Search Cars

Travel & Lifestyle

Cara Seru Merayakan HUT Kemerdekaan RI di Rumah dengan Keluarga

Ini beragam cara seru dan menarik untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia dari rumah bersama keluarga.

HUT kemerdekaan

Peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus selalu memberikan kesan tersendiri.

Masyarakat Indonesia banyak mengisi HUT kemerdekaan dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera atau mengadakan perlombaan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Misalnya adalah lomba balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, dan lain-lain.

Sayangnya, kemungkinan perlombaan tersebut ditiadakan. Alasannya adalah protokol kesehatan yang mengharuskan orang untuk selalu menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Baca juga: Makna dan Filosofi Lomba 17 Agustus yang Jarang Diketahui

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia dari rumah bersama keluarga. Caranya adalah sebagai berikut.

Konser Musik Kebangsaan dan perlombaan tradisional virtual

Guna memeriahkan peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia, Astra mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menggelorakan semangat kebangsaan melalui rangkaian kegiatan dengan tagar #SemangatMajukanIndonesia melalui media sosial SATU Indonesia.

Salah satu rangkaian #SemangatMajukanIndonesia adalah, Astra bersama Erwin Gutawa Orchestra menghadirkan konser virtual yang melibatkan 50 musisi serta para penyanyi kebanggaan bangsa Ruth Sahanaya, Lea Simanjuntak dan Gabriel Harvianto serta Erwin Gutawa Music School Choir melalui akun YouTube SATU Indonesia pada 16 Agustus 2020 pukul 19.30 WIB.

Lalu, melalui #SemangatMajukanIndonesia, Astra mengadakan perlombaan tradisional 17-an secara virtual dengan melibatkan sembilan publik figur bersama Insan Astra YouTuber.

Perlombaan tradisional 17-an Astra dipandu oleh Tarra Budiman sebagai host dengan delapan tim peserta lomba terdiri dari Aurelie Moeremans, Enzy Storia, Jerome Polin, Kevin Hendrawan, Prilly Latuconsina, Raffi Ahmad, Rizky Febian dan Surya Insomnia bersama Insan Astra YouTuber.

Lomba virtual tersebut memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp45 juta yang nantinya didonasikan kepada masyarakat yang terkena dampak oleh pandemi COVID-19 melalui Nurani Astra.

Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia

Dekorasi rumah

Sebelum menyaksikan #SemangatMajukanIndonesia, kamu bisa mendekorasi rumah bersama keluarga dengan nuansa kemerdekaan terlebih dulu.

Selain memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih di depan rumah yang sudah diwajibkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) selama bulan Agustus 2020, kamu juga bisa memasang hiasan bernuansa merah putih.

Caranya mudah, kamu bisa menggunakan bahan dari kertas minyak, balon, bendera plastik, atau gelas plastik yang di cat warna merah putih.

Hiasan tersebut bisa kamu tempel atau gantung di dinding rumah. Kalau ingin lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan lampu, sehingga suasana rumah semakin meriah.

Dengan melakukan kegiatan tersebut bersama anak, kamu sudah mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kreativitas sejak dini meski di tengah keadaan yang terbatas.

Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik IndonesiaUpacara bendera

Saat ini, semua sekolah menganut sistem pembelajaran online. Maka dari itu, upacara HUT kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di sekolah otomatis ditiadakan.

Baca juga: Hal Unik di Balik Layar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Bahkan, Upacara Kemerdekaan yang dilakukan di Istana Merdeka pun dilaksanakan dengan peserta terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk menanamkan nilai disiplin dan mengingat jasa pahlawan yang telah berjuang memberikan kemerdekaan, kamu bersama keluarga tetap bisa melakukan upacara di rumah.

Sebagai bentuknya, kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berdiri dengan sikap menghadap Bendera Merah Putih yang sudah dikibarkan sebelumnya sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia

Mengadakan lomba HUT kemerdekaan sederhana di halaman

Perlombaan menjadi salah satu tradisi tahunan yang  dilakukan secara serentak usai upacara bendera.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Perkembangan Paskibraka Nasional

Seperti yang sudah disebutkan, HUT kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang kompetitif dengan hadiah menarik, untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Saat di rumah saja, kamu bisa kok menghadirkan suasana seperti itu dengan merancang berbagai perlombaan seru untuk seluruh anggota keluarga.

Lomba yang paling mudah dilakukan adalah makan kerupuk, modalnya hanya tali rafia untuk menggantung kerupuk. Lainnya, kamu juga bisa coba lomba balap kelereng, balap karung, atau bahkan tarik tambang bila memilikinya.

Sebagai informasi, lomba makan kerupuk mempunyai makna historis yang menyedihkan soal pangan. Pada masa itu, rakyat Indonesia mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan. Oleh karena itu, lahirlah lomba makan kerupuk, yang dilakukan dengan mengikat kedua tangan agar masyarakat dapat makan.

Baca juga: Mobil Kepresidenan Indonesia dari Era Soekarno hingga Jokowi

Walau terdengar menyedihkan sekaligus menjadi kritis situasi di masa silam, tapi jika diimplementasikan ke situasi saat ini, lomba makan kerupuk mengajarkan kita untuk menghargai bahan pangan.

Sedangkan lomba balap karung menjadi simbol hadirnya penjajahan Jepang di Indonesia.

Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia

Sejarah lomba balap karung di HUT kemerdekaan RI

Kala itu, masyarakat Indonesia belum cukup mampu untuk membeli pakaian. Untuk mempunyai pakaian, masyarakat Indonesia menjadikan karung goni sebagai alternatif pakaian. Sebab, pada masa penjajahan Jepang, hanya karung goni saja yang dimiliki dan mudah ditemukan di Indonesia.

Agar semakin meriah, sediakan beberapa hadiah menarik untuk setiap lomba yang diselenggarakan di rumah. Tentunya untuk membakar semangat berkompetisi anggota keluarga.

 

Meski di rumah saja, kamu dan keluarga bisa tetap merayakan merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia secara meriah.

Setelah itu, jangan lupa untuk menyaksikan #SemangatMajukanIndonesia di akun YouTube SATU Indonesia ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.