Kenapa Lampu Sein Berkedip Sedangkan Lampu Rem Tidak?

By Reka Harnis - Februari 23, 2021

Sama-sama menjadi lampu peringatan, mengapa lampu sein berkedip sedangkan lampu rem tidak?

lampu sein

Lampu sein dan rem merupakan dua komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Meski bukan diperuntukkan sebagai alat bantu penerangan, pengendara akan kesulitan berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya bila kendaraan tidak dilengkapi dengan lampu sein dan rem.

Kedua lampu ini sama-sama berfungsi sebagai indikator atau tanda peringatan ketika pengendara hendak melakukan sesuatu atau bermanuver, seperti berbelok dan berhenti.

Meski keduanya berfungsi sebagai tanda peringatan, namun keduanya memiliki ciri yang berbeda.

Lampu sein berwarna kuning dan berkedip-kedip ketika dihidupkan. Sementara lampu rem umumnya berwarna merah dan akan hidup ketika pedal rem diinjak.

Baca juga: Jangan Asal Nyalakan, Begini Aturan Pakai Lampu Hazard

Lalu, apa yang membuat lampu sein berkedip sedangkan lampu rem tidak meski keduanya merupakan lampu peringatan?

Kepala Bengkel Auto2000, Rocky Yonathan, mengatakan, meski belum ditemukan pernyataan tertulis terkait, namun hal tersebut sudah menjadi standar internasional, yaitu ketika berkedip artinya sein, sementara jika tidak berkedip artinya rem.

Hal ini berkaitan dengan lampu sein dan rem yang merupakan alat berkomunikasi pengendara saat mengemudi, di mana gerak dari lampu sein dan lampu rem merupakan bahasa yang sudah menjadi standar internasional.

Selain itu, menurutnya, perbedaan tersebut juga dibuat supaya tidak terjadi kekeliruan bagi pengguna jalan lain yang menerima tanda dari lampu sein dan lampu rem.

Berita Terkait

Author