Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Foto Keluarga Saat Lebaran untuk Hasil yang Memuaskan

Saat kumpul di momen istimewa bersama keluarga seperti Lebaran, berfoto menjadi yang tidak boleh dilewatkan. Nah, ini tips foto saat Lebaran supaya hasilnya memuaskan.

tips foto saat Lebaran

Lebaran atau Idul Fitri segera tiba. Tentu, momen berkumpul dengan keluarga saat saling bersilaturahmi serta bermaaf-maafan menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan untuk diabadikan dalam kamera.

 

Apalagi, seiring berkembangnya zaman, kamera semakin canggih. Tidak perlu menggunakan kamera mahal seperti DSLR dengan lensanya yang ciamik, kini kamera smartphone pun hasil bidikannya tidak kalah bagusnya.

 

Bahkan beberapa orang lebih senang menggunakan kamera dari smartphone untuk mengabadikan momen-momen dengan keluarga, seperti saat Lebaran salah satunya.

 

Sayangnya, ketika berfoto bersama seluruh anggota keluarga tidak semudah berswafoto. Dalam satu frame dengan banyak orang pasti ada saja yang terlihat kurang baik seperti berkedip atau posenya kurang optimal.

 

Nah, daripada bingung, berikut tips foto saat Lebaran supaya hasilnya maskimal.

tips foto saat Lebaran

Rencanakan

Waktu yang tepat untuk foto bersama keluarga saat Lebaran adalah usai saling bermaaf-maafan. Karena usai momen ini seluruh anggota keluarga masih berkumpul.

 

Mungkin saja, sesudah saling bermaafan ada anggota keluarga yang harus bersilaturahmi dengan anggota keluarga yang lain, seperti mertua misalnya.

 

Opsi waktu lainnya untuk berfoto dengan seluruh anggota keluarga adalah sebelum dimulainya makan ketupat dan opor.

 

Makan, tentu akan mengumpulkan seluruh anggota keluarga. Siapa juga yang akan menolak jika diajak makan?

tips foto saat Lebaran

Lokasi

Biasanya lokasi yang sering digunakan untuk berkumpul saat Lebaran adalah rumah. Jika ingin foto bersama keluarga besar usahakan lokasinya di ruangan yang agak luas atau di halaman.

 

Hal ini untuk menghindari saling berhimpitannya antar orang. Saling berhimpitan membuat tidak nyaman, sehingga ekspresi ceria dan alami sulit keluar. Tentu hasil foto kurang maksimal.

 

Jika hanya keluarga inti, Anda bisa pilih lokasi di ruang tamu dengan sofa dan hiasan di dinding.

 

Selain itu, pilih juga lokasi yang cukup cahaya. Tambahkan cahaya menggunakan flash jika memang dibutuhkan.

tips foto saat Lebaran

Kostum

Tips foto saat Lebaran supaya hasilnya maskimal selanjutnya berkaitan dengan kostum atau dress code. Alangkah lebih baik jika seluruh anggota keluarga menggunakan kostum atau dress code dengan warna seirama.

 

Tujuannya adalah agar tercipta suasana kompak dan keakraban di antara anggota keluarga.

 

Tidak hanya kostum, untuk foto keluarga besar, penting untuk mengetahui hubungan keakraban tiap keluarga sebelum difoto. Sehingga tidak salah dalam pemilihan pose. Jika masih muda bisa saja berpose kasual. Sementara usianya variasi bisa menggunakan pose semi formal.

 

Jika memiliki hewan peliharaan, tidak ada salahnya malah memasukkan sekalian ke dalam foto.

tips foto saat Lebaran

Komunikasi

Banyak orang mendapatkan hasil foto yang tidak maksimal saat foto bersama keluarga besar karena kurangnya komunikasi. Paling baik jika Anda bisa mengarahkan seluruh anggota keluarga yang akan berfoto tersebut dari untuk melihat ke kamera.

 

Lalu, komunikasikan juga kapan Anda akan mengambil foto sehingga tidak ada orang yang salah pose. Jika bisa, arahkan pose masuk akal agar terlihat kompak.

tips foto saat Lebaran

Atur jarak

Biasanya orang-orang akan menata diri mereka secara natural, yang paling tinggi di posisi paling ujung atau belakang sementara yang kecil berada di tengah atau depan. Sedangkan, untuk orang yang dituakan akan diberikan kursi untuk duduk di tengah

 

Namun perlu diperhatikan, atur jarak antara sesama serta jarak antara yang depan dan belakang tidak terlalu berhimpitan agar foto terlihat bagus dan maksimal.

 

Ajak semua anggota keluarga untuk mengangkat sedikit dagu, tersenyum, dan melihat ke kamera agar seluruh wajah mereka terlihat jelas di dalam foto.

Tripod

Banyak kamera, dari DSLR hingga smartphone yang bisa mengambil gambar dengan fitur self timer.

 

Untuk membantu mengoptimalkan fitur self timer tersebut, ada baiknya Anda menyiapkan tripod untuk meletakkan kamera dan mengambil gambar.

 

Menggunakan tripod juga bisa membantu Anda mengambil foto di mana saja tanpa harus ada yang memegang kamera atau smartphone.

 

Anda cukup mengaktifkan fitur self timer, aktifkan, masuk ke posisi foto, lalu meminta semua anggota keluarga berpose  dan tersenyum manis.

tips foto saat Lebaran

Lensa lebar

Untuk memotret lebih banyak orang, Anda akan butuh sudut pandang yang lebih lebar agar semua orang bisa masuk ke dalam frame foto tanpa terpotong.

 

Untuk itu, jika menggunakan kamera DSLR, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan lensa lebar atau wide lens. Tidak kalah, smartphone zaman sekarang pun memiliki lensa tersebut.

 

Namun apabila tidak memiliki lensa lebar, Anda bisa memundurkan kamera sedikit lebih jauh dan perhatikan frame hingga semua orang masuk ke dalamnya dan tidak ada yang terpotong.

tips foto saat Lebaran

Berfoto bersama seluruh keluarga besar tentunya memiliki tantangan yang lebih besar.

 

Tips foto saat Lebaran supaya hasilnya maskimal terakhir adalah bersenang-senang. Saat sudah mulai bosan foto, Anda bisa membuat lelucon atau berpose konyol untuk mengembalikan energi seluruh anggota keluarga.

 

Selamat mencoba!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.