Search Cars

Travel & Lifestyle

List Tempat untuk Short Escape Long Weekend ke Bandung

Bandung dikenal sebagai destinasi wisata yang paling mudah disinggahi bagi warga Jakarta. Tidak heran bila akhir pekan, apalagi long weekend, jalanan kota ini dipenuhi mobil berplat B, jangan sampai tidak mengunjungi tempat-tempat ini di Bandung!

Tidak hanya menyimpan keindahan alam yang masih alami, Bandung juga menciptakan taman kota dengan tema-tema menarik, kuliner lokal yang kerap viral, hingga beragam factory outlet dan pusat perbelanjaan yang menyediakan barang-barang tak kalah menarik.

 

Jadi jangan heran bila Bandung jadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Ini karena destinasi wisata yang ditawarkan benar-benar menunjukkan pesona Indonesia yang begitu otentik dan mengagumkan.

 

Saat akhir pekan, apalagi long weekend, jalanan kota ini dipenuhi mobil berplat B. Nah, ini tempat yang wajib dikunjung saat weekend di Bandung!

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura)

Terletak di Jalan Bukit Pakar Barat, atau lima kilometer dari Gedung Sate, Tahura dipenuhi pohon rindang karena daerah ini merupakan kawasan konservasi. Dilengkapi flying fox, di sekitar hutan ini juga terdapat air terjun (Curug Dago dan Curug Omas), serta gua peninggalan Jepang maupun Belanda. Hal ini karena semasa perang kemerdekaan, perbukitan di Dago Pakar yang tak jauh dari pusat kota ini merupakan markas militer.

Tebing Keraton

Masih berada di kawasan Tahura, tepatnya di Desa Ciburial, dari tebing di sisi Tahura terhampar pemandangan hutan dan bukit yang menakjubkan bernama Tebing Keraton. Saat terbaik berkunjung ke sini adalah sebelum pukul 07:00 WIB untuk melihat kabut menutupi lembah dan menyusup di sela-sela pepohonan.

 

Ketika matahari semakin tinggi, sinarnya akan menembus kabut dengan dramatis. Karena kondisi tanahnya berpasir dan agak licin bila dipijak, berhati-hatilah jika ingin berfoto di batu-batu yang berada di ujung tebing.

Gunung Tangkuban Perahu

Tak perlu mendaki karena objek wisata ini dapat dinikmati dengan berjalan santai mengitari Kawah Lanang, Kawah Jurig, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Setinggi 2.084 meter, kawasan ini sering tertutup kabut tebal, sehingga saat terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari.

 

Berhati-hatilah dengan penjual suvenir yang kadang menawarkan jasa untuk memandu keliling kawah maupun menawarkan barang dagangan.

 

Bila tidak tertarik dengan barang yang ditawarkan, tolaklah dengan sopan, sehingga tidak membiarkan mereka ikut berjalan hingga ke kawah.

Dusun Bambu

Berada di kawasan Lembang, Dusun Bambu Family Leisure Park menawarkan opsi untuk liburan keluarga yang dikemas dalam konsep konservasi. Ekowanawisata pertama di Jawa Barat ini memiliki penginapan (Kampung Layung dengan vila satu dan dua kamar), beberapa restoran (Cafe Burangrang, Lutung Kasarung, dan Restoran Sunda Purbasari), dan camping ground dengan fasilitas kemah premium.

 

Selain itu juga terdapat Pasar Khatulistiwa yang menjual bahan makanan segar dan kudapan khas Sunda. Dilengkapi taman bunga dan sawah, semua fasilitas di sini dirancang agar pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang unik.

Bird & Bromelia Pavilion

Bird & Bromelia Pavilion berlokasi di Jalan Akaza Utama No. 9 (Dago Giri), tepatnya berada dalam Komplek Pramestha Resort Town.

 

Untuk hari biasa atau weekday, turis dikenakan tiket masuk Rp 35.000 per orang, sementara untuk weekend dan hari libur tiketnya Rp 50.000 per orang. Anak berusia di atas dua tahun dihitung satu tiket. Disediakan juga paket pak seharga Rp 25.000 yang berisi kuaci, pelet, pakan ayam, biji jagung, biji-bijian, dan wortel.

 

Koleksinya sendiri sekitar 300 jenis burung dengan jumlah total burung sekitar 600 ekor. Selain burung hantu yang menjadi primadona, ada juga burung nuri aneka warna, burung makaw, burung beo, burung parkit, burung merpati, burung merak, aneka jenis ayam, angsa, ikan koi, hingga kelinci yang menempati area seluas kurang lebih satu hektar.

 

Dengan bimbingan keeper, selain dapat memegang burung, anak juga dapat memberi makan. Misalnya, burung macaw dan nuri memakan kuaci, burung merpati memakan biji jangung dan biji-bijian, ikan makan pelet, dan tentunya kelinci makan wortel.

 

Tentunya di tempat ini anak belajar mengengenal jenis-jenis burung dan berani untuk lebih dekat serta berinteraksi dengan binatang dengan memberi makan, selain juga hiburan karena pada jam-jam tertentu diadakan Bird Show yang memamerkan atraksi kecerdasan burung.

 

Bird & Bromelia Pavilion buka tiap hari, mulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

Kawah Putih

Danau yang terbentuk dari kawah vulkanik ini menawarkan pemandangan unik, yaitu danau biru muda keputihan yang dibatasi tebing-tebing batu dan pasir putih.

 

Meski aman untuk dikunjungi bersama keluarga, Kawah Putih yang terletak di Jalan Raya Soreang, Ciwidey ini tidak bisa untuk berendam. Siapkanlah masker untuk menutup hidung karena bau belerang yang kuat.

Situ Patenggang

Sekitar tujuh kilometer dari Kawah Putih, terdapat sebuah danau – dalam bahasa Sunda disebut situ – yang bila dipotret dari angle yang tepat, akan tampak seperti tipikal danau-danau di Eropa.

 

Berada pada ketinggian 1.600 meter di lereng Gunung Patuha, di tengah danau ini terdapat pulau kecil dengan bongkahan batu yang disebut oleh masyarakat setempat sebagai Batu Cinta.

 

Konon di sinilah tempat bertemunya Dewi Rengganis dan Ki Santang, sepasang kekasih yang tidak bisa bersatu. Mereka bertemu terakhir kalinya di tempat tersebut untuk menangisi nasib hingga air mata keduanya membanjir dan membentuk sebuah danau.

 

Danau ini dapat dikelilingi dengan menyewa perahu warna-warni yang tersedia. Jika tak ingin terlalu jauh dari tepi danau pun dapat menyewa sepeda air.

Warung Salse

Selesai bertualang, jangan lupa menikmati kuliner Bandung yang memiliki view menarik sekaligus membuat perut kenyang.

 

Terletak di Dago Atas, Warung Salse tak hanya menawarkan pemandangan sekelilingnya, namun juga menempati bangunan unik berbentuk setengah limas yang dikelilingi jendela berkaca. Spot terbaiknya adalah area makan di luar ruang yang dilengkapi deretan sofa empuk untuk bersantap sembari menikmati udara sejuk.

 

Buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 07:00 hingga 22:00 WIB, menu utama yang tersedia antara lain Nasi Gila Kambing, Nasi Merecon Ayam, Mie Kocok, Ramen TekTek, dan Ayam Bakakak.

 

Tersedia juga menu Cemilan Malam bagi yang datang untuk sekadar mengudap, seperti Tahu Pletok, Tahu Gejrot, Batagor, Colenak, dan Jagung Bakar.

Rumah Mode

Jalan-jalan ke Bandung rasanya tak lengkap jika tidak shopping, apalagi factory outlet (FO) jadi opsi belanja all in one yang paling mudah dilakukan.

 

Terletak di Jalan Setiabudi, FO terbesar di Bandung yang berkonsep one-stop shopping ini dilengkapi kafe, musala, kios penjualan tiket Trans Studio Bandung, serta ATM BCA dan BNI.

 

Bernuansa tradisional dengan taman luas dan air mancur yang menghiasi eksteriornya, Rumah Mode memiliki stok pakaian yang lebih lengkap dibandingkan FO lainnya. Areanya terbagi antara pria, wanita, dan anak-anak.

 

Berbagai merek ternama sisa ekspor dapat ditemukan di sini dengan harga terjangkau. Bagi yang ingin berlibur ke negara yang sedang mengalami musim dingin pun dapat membeli berbagai perlengkapannya di sini, seperti long coat, sweater, sarung tangan, topi rajut, dan sepatu boots.

https://www.instagram.com/p/BOO3BDkhtw1/

Menikmati Taman Kota

Alternatif lain untuk menikmati weekend di Bandung adalah di Taman Lansia yang berlokasi di Jl. Cimanuk atau di belakang Gedung Sate.

 

Tinggal di negara berkembang, dapat menikmati taman publik untuk bersantai adalah hal yang langka. Di sini anak-anak dapat berkeliling taman yang rindang dengan naik kuda karena di sini memang banyak yang menawarkan jasa ini hingga tengah hari setiap Minggu.

 

Setelah puas menikmati taman yang asri – tak perlu membawa keranjang piknik karena dapat tinggal mampir kedai Yoghurt Cisangkuy (Jl. Cisangkuy No. 85) yang letaknya persis di sebelah Taman Lansia.

 

Beroperasi sejak 1976, kedai yang tadinya hanya menjajakan beragam rasa yoghurt ini kemudian juga menyajikan berbagai kudapan, seperti aneka kue basah (banana cake, rum ball), kue kering (cheese balls), keripik, serta bangunan  rumah bergaya Belanda dengan halaman yang luas, menikmati yoghurt aneka rasa buah di sini adalah pelipur di hari yang terik.

Jangan salah sangka, tempat-tempat tersebut masih salah sedikit tempat yang wajib dikunjung saat weekend di Bandung. Dikenal sebagai kota kreatif, Bandung memang seakan tak pernah kekurangan ide untuk menghadirkan sesuatu yang unik dan baru bagi turis yang datang memenuhinya tiap weekend.

 

Tertantang? Temukan sendiri tempat yang wajib dikunjung saat weekend di Bandung yang baru serta penuh keunikan, sebarkan melalui sosial media, dan buat menjadi viral!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.