Mending Beli MPV Bekas atau LCGC Baru?

Mobil MPV bekas masih punya banyak penggemar. Namun jika harus membandingkan dengan mobil LCGC baru, lebih baik beli yang mana?

Multi Purpose Vehicle atau MPV bekas masih menjadi mobil yang digemari karena mampu menampung banyak penumpang. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga dirancang sebagai kendaraan yang dapat digunakan untuk beragam keperluan. 

Kabin yang lega dan daya angkut hingga 7 penumpang membuat mobil jenis ini sesuai dengan tipikal orang Indonesia yang senang berkumpul dan bepergian dalam kelompok.

Namun dengan hadirnya mobil Low Cost Green Car (LCGC) membuat pasar menjadi lebih fleksibel menentukan pilihan. Apalagi kini banyak juga LCGC yang mampunyai daya angkut 7 penumpang dan memiliki fitur layaknya MPV.

Baca juga: Mobil Toyota Terkencang yang Mengaspal di Indonesia

Jadi, dengan adanya mobil ramah lingkungan LCGC yang harganya lebih terjangkau, mana yang sebaiknya dipilih? Agar tidak bingung, catat beberapa hal ini untuk bisa dijadikan pertimbangan:  

Keunggulan MPV

Bicara keunggulan dari MPV, jelas ada beberapa hal yang bisa menjadi keunggulan dari mobil jenis ini: 

  1. Dimensi

Mobil MPV diciptakan sebagai mobil serbaguna, sehingga akan memiliki dimensi bodi yang cukup lega. Ini jelas untuk keperluan angkut penumpang sampai barang yang menjadi keunggulan pertama dari mobil jenis ini.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang KM 92, Bagaimana Cara Mencegahnya?

  1. Bodi 

Desain bodi mobil MPV jelas lebih kokoh dan memiliki desain yang berbeda materialnya dari mobil jenis LCGC. 

  1. Mesin

Salah satu keunggulan lainnya adalah kapasitas mesin yang lebih besar sehingga menghasilkan tenaga yang lebih responsif dan besar jika dibandingkan dengan mobil ramah lingkungan.

Baca juga: Mau Upgrade? Ini Dia Cara Jual Mobil Lamamu Dengan Cepat

Tentu saja, selain keunggulan, ada beberapa hal yang bisa dianggap sebagai nilai minus mobil MPV bekas dibanding dengan mobil LCGC baru.

harga MPV murah
  1. Harga

Di pasaran, harga mobil MPV bekas berkisar antara Rp 80.000.000 sampai Rp 120.000.000. Dengan tahun perakitan termuda sekitar 2017, maka harga mobil bekas ini tergolong tinggi.

  1. Jarak tempuh

MPV bekas juga identik dengan mobil yang memiliki catatan jarak tempuh yang tidak sedikit. Artinya, dengan membeli mobil bekas, maka komponen mesin dan terutama bagian kaki-kaki mobil perlu dilakukan penggantian yang tentunya membutuhkan biaya tambahan. 

MPV bekas

Keuntungan LCGC baru

Daripada pusing memikirkan biaya perawatan serta perbaikan yang masih harus dikeluarkan saat membeli MPV bekas, berikut adalah keuntungan membeli mobil LCGC baru.

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

  1. Bebas perawatan

Bisa dipastikan, mobil baru akan membuat biaya perawatan yang dikeluarkan minim. Apalagi mobil baru biasanya masih memiliki jaminan service hingga 30 ribu km serta mendapatkan gratis oli dan biaya jasa. 

  1. Konsumsi BBM

Mobil LCGC dikenal sebagai mobil irit yang ramah lingkungan. Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri mobil jenis ini bisa menjangkau 14 km per liter bensin. 

Meski tidak memiliki mesin dengan kapasitas sebesar MPV, mobil LCGC tidak kalah dalam performa dan kelincahannya ketika melakukan manuver di jalanan. 

  1. Harga terjangkau

Soal harga, tentu saja mobil LCGC dijamin lebih ramah di kantong. Sebut saja Toyota New Agya 1.2 G M/T GR Sport seharga Rp 160.900.000, bisa dicicil 5 tahun dengan cicilan bulanan hanya tiga jutaan saja. 

Baca juga: Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

  1. Harga jual tinggi

Hal lain yang menjadi keuntungan membeli mobil LCGC baru adalah harga jual yang tidak anjlok di pasaran. Contoh Toyota New Calya 1.2 E MT STD terbaru seharga Rp 151.600.000, sementara pasaran bekasnya tipe yang sama tahun 2015 masih sekitar Rp 121.000.000! Mantul gak tuh?

  1. Banyak varian

Sebagai mobil baru, tentu banyak varian yang diberikan sehingga membuat calon pembeli punya banyak pilihan. Bahkan kini mobil LCGC pun sudah mengeluarkan MPV sebut saja Toyota New Calya dan Daihatsu Sigra.

Dengan berbagai keuntungan yang didapatkan tersebut, membeli mobil LCGC dalam kondisi baru mungkin bisa lebih untung daripada beli MPV bekas. Nah, agar tidak bingung mau beli mobil yang mana sebaiknya langsung cek saja di SEVA! 

Tidak hanya harga serta spesifikasi lengkap dari mobil-mobil impianmu, tersedia juga fitur simulasi kredit buat yang ingin melakukan pembelian secara kredit. 

Gunakan juga fitur unggulan Instant Approval agar proses pembelian mobil lebih aman, nyaman dan akan dapat bonus tambahan. 

Jadi, tunggu apalagi nih karena Anak Kecil Aja Tau kalau beli mobil pastinya yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!