atau hamparan padang rumput? Berikut pilihan mobilnya.  

Toyota Voxy

toyota all new voxy

Desain terbaru Toyota Voxy lebih modern dan mewah. Menggunakan mesin Toyota 2.0L Dynamic Force terbaru, DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i. Kabin Toyota Voxy juga luas dan fleksibel sehingga sangat ideal dipakai sebagai campervan.

Baca juga: Menghitung Budget Liburan Akhir Tahun untuk Trip ke Bali

Untuk daya maksimum Toyota Voxy sebesar 152 daya kuda pada 6.100 RPM dan torsi maksimum 20,6 kgm/ 4.900 RPM. Ditambah ada transmisi CVT yang halus, responsif, dan effortless.

Perjalanan terasa makin aman karena adanya fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 dan platform TNGA 2.0. Dijamin rencana liburan kamu kali ini makin menyenangkan.

Liburan dengan Daihatsu GranMax MB

modifikasi Daihatsu Granmax

Daihatsu GranMax MB layak banget masuk sebagai kategori mobil berkemah. Kabinnya cukup lega dan bisa dijadikan campervan juga. Selain itu, pintu tengahnya juga menggunakan model geser, sangat memudahkan aktivitas keluar-masuk kamu saat berkemah. 

Baca juga: Fungsi Snorkel pada Mobil Offroad, Benar Bisa Terobos Banjir?

Jangan menganggap remeh kendaraan ini hanya dengan melihat penampilannya, ya. GranMax MB juga cocok diajak jalan-jalan offroad, konsumsi bensinnya juga terbilang irit dengan perbandingan 1 liter untuk 14 kilometer perjalanan luar kota. .

Daihatsu Luxio

luxio

Rencana liburan dengan berkemah membawa Daihatsu Luxio pas banget. Kendaraan ini juga memiliki kabin yang lapang, salah satu modal yang bagus untuk bikin campervan. Dan lagi, menggunakan pintu geser juga.

Meski masih satu basis dengan GranMax, tapi suspensi Daihatsu Luxio masih jauh lebih empuk. Bantingannya juga lebih nyaman untuk menampung penumpang baik dalam kondisi penuh atau hanya pengemudi saja.

Liburan keluarga bareng Toyota Sienta

sienta

Toyota Sienta merupakan mobil tipe minivan yang pas sekali untuk kebutuhan keluarga. Mobil berkapasitas kabin 7 penumpang ini didesain menarik dan elegan untuk tipe mobil MPV. 

Baca juga: Ide Cari Uang Tambahan Untuk Liburan Tengah tahun

Mesin Toyota Sienta berkapasitas 1.5 L dengan tenaga sebesar 107 daya kuda dan torsi 14.3 Kgm. Ditambah ground clearance 133 milimeter, masih cocoklah  menemani rencana liburan kamu yang ingin campervan di alam terbuka. 

Tips rencana liburan campervan

liburan keluarga

Kamu dan keluarga akan dapat banyak sekali petualangan seru saat berkemah dengan mobil. Kamu bisa memasang tenda di belakang mobil (terkoneksi dengan bagasi) atau di atap mobil agar terhindar dari binatang.

Ini tips berkemah menggunakan mobil untuk rencana liburan mendatang: 

Baca juga: Cek Fakta Lebih Bandel Mesin Toyota Diesel atau Bensin?

  • Siapkan makanan sesuai kebutuhan. Jangan sampai kamu kehabisan makanan di lokasi kemping.
  • Pilih tempat yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Ada baiknya sebelum ke sana kamu survey tempat dulu. Kamu perlu tahu bagaimana medan jalan menuju ke lokasi. Liburan jadi gak asik kan kalau ternyata mobilmu tidak bisa masuk ke lokasi kemping? 
  • Pilih kendaraan yang tepat. Namanya juga tempat kemping, tidak mungkin jalurnya mulus-mulus saja. Pastikan ground clearance kendaraanmu cukup tinggi agar bisa menghadapi semua kondisi medan jalan, dan cocok digunakan offroad.
  • Servis kendaraan sebelum berangkat, dan pastikan semua sparepart-nya dalam keadaan prima. Beberapa jalur kemping sangat sulit dilalui, jangan sampai kendaraanmu mogok di jalan. 
  • Bahan bakar terisi penuh.

Jadi, rencana liburan kemping nanti kamu mau bawa kendaraan yang mana? Apapun pilihanmu, isi rencana liburan kamu dengan petualangan seru. Dijamin dengan kendaraan-kendaraan di atas perjalanan kamu menuju ke tempat kemping jadi lebih aman dan nyaman meski medan jalan menantang.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *