Search Cars

Travel & Lifestyle

Perawatan Coilover yang Tepat Agar Tetap Nyaman dan Tahan Lama

Perawatan Coilover yang Tepat Agar Tetap Nyaman dan Tahan Lama. Coilover adalah salah satu komponen penting pada suspensi mobil yang mempengaruhi kenyamanan dan handling kendaraan. Bagi kamu yang sering menggunakan mobil untuk perjalanan jauh atau travelling, memastikan coilover dalam kondisi baik adalah hal yang sangat penting. Perawatan yang tepat bukan hanya memperpanjang umur coilover tetapi juga meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Perawatan Coilover yang Tepat Agar Tetap Nyaman dan Tahan Lama

Baca Juga : Jangan Sampai Coilover Rusak Saat Kamu Liburan!

Kenali Fungsi Coilover

Sebelum kita bahas cara merawat coilover, penting untuk memahami fungsi dasar dari komponen ini. Coilover berfungsi sebagai penyangga dan pengatur tinggi rendahnya kendaraan serta menyerap guncangan yang terjadi selama perjalanan. Dengan coilover yang baik, mobil akan terasa lebih stabil, terutama saat melewati jalan yang tidak rata atau berkelok.

Langkah-Langkah Perawatan Coilover

Agar coilover kamu tetap dalam kondisi prima, ada beberapa langkah perawatan yang perlu dilakukan secara rutin. Berikut adalah panduan perawatan coilover yang bisa kamu lakukan:

1. Bersihkan Coilover Secara Berkala

Kotoran dan debu yang menempel pada coilover bisa mengurangi efektivitas komponen ini. Gunakan air bertekanan rendah dan sikat halus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Hindari penggunaan bahan kimia keras yang bisa merusak permukaan coilover. Lakukan pembersihan minimal sebulan sekali, terutama setelah kamu melewati jalanan berdebu atau berlumpur.

2. Periksa Kondisi Bantalan dan Segel

Bantalan (bushing) dan segel (seal) pada coilover bertugas untuk meredam getaran dan mencegah kebocoran oli. Periksa kondisi bantalan secara rutin. Jika ada tanda-tanda keretakan atau keausan, segeralah ganti dengan yang baru. Segel yang bocor juga harus segera diganti untuk mencegah oli keluar dan menyebabkan coilover tidak berfungsi optimal.

3. Lumasi Bagian yang Bergerak

Bagian yang bergerak pada coilover, seperti pegas dan piston, perlu dilumasi untuk mencegah karat dan memastikan gerakannya tetap mulus. Gunakan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen dan aplikasikan pada bagian yang bergerak secara berkala, misalnya setiap 10.000 km atau enam bulan sekali, tergantung pada seberapa sering mobil digunakan.

4. Periksa Tinggi dan Kekencangan Coilover

Coilover memungkinkan kamu untuk menyesuaikan tinggi rendahnya mobil sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu memeriksa tinggi dan kekencangan coilover secara berkala. Jika mobil terasa terlalu rendah atau tinggi, sesuaikan tinggi coilover sesuai kebutuhan. Jangan lupa juga untuk mengecek kekencangan baut dan mur untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Baca Juga : Wajibkah Perhatikan Coilover Sebelum Travelling? Yuk Cari Tau!

5. Ganti Oli Coilover Secara Rutin

Jika coilover kamu menggunakan oli sebagai pelumas, penting untuk menggantinya secara rutin. Oli yang lama bisa kehilangan viskositasnya dan tidak lagi mampu melumasi dengan baik. Ganti oli coilover setiap 20.000 km atau sesuai dengan rekomendasi pabrik. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan untuk memastikan performa coilover tetap optimal.

6. Periksa dan Kencangkan Baut dan Mur

Selama penggunaan, baut dan mur pada coilover bisa longgar karena getaran dan guncangan. Pastikan kamu memeriksa dan mengencangkan baut dan mur secara berkala. Jika ada yang hilang atau rusak, segera ganti dengan yang baru untuk menghindari masalah lebih besar di kemudian hari.

Itulah Mengapa Perawatan Coilover yang Tepat Agar Tetap Nyaman dan Tahan Lama. Perawatan coilover yang baik dan rutin sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Dengan melakukan perawatan yang tepat, coilover kamu akan tetap dalam kondisi prima dan siap menghadapi berbagai kondisi jalan. Jangan malas untuk rutin cek dan rawat coilover agar pengalaman berkendara kamu selalu nyaman dan a

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.