Search Cars

Tips & Rekomendasi

Rawat Pelek Mobil Kamu agar Kinclong Saat Dipakai ke Kantor

Pelek menjadi salah satu komponen yang paling cepat kotor. Santai, begini cara mudah merawat pelek mobil agar tetap kinclong.

pelek mobil

Melakukan perawatan pada mobil akan membuatnya lebih awet dan memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, perawatan tiap komponennya wajib dilakukan secara berkala, termasuk pelek.

Komponen ini menjadi yang paling banyak dimodifikasi oleh pemilik mobil. Dengan hanya mengganti pelek OEM (Original Equipment Manufacturer) bawaan pabrik ke merek aftermarket, tampilan ekterior mobil bisa berbeda.

Namun begitu, pelek termasuk salah satu komponen yang cepat kotor, mengingat fungsinya yang menjadi satu kesatuan dengan ban dan dekat dengan permukaan jalan.

Otomatis, pelek akan lebih cepat kotor oleh debu, cipratan air, aspal, lumpur, dan kotoran lainnya. Jika kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Baca juga: Hati-hati Velg Replika, Ini Cara Mudah Membedakannya

Nah, supaya tidak terlambat dan mengganggu penampilan, berikut cara mudah merawat pelek mobil agar tetap kinclong.

cara mudah merawat velg

Rajin membersihkan pelek mobil

Cara mudah merawat pelek mobil yang paling ampuh adalah dengan rajin membersihkannya. Usai mobil digunakan, walau tidak terkena cipratan air, tetap saja ada debu jalanan yang menempel pada pelek mobil.

Debu ini akan menumpuk dan dapat menimbulkan kerak jika terkena air.  Jadi, usai mobil digunakan, walau tidak terlihat kotor, alangkah baiknya kamu langsung membersihkan pelek mobil.

Caranya, kamu bisa mengelapnya dengan microfiber yang lembut atau membilasnya dengan air kemudian keringkan dengan lap chamois.

Baca juga: Biar Tambah Keren, Coba Ganti Velg Mobil Anda

Jika mobil jarang digunakan, usahakan membersihkan pelek minimal seminggu sekali agar noda atau kotoran yang menempel masih mudah dihilangkan.

cara mudah merawat velg

Mencuci pelek mobil

Banyak pemilik mobil yang tidak mencuci pelek usai digunakan, apalagi saat musim hujan, kombinasi air, debu, dan lumpur sering didiamkan berhari-hari.

Semakin lama noda dan kotoran tersebut tidak dibersihkan, tentu membuat noda semakin sulit dihilangkan dan membuat pelek mobil jadi kusam.

Mencuci pelek yang benar adalah dengan menggunakan cairan atau sampo khusus mobil secara menyeluruh, baik bagian luar dan dalamnya. Agar tidak ada noda atau kerak air, usai pelek dicuci, langsung dikeringkan dengan lap.

Baca juga: Mencuci Mobil, Baiknya Dimulai dari Kaki-kaki atau Bodi?

Jangan gunakan sabun colek atau deterjen, sebab keduanya bersifat ahesif dan korosif yang membuat lapisan pelek rusak sehingga membuatnya semakin terlihat kusam.

cara mudah merawat velg

Menghilangkan noda aspal di pelek mobil

Cara merawat pelek agar bebas dari noda aspal sebenarnya mudah, yang penting jangan biarkan noda tersebut menumpuk dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama.

Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan cairan tar remover yang bisa didapatkan di toko aksesoris mobil atau marketplace. Alternatif lain, jika tidak ada tar remover di rumah, kamu bisa gunakan minyak kayu putih.

Noda aspal biasanya terlihat seperti titik-titik hitam dan kasar pada permukaan pelek. Caranya, semprotkan tar remover pada noda aspal dan diamkan lebih kurang lima menit.

Baca juga: Perawatan Mobil di Rumah yang Simple dan Bisa Dilakukan Sendiri

Jika dirasa noda aspal mulai melunak, kamu bisa lap atau sikat menggunakan sikat gigi yang lembut, kemudian cuci pelek hingga bersih.

cara mudah merawat velg

Poles pelek mobil

Langkah terakhir adalah dengan memolesnya dengan cairan khusus pelek. Cairan poles ini berbeda-beda, tergantung jenis bahan finishing dari pelek mobil.

Namun umumnya, untuk pelek OEM, cairan poles mudah didapat dengan harga yang beragam. Bahkan ada cairan all in one yang bisa juga digunakan pada bodi mobil.

Masih banyak yang beranggapan bahwa cairan untuk memoles ban sama dan bisa digunakan untuk memoles pelek. Padahal, kandungan yang terdapat di dalamnya berbeda.

Hal yang penting adalah, sebelum membeli dan mengaplikasikannya untuk memoles pelek mobil, lebih baik kamu baca terlebih dulu kandungan dan kegunaannya pada label yang tertera di kemasan.

Baca juga: Mudahnya Coating Mobil Sendiri Biar Makin Kilap dan Kinclong

Memoles pelek tidak berbeda dengan komponen mobil lainnya. Kamu harus membersihkan, lap hingga kering, dan aplikasikan cairan poles di permukaan pelek secara menyeluruh menggunakan busa atau lap microfiber.

Mudah bukan cara merawat pelek mobil agar tetap kinclong? Bila kamu memiliki waktu untuk membersihkannya sendiri, kamu bisa memangkas biaya untuk sring-sering ke salon mobil.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.