Search Cars

Tips & Rekomendasi

Dampak Pasang Busi yang Tidak Sesuai pada Mobil

Busi mobil menjadi fungsi yang penting dalam sistem pembakaran mesin. Jika penggunaannya tidak sesuai, apa dampak yang terjadi?

busi

Busi mobil memiliki fungsi untuk menjadi pemantik api agar terjadi pembakaran dan mobil bisa dinyalakan. Itulah mengapa komponen yang satu ini tidak boleh diperlakukan sembarangan dan asal-asalan. 

Usahakan jangan sampai salah pasang busi karena setiap mesin mobil memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Biasanya setiap pabrikan mobil sudah mencantumkan pada data spesifikasi kendaraan.  

Dampak salah pasang busi mobil

Jika salah dalam melakukan pemasangan, akan ada berbagai dampak merugikan yang bisa terjadi. Apa saja itu?

Penumpukan kerak di sistem pembakaran

mesin 3 silinder

Salah pasang busi mobil tanpa menyesuaikan heating rate atau tingkat pelepasan panas busi, bisa menyebabkan komponen tersebut meleleh. Penggunaan heating rate yang terlalu rendah akan lebih cepat membentuk karbon dan jika terlalu tinggi akan menyebabkan mobil overheat

Baca juga: All New Toyota Voxy Lebih Bertenaga, Nyaman, dan Aman

Suhu yang terlalu tinggi dan mobil overheat ini akan menyebabkan komponen ini meleleh. Ketika meleleh dan jika dibiarkan bisa memicu banyak kerak karbon dan sistem pembakaran mobil akan terganggu. 

Kerusakan drat dan ulir 

busi iridium mobil

Dampak lainnya adalah terjadinya kerusakan drat karena ukuran ulir yang berbeda. JIka ukuran drat tidak sama, misalnya terlalu renggang atau terlalu rapat tentunya akan merusak drat itu sendiri.

Selain itu ulir pada blok mesin juga akan berubah bentuknya. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada saat pemasangan busi. 

Komponen mesin yang rusak

mesin fortuner

Hal ini juga berkaitan dengan heat rate, jika salah pada saat pemasangan bisa meleleh dan insulatornya pecah. Insulator yang pecah ini dikhawatirkan bisa masuk ke ruang bakar dan akhirnya merusak piston atau blok seher. 

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Piston juga bisa mengalami kerusakan jika ulirnya terlalu panjang. Penyebabnya karena ujung elektroda lebih masuk ke ruang bakar dan berpotensi mengganggu gerak bebas kompresi piston.

Dampak yang bisa dirasakan adalah tarikan mesin akan berkurang. Kemudian bisa menyebabkan performa mesin mobil berkurang ataupun menggelitik (knocking). 

Mengalami turun mesin

turun mesin

Penggunaan yang tidak tepat juga akan berpengaruh pada mesin. Akibatnya adalah bisa sampai mengalami overhaul engine dan mesin harus dibongkar total dengan kata lain harus sampai turun mesin. 

Baca juga: Apa Sih Kelebihan Pertalite Pada Mobil?

Mesin dengan busi panjang sebaiknya tidak memakai busi pendek. Jika hal ini dilakukan, kepala busi akan masuk ke dalam area silinder dan tidak menghantam piston karena jarak bebas yang akhirnya tidak akan terjadi pembakaran di ruang bakar. 

Mesin yang harus menggunakan busi panjang, ketika dipasang busi pendek maka tidak akan menjorok ke luar. Pembakaran yang harusnya terjadi nantinya tidak akan terjadi.

Harga busi mobil

Busi Mobil

Mengenai harga busi mobil, sebenarnya tergantung dari jenis yang digunakan untuk mobil. Untuk yang berkualitas standar biasanya cukup murah, yaitu sekitar Rp10 ribu-Rp20 ribu saja. 

Baca juga: 9 Penyebab Mesin Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Sedangkan untuk harga busi mobil dengan kualitas yang lebih baik, bisa menggunakan jenis platinum atau racing. Biasanya lebih mahal sedikit, yaitu berkisar antara Rp20 ribu-Rp50 ribu. 

Namun jika ingin mendapatkan performa yang maksimal, bisa menggunakan busi iridium. Jenis ini agak sedikit lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp50 ribu-Rp150 ribu tetapi memang kualitasnya lebih baik dan lebih awet. 

Terlepas dari itu semua, hal yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan bahwa penggunaannya sudah sesuai. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan performa mobil yang maksimal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.