Search Cars

Berita Terbaru

Mesin Tiga Silinder Bergetar, Wajar atau Ada Kerusakan?

Mesin tiga silinder bergetar merupakan hal yang cukup sering terjadi, tapi tidak semua mobil mengalaminya. Namun apakah ini wajar?

mesin tiga silinder bergetar

Risiko mesin tiga silinder bergetar memang cukup besar dan terkadang menyebabkan engine mounting bermasalah. Beberapa contoh dari mobil dengan jenis ini bisa ditemukan pada mesin Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Meskipun demikian, bukan berarti jenis mesin ini tidak memiliki kelebihan. Beberapa kelebihannya adalah bobot mobil yang lebih ringan serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan mesin 4 silinder

Penyebab mesin tiga silinder bergetar

Sebenarnya bukan tanpa alasan mesin tiga silinder bergetar, salah satunya adalah pada cara kerja piston. Pada mesin tiga silinder, satu piston akan bekerja pada titik kerja maksimal atau disebut juga dengan Titik Mati Atas (TMA). 

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Sedangkan 2 piston lainnya, bertugas untuk menyeimbangkan tenaga mesin dengan jarak 120 derajat dari Titik Mati Bawah (TMB). Hal ini membuat mesin tiga silinder identik dengan getaran karena kinerja di ruang mesin yang tidak seimbang. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa mesin tiga silinder bergetar artinya mengalami kerusakan tidaklah benar. Ada beberapa mobil dengan mesin yang sama tidak mengalami getaran atau bahkan sudah dilengkapi dengan peredam sehingga getarannya tidak terlalu kuat. 

Penyebab mesin bergetar

mesin 3 silinder

Tidak hanya bisa terjadi pada mesin Daihatsu Ayla, ternyata mesin bergetar juga bisa dialami oleh mobil-mobil lainnya. Apa penyebabnya?

Setelan mesin yang tidak sesuai

Mesin bergetar bisa terjadi karena adanya kesalahan pada saat melakukan penyetelan. Kesalahan dalam melakukan penyetelan ini biasanya sering terjadi pada saat melakukan service mobil

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Pada umumnya kesalahan yang terjadi adalah mesin tidak terpasang sempurna pada engine mounting. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan mesin mobil tidak teredam dengan baik dan pada akhirnya mesin mengalami getaran. 

Masalah pada busi

busi mobil

Penyebab lain mesin bergetar adalah adanya masalah pada busi mobil. Busi adalah sebuah komponen kecil yang menyusun mobil dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kendaraan. 

Jika salah satu busi mobil yang dipasang mati, maka mesin mobil akan berjalan tidak sempurna. Mesin mobil yang tidak sempurna ini nantinya bisa menyebabkan getaran yang bisa sangat mengganggu. 

Gangguan pada piston

Mesin yang bergetar juga biasanya sering ditemukan pada mobil dengan mesin 1.000 cc. Salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada piston, misalnya adalah piston yang menjadi goyang sehingga gerakannya terganggu. 

Baca juga: Anti Gagal Saat Melakukan Ujian SIM A, Ini Tips dan Syaratnya!

Gangguan pada piston ini kemudian akan menyebabkan penurunan tenaga pada mesin. Penyebab piston menjadi goyang salah satunya adalah karena mengalami aus yang biasanya terjadi ketika pengemudi memacu mobil dalam kecepatan tinggi. 

Untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu tinggal mengganti piston dengan yang baru. Dengan begitu mesin mobil tidak akan bergetar lagi. 

Shockbreaker mengalami kerusakan

jenis shockbreaker mobil

Penyebab lain mesin mobil yang bergetar adalah karena adanya kerusakan pada shockbreaker. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menjaga mobil tetap stabil, terutama ketika mobil dijalankan agar penumpang yang berada di dalam kabin tetap merasa nyaman. 

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya

Shockbreaker yang rusak nantinya bisa menyebabkan mobil menjadi tidak seimbang. Hal ini bisa menimbulkan adanya getaran sehingga memang tidak selalu terjadi pada mobil dengan mesin 1.000 cc seperti yang mesin Daihatsu Ayla. 

daihatsu ayla

Agar masalahnya tidak bertambah, pemilik mobil sebaiknya harus langsung mengganti shockbreaker yang rusak tersebut. Jangan lupa juga untuk memastikan agar shockbreaker yang digunakan resmi dan sesuai dengan mesin mobil. 

Jadi, tidak hanya mobil dengan mesin 1.000 cc yang bisa mengalami getaran tetapi mobil dengan jenis mesin lain pun bisa terjadi. Agar mesin mobil tidak bergetar, pemilik mobil sebaiknya rutin melakukan perawatan pada mobil. 

Baca juga: Mobil Brebet Saat Digas, Apa Sih Penyebabnya?

Dengan melakukan pengecekan rutin, setiap kerusakan mobil bisa terdeteksi dengan cepat dan tentunya bisa langsung diatasi dan diperbaiki.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.