Search Cars

Modifikasi

Menggunakan Coilover Mobil, Apa Saja Kelebihan Bagaimana Cara Memasangnya?

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memasang coilover mobil. Apa fungsinya? Simak kelebihan dan cara memasangnya.

coilover mobil

Apa itu coilover mobil? Mungkin istilah ini awam bagi kamu, tapi tidak bagi pecinta otomotif. Coilover atau coil spring over shock adalah sejenis per suspensi (peredam kejut) yang menyatu dengan sokbreker mobil bagian depan.

Komponen tambahan ini bisa kamu pasang di hampir semua jenis mobil. Dan kamu juga bisa utak-atik atau ubah ketinggiannya sesuai dengan kenyamanan (sokbreker adjustable) dan estetika mobil. 

Kelebihan coilover mobil

coilover mobil

Pengubahan sokbreaker coilover mobil punya beberapa kelebihan dibandingkan sokbreker standar bawaan mobil. Apa saja? 

Baca juga: Pengemudi Waspadai Bahaya Berdekatan Dengan Truk Besar di Jalan Raya

  • Akurasi pengaturan tinggi kendaraan. Dengan coilover, kamu bisa mengatur tinggi kendaraan dengan presisi yang lebih tinggi. 
  • Shockbreaker adjustable di mana kamu bisa dengan mudah mengatur ketinggiannya. Terutama bila kamu sangat mengandalkan performa, coil spring over cocok sekali diaplikasikan pada mobilmu. 
  • Kinerja mobil jadi lebih baik dengan coilover, terutama dalam hal stabilitas saat menikung. Respons saat mengemudi di kecepatan tinggi juga lebih baik.
  • Gerakan mobil lebih fleksibel. Selain sokbreker adjustable, komponen ini dapat diatur sesuai kebutuhan (tinggi-rendah dan dan kekencangan pegas) sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan berbagai jenis permukaan jalan yang berbeda.
  • Bikin tampilan mobil makin keren. Beberapa orang senang memodifikasi tampilan agar kolong mobil menjadi rendah alias ceper. Mobil dengan ground clearance rendah lebih mempesona dan unggul dalam handling mobil. 

Namun selain kelebihan, pemasangan coilover mobil juga ada kekurangannya, terutama pada mobil dengan ground clearance atau kolong mobil rendah. 

Yakni, mobil yang dimodifikasi dengan kolong mobil rendah, memiliki kemungkinan besar coilover-nya  terkena air, debu, dan kotoran dari jalan. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kinerja dan memperpendek umur pakai komponen ini. 

Baca juga: Jenis Shockbreaker Mobil, Mana yang Lebih Baik, Gas atau Oli?

Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan air dan debu kotoran pada komponen ini secara teratur, terutama di musim penghujan

Dengan demikian sistem suspensi dan kolong kendaraan bebas air dan debu serta coilover tetap berfungsi baik dan terlindungi dari elemen-elemen yang bisa merusaknya.

Cara pemasangan

coilover mobil

Jika kamu ingin memasangnya secara mandiri, berikut ini langkah-langkah pemasangan coilover mobil yang bisa diikuti.

Baca juga: Toyota New Yaris 2023 Tampil Lebih Sporty, Cocok Bagi yang Berjiwa Muda

  1. Siapkan peralatan seperti jack, jack stand, kunci pas, kunci sok, obeng, dan tang.
  2. Angkat mobil menggunakan jack dan pasang jack stand untuk memberikan dukungan ekstra pada mobil.
  3. Lepaskan suspensi mobil yang lama menggunakan kunci pas dan kunci sok, kemudian periksa kondisinya.
  4. Pasang coilover mobil yang baru mengikuti instruksi pemasangan sesuai yang disarankan produsen (ada pada kemasan produk). Pastikan kamu mengencangkan kunci pas dengan benar dan tepat.
  5. Turunkan mobil dan atur tinggi kendaraan dengan mengatur ketinggiannya. Usahakan kamu menyetel ketinggian kendaraan secara merata di semua sisinya.

Bila kamu tidak bisa melakukannya sendiri, bawa ke bengkel dan mintalah bantuan mekanik bengkel saja.

Harga coilover mobil

fakta rupiah digital

Berapakah harga coilover ini? Harga coilover sangat bervariasi, tergantung pada merek, model, dan spesifikasi yang dipilih. Yang pasti, semakin berkualitas maka semakin tinggi harganya

Baca juga: 3 Modifikasi Mobil dan 10 Pelanggaran Lalu Lintas yang Dendanya Paling Besar

Tapi untuk memberikanmu gambaran kasar, harga coilover mobil berkisar antara Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000. Dan sebelum membelinya, pastikan kamu melakukan survei untuk mendapatkan komponen yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.