Search Cars

Otomotif

Fenomena “Motor Laron” dan Sulitnya Cari Parkir di Jakarta

Penyebaran sepeda motor di Jakarta terbukti lebih banyak daripada daerah-daerah lainnya. Tercatat, pada tahun 2015, 75% motor yang terjual berada di Jakarta. Memang, dalam kurun 5 tahun terakhir sepeda motor mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding kendaraan lainnya, yaitu 9,14% per tahun.

 

Pertumbuhan tersebut tidak dibarengi dengan pembangunan infrastruktur yang dapat menampung banyaknya jumlah motor yang keluar setiap harinya.

 

Di tahun 2014 saja, sudah ada 13.084.372 unit motor yang tersebar di Jakarta. Dengan jumlah yang besar ini timbul fenomena yang sering disebut sebagai fenomena ‘motor laron’.

 

Motor laron adalah motor yang sering berkumpul di depan pada saat lampu merah, bahkan sampai melewati batas dan mengganggu kenyamanan penyeberang jalan. Persis seperti laron yang berkumpul di bawah lampu penerangan jalan atau lampu rumah.

 

Setelah lampu lalu lintas berganti hijau, motor-motor tersebut langsung menarik gasnya secara bersamaan yang menimbulkan suara bising.

Terbatasnya Lahan Parkir

Itu baru di jalan, belum lagi di parkiran. Seperti yang terlihat sekarang, parkiran motor tidak sebanding dengan jumlah motor yang beredar. Akibatnya, lahan yang ada tidak dapat menampung banyaknya komuter yang sering menitipkan motornya di stasiun, terminal, dan lahan-lahan parkir lainnya, sebelum lanjut menggunakan angkutan umum.

 

Lahan parkir memang tersedia, tapi tidak menjamin kendaraan yang diparkir di sana akan aman dari pencurian, bahkan razia. Seperti yang diketahui, saat ini pemerintah sedang gencar melakukan razia bagi kendaraan yang parkir sembarangan karena memanfaatkan lahan yang seharusnya bukan menjadi tempat parkir.

 

Di sisi lain, ada parkiran yang dimiliki oleh perorangan di dekat stasiun KRL atau terminal bus yang kini bisa membantu Anda mendapatkan parkir dengan mudah, dan dapat diakses secara online. Salah satunya bernama

CariParkir.

Cukup dengan mengunduh aplikasi CariParkir di smartphone, Anda dapat menemukan lokasi parkir yang memadai, nyaman, aman, dan pastinya dekat dari tujuan Anda. Ini bisa dilakukan karena CariParkir memiliki mitra yang tersebar di area Jabodetabek dan semuanya dilengkapi dengan CCTV untuk menjamin keamanan motor Anda.

 

Selain itu, CariParkir juga memiliki fitur yang dapat membantu Anda untuk mengetahui informasi rinci lokasi parkir, seperti alamat, waktu operasional, dan harga. Selama motor Anda diparkir, Anda juga dapat menggunakan fasilitas lainnya yang disediakan oleh CariParkir.

 

CariParkir menjawab kebutuhan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, terutama masyarakat perkotaan yang tidak memiliki waktu banyak hanya untuk mencari lahan parkir yang layak. Ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan parkiran aman, nyaman, terjangkau, dan juga dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Segera unduh CariParkir di smartphone Anda, sekarang.

 

Download CariParkir:

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.